Makam Sempak Waja Di Kampung Karang Gantung Desa Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya

Makam Sempak Waja Di Kampung Karang Gantung Desa Kiarajangkung,
Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya

Kasebat dina Naskah Carita Parahyangan (CP), Sempak Waja, putrana Prabu Wretikandayun (Suradharma) :
"Sabada Sang Wretikendayun ngadeg ratu di Galuh, nya terus ngajalankeun kahirupan sacara rajaresi sarta ngalandi dirina jadi Rahiangta di Menir. Dina waktu bumén-bumén, harita téh nya nyusun Purbatisti. Lawasna jadi Ratu 90 taun.
Diganti ku Rahiangtang Kuli kuli, lawasna jadi ratu 80 taun. Diganti ku Rahiangtang Surawulan, lawasna jadi ratu 6 taun, ka 7 na diturunkeun, lantaran goréng lampah. Diganti ku Rahiangtang Pelesawi, lawasna jadi ratu 142 taun, lantaran hadé lampah. Diganti ku Rahiangtang Rawunglangit, lawasna 60 taun. Diganti ku Rahiangtang Mandiminyak.
Anak Rahiangta di Menir téh aya tiluan, nu cikal nya Rahiang Sempakwaja, ngadeg Batara Dangiang Guru di Galunggung; Rahiangtang Kidul, ngadeg Batara Hiang Buyut di Denuh; Rahiangtang Mandiminyak ngadeg ratu di Galuh.
Pwah Rababu dibawa ku Rahiang Sempakwaja, dipirabi. Kacida dipikaasihna. Nya lahir anakna lalaki duaan, nya eta Rahiang Purbasora jeung Rahiang Demunawan". (Naskah CP)
Rsi Batara Sempak Waja teh ramana Prabu Purbasora atanapi akina Wijaya Kusuma di Cipancar Girang Limbangan, Wiradi Kusuma (Sunan Pamret) sareng Dewi Komalasari (Sunan Baeti) di anu makamna di Cipancar Hilr  kec. Sumedang Selatan


Makam Wiradi Kusuma (Sunan Pamret) di Pamakaman Umum Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan

Makam Dewi Komalasari (Sunan Baeti / Nini Balangantrang /Nini Sanepa) di Pemakaman Umum Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan

Dewi Komalaasari (Nini Balangantrang / Nini Sanepa / Sunan Baeti) garwana Aria Bimarakasa (Aki Balangatrang / Aki Sanepa / Sang Resi Agung) putra ka hiji Sang Resi Jantaka (Rahiangtang Kidul) ti Dewi Sawitri

Dewi Komalasari dipigarwa Aria Bimaraksa, puputra :
1. Prabu Guru Aji,
2. Darma Kusuma.
3. Asta Jiwa.
4. Usoro.
5. Siti Putih.
6. Sekar Kencana (Lenggang Kencana)


Numutkeun katerangan Kang Dicky Z Sastradikusumah nu di Tasikmalaya linggihna, lokasina Situs Makom Batara Dangiang Guru Sempak Waja, ti Rajapolah ka arah Galunggung, di Kampung Karang Gantung Desa Kiara Jangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya. Upami bade angkat ka Situs Makam Batara Guru Rsi Sempak Waja ngalangkungan Desa Kiarajangkung anu suasana sejuk khas Pagunungan, amparan sawah nu yuguhken pamandangan matak endah nyegerkeun titingalian.


Suasana jeung kondisi desa ayana di suku Gunung Galunggung belah kaler, teu jauh beda jeung desa-desa nu umumna aya di daerah lain di Tatar Jawa Kulon. Hilir mudikna kendaraan nu ngangkut hasil bumi jeung aktivitas masyarakat teu macet kawas di Kota.


Makam Sempak Waja Di Kampung Karang Gantung Desa Kiarajangkung,
Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya

"Di lokasi Situs Makam Batara Guru Sempak Waja aya oge sabaraha makam nangging teu seur,, sareng aya curug  cai" tulisan Kang Dicky Z Satradikusumah dina FB. 


Bahasan Ngeunaan Rakryan Sancang 
Numutkeun Kang Dicky Z Sastradikusumah. Rakryan Sancang mah Batara Sempak Waja, nanging numutkeun panaluntikan smkuring mah, Batara Rsi Sempak Waja putrana Prabu Wretkanyun (Sang Suradharma) teh sanes Rakryan Sancang, margina Rakryan Sancang mah aya makamna di Sancang 5 Garut Selatan, di dinya aya makam Syeh Pandita Rukmin guruna Syeh Rukmantara sareng Syeh Rukmantiri, anu makamna sami di daerah Sancang Garut Selatan, aya nu nyutat oge Rakryan Santjang teh Syeh Rukmatara, aya oge nu nyutat guruna syeh Pandita Rukmin.

Kamungkinan ageung mah Syeh Rukmantara teh Rakryan Sancang, ari garwana Syeh Rukmantiri taya lian anu disebat Nyi Arum Hondje tea anu ti Pameungpeuk Garut.



Kakaitan eta dibahasna naskah atawa carita dina Basa Sunda ti kampung dukuh Pameungpeuk Garut, anu nyaritakeun kisahna Rakryan Sancang sareng garwa Nyi Arum Hondje. (Baca klik kisahna di kisah ieu sareng di dieu), kitu deui aya dina naskah Wawacan Siti Ningrum atanapi Wawacan Suryadiningrat anu ti Garut. Intina wawacan eta teh, Syekh Pandita Rukmin, Syeh Rukmantara, sajaman sareng Prabu Kandi (Prabu Kandiawan) anu ditarik kesimpulan tina awal wawacan.

Kayakinan yen nu sejen Rakyan Sancang teh Syeh Rukmantara kacutat dina Babad Singket  Prabu Guru Aji Putih.


Badad Singket Prabu Guru Adji Putih Guguru Agama Ka Pangeran Rukmantara

Sabada Sanghyang Resi Agung ngalaksanakeun tugas-tugas Keresianana netep di Bagala Asih Panyipuhan atawa nu sok disebut Cipeueut (Cipaku). Di dinya pisan anjeunna ngawirid pirang-pirang elmu agama jeung darigama ka putra-putrana katut para muridna. Putra cikal jenengannana Pangeran Suryadiwangsa. Dina hiji waktu Sanghyang Resi Agung nyaur Pangeran Suryadiwangsa sareng Darma Kusumah atawa nu sok disebut Darmawisesa

Ramana ngebrehkeun eusi manahna, yen sakitu taun katukang nyidem cita-cita nyaeta nyiapkeun putra cikalna jadi pamingpin adil paramarta di Tatar Sunda. Ari jadi pamingpin teu kawas malikeun dampal leungeun tapi kudu dideudeul ku elmuna, diwajaan ku pangabisana jeung dipapaes ku cahaya, cahara, komara jeung wibawa. Tegesna pamingpin kudu mibanda kesakten jeung kawani dina nanjeurkeun bebeneran.

Kasakten (kasaktian) lain kawedukan atawa elmu teu teurak dikadek, bisa ngapung, ngaleungit tapi nu disebut kasaktian ceuk elmu kapamingpinan saciduh metu saucap nyata, nurus bumi napak sancang. Hartina pamingpin kudu beunang dipercaya (amanah). Saciduh metu hartina pitutur digugu, ucapna dilaksanakeun, ku gawe rancage barina nyata. Saucap nyata (carita jeung faktana) hartina catur ngabukur, nyarita ayabuktina. Ucap lampah paripolahna jadi suri tuladan pikeun rayatna. Elmu kapamingpinan moal leupas tina elmu katauhidan dasarna tina ngaji diri. Karana kitu Pangeran Suryadiwangsa jeung Darmawisesa diparentah ku ramana kudu guguru elmu katauhidan ka Rakean Sancang nu murba di Sancang Pakidulan.

Rakean Sancang nyaeta Pangeran Rukmantara putra selir Raja Tarumanagara akhir, Inyana kungsi badarat ka nagari Mekah ngagabung jeung pasukan Kanjeng Nabi Muhamad, malah saur sepuh kungsi  milu perang Uhud. Sabada Kanjeng Nabi Muhamad nilar dunya Rakean Sancang mulang ka pulo Jawa tuluy netep di Sancang Pakidulan nu nampeu ka laut kidul. Di dinya anjeunna ngadegkeun patapaan pikeun jalma nu hayang ngulik elmu katauhidan jeung Kaislaman.

Pangeran Suryadiwangsa jeung Darmawisesa (adi lanceuk) ninggalkeun Bagala Asih Panyipuhan ngajugjug pakidulan. Sanggeus amprok jeung Rakean Sancang tuluy guguru jadi muridna, kalayan diwirid elmu tauhid jeung elmu Islam. Sanggeus dianggap maher dina bag-bagan tauhid jeung prinsif-prinsif dasar Islam Pangeran Suryadiwangsa jeung Darmawisesa diparentah kudu indit ka Nagari Mekah sarta kudu ngayakinkeun agama Islam nu dianggap agama anyar ku balarea. jst.....


Namun dumasar katerangan ti Dicky Z Sastradikusumah, "Anu nguatkeun yen Batara Sempak Waja teh Rakryan Sancang, kumargi di lokasi situsna Sayyidina Ali r.a di Kampung Kalapasari Desa Sukakerta Kecamatan Sukaraja, aya sisa-sisa baju jirah janten cungkup atawa turup batu nisan makom patilasan  sareng artepak-artepak sanesnna nu aya, satiap tanggal 12 bulam mulud rutin tiap taun nu tos berjalan puluhan taun diayakeun ritual ngumbah ku cara dimandikeun.  





Sayydina Ali r.a waktos sumping ka Galuh, ningaleun artepak sisa-sisa baju jirah (baju beusi)  sareng aya artepak keramik zaman dinasti Tang abad ke 6/7 masehi.

Ti situs  patilasan Sayyudina kirang langkung 300 m aya situs makom atawa patilasan Jawara Sunda nu teu kaelehkeun di Tanah Sunda nu kahirupanna sajaman sareng sayyidina Ali r.a sareng saling pakait di jamanna nu ku masyarakat setempat disebat Batara Garunggang alias Rakeyan Sancang alias Sempak Waja alias Gagak Lumayung alias Langlang buana

Panalungtikan abdi sareng Agus Wirabudiman, Rakeyan Sancang teh sanes putra Raja Tarumanegara tapi putra mahkota Galuh nyeeta Sempak Waja putra Prabu Writekendayun (Sang Suradhama), kumargi di Galunggung sareng Sukapura oge gaduh Floklore ngeunaan Batara Sempakwaja nu hubunganna sareng  sumpingna Sayyidina  ka Galuh sareng Floklore ngiring bajuang  di perang madinah, logika abdi sederhana kedatangan sayyidina Ali r.a ka Tanah Sunda teu ka Tarumanegara tapi ka Galuh kumargi Tarumanegara tos teu aya, tos gentos ku kerajaan Sunda sareng waktos eta kerajaan Galuh langkung kuat  tibatan kerajaan Sunda, sareng oge naon wae nu hubunganna sareng Rakeyan Sancang tempat kajanten perkara na aya di wilayah Galuh sanes di Tarumanegara, kumargi tina Babad Galunggung Sancang kalebet wilayah tanah Galunggung alias Galuh.

Menurut guru besar sejarah sunda unpad bahwa orang yang pertama masuk islam dan berbaet langsung di hadapan nabi yang di bawa oleh sayyidina Ali r.a ke tanah arab, sewaktu pulang ke tanah sunda beliau pergi ke Galunggung dan meninggal di Galunggung, dalam sejarah Galuh atau Carita parahyangan, orang yang pergi ke Galunggung dan membentuk kebataraan dan mewarisi 12 wilayah yaitu Batara Guru Sempak Waja Pangeran Mahkota Galuh yang tidak jadi raja di Galuh, karena digantikan adiknya Mandiminyak, jadi yang di maksud guru besar sejarah Sunda orang yang pergi ke Galunggung itu tiada lain Batara Guru Sempak waja yang tidak jadi Raja Galuh karena beliau pergi ke tanah Arab sewaktu terjadi suksesi di Galuh.

Oleh Agus Wirabudiman cerita sejarah Batara Guru Sempak Waja alias Rakeyan Sancang putra mahkota galuh yang berhubungan dengan Sayyidina Al r.a dan sebagai muslim pertama di tanah sunda pernah di seminarkan yang di sponsori kemendag pusat di sebuah Hotel Berbintang di Tasik dan dihadiri dosen-dosen sejarah sunda dan dosen sejarah islam, presentasi agus dalam seminar tidak ada yang membantah tentang cerita tersebut, bahkan materi seminar tersebut pernah saya bagikan ke Raja dan Sultan nusantara, cukup mendapat tanggapan positip dari sultan Aceh, Sultan dari Minang dan sultan-sultan dari Sulawesi seperti Sultan Luwuk dan Sultan Gorontalo, bahkan Sultan Luwuk membenarkan cerita tersebut katanya, tercatat dalam naskah al galigo suatu naskah tertua di sulawesi yang mencatatkan kedatangan armada yang dipimpin satria Sunda bersama sayyidina Ali r.a ke tanah Sulawesi dan membawa armada tersebut ke tanah Arab, bahkan Irjen pol Anton Carlyan yang pernah dinas di Sulawesi juga membenarkan bahwa al galigo itu artinya tiada lain adalah Galunggung dan satria Sunda tersebut di Sulawesi di kenal dengan istilah Wirabuana dan pernah menjadi nama Kodam di pulau Sulawesi yaitu kodam 7 Wirabuana.

Abdi oge kasumpingan orang-orang batak / tapanuli atau sumatra utara nu  nyebutkeun yen aya jejak sareng caritana Batara Sempak Waja sareng syiar islam ktu deui jejakna ke tanah arab, bahkan ku pangikut tarekat satariah di Sumatra Utara nami Batara Sempak waja dugi ka ayeuna sok di tawassulan,'.  Kang Dicky Z Sastradikusumah  seratanna di Face Book Group Karaton Sumedang larang.

Waallaahu Alam Biromudih, 

Rampesan

Dikupas sareng dicatat tina Postingan dina Facebook :
1. Dedi E Kusmayadi Somaatmadja, Panata KSL Bidang Sejarah dan Budaya
2. Dicky Z Sastradikusumah, ti Sukapura Tasikmalaya.

 Sumber Cutatan  ;
1. Naskah Tarjaamah Carita Parahyangan
2. Sakilas Babad Prabu Guru Aji Putih tepangna sareng Syeh Rukmatara.
3. Postingan Facebook Fb Gruop Karaton Sumedang "Makam Sempak Waja  Di Kampung Karang Gantung Desa Kiarajangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya", tanggal 31-12-2019

Situs Eyang Candi di Dusun Cilumping Desa Cikurubuk Kecamatan Buah Dua

Tercatat oleh Paguyuban Kuncen Puseur Buana Sumedang (PKPBS), ada situs karomah di kecamatan Buah Dua salah satunya Eyang Candi Karang, di antara situs yang dianggap oleh masyarakat mempunyai Karomah.  

Makam Eyang Candi Karang (Eyang Candi) di Dusun Cilumping RW 02/ RT 06, Desa Cikurubuk, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. 

Lalu Siapakah yang dimaksud dengan Eyang Candi Karang tersebut?





Bahasan :
Kenapa Sanghyang Hanjuang Beureum (Eyang Candi Karang), diberi nama Sanghayang Hanjuang Beureum? Hanjuang Beureum (merah) dalam siloka sunda menyimbolkan keturunan Galuh, Hanjuang Hejo (hijau) menyimbulkan keturunan  Sunda (Pajajaran), oleh karena itu Senapati Jaya Perkasa di jaman Prabu Geusan Ulun menanam pohon "Hanjuang Hijau", ketika suksesi antara kerajaan Sumedang dengan Kesultanan Cirebon.

Sanghyang Hanjuang Beureum beristri Raga Legawa (Sari Ningrum) keturunan Rsi Jantaka, sebab isterinya Sakawayana  (Zainal Mustapa / Sanghyang Sirning Wiji /Mbah Jalul) juga yaitu Sari Legawa (Eyang Dalem) keturunan Galuh Pakuan Rsi Jantaka (Resi Wanayasa atau Resi Guru ti Denuh).

Situs Makam Candi Karang yang berada di Dusun Cilumping RW 02/ RT 06, Desa Cikurubuk ,Kacamatan Buahdua. Sejaman dengan Sakawayana (mbah Jalul) putranya Prabu Guru Aji Putih.

Jadi Kemungkinan Eyang Candi (Sanghyang Hanjuang Beureum) segenerasi dengan Prabu Tajimalela (Brata Kusuma). Cuma wilayah karesyiannya berada di wilayah Suku Gunung Tampomas bersama-sama dengan  Sakawayana (Mbah Jalul) putranya Prb. Guru Aji Putih.

Tidak tahu kalau dahulu Candinya telah ada sejak jaman pengiring Medal Kamulyan dari kerajaan Salakanagara, meskipun puingnya telah tidak ada karena, terbuat dari pada batu bata? yang kemudian diteruskan oleh keturunan Medang Kamulyan keturuanan Rsi Jantaka sareng Aria Bimaraksa, yaitu Sanghyang Hanjuang Beureum yang disebut masyarakat setempat dengan sebutan "Eyang Candi Karang".

Salam Santun

Apakah Sama Fungsinya Batu Tajug dengan Batu Gilang, Sebagai Batu Penobatan Raja

Jikalau kita perhatikan antara Batu Tajug Kutamaya dan Watu Gilang, mempunyai kesamaan karakteristik yaitu bentuknya empat persegi Panjang, walaupun Kondsi Batu Tajug lebih kecil.

Pertanyaan :
1. Apakah Batu Tajug Keraton Kutamaya pada waktu itu, hanya berfungsi sebagai Pondasi Tajug keraton Kutamaya saja ?

2. Apakah untuk menobatkan putera mahkota Rd. Angkawijaya, pada waktu itu tidak memerlukan Batu Penobatan Raja selain atribut kebesaran Mahkuta Binokasih dan seperangkatnya kebesaran lainnya yang dibawa para senapati pajajaran dari Kadu Hejo Pandeglang ?

Itulah yang jarang dikupas dalam Sejarah Sumedang dimasa Penobatan Prabu Geusan Ulun




WATU GILANG (BATU PENOBATAN RAJA)


Watu Gilang diboyong oleh Pasukan Maulana Yusuf dari Pakuan ke Banten sekitar tahun 1579. Begitulah beberapa sumber kesejarahan tertulis menceritakannya.

Maulana Yusuf atau Sang Panembahan mendapat amanat agar menjaga Watu Gilang itu oleh kakeknya, Kanjeng Sinuwun Sultan Cirebon Raden Syarif Hidayatullah. Kanjeng Sinuwum beramanat bahwa, Watu Pelantikan itu harus tetap ada disitu, bahkan tidak boleh bergeser. Bila digeser maka Banten akan runtuh.

Kondisi Watu Gilang Kini, ketika Panata KSL Mengidentifikasi Keberafaan Watu Gilang di Surasowan Banten



Tentu saja amanat tersebut tidak main-main, karena di Watu Gilang itulah semua raja raja Sunda mulai dari Sri Baduga Maharaja Siliwangi hingga Raja terakhir di lantik. Batu seukuran sajadah itu adalah simbol sakral kekuasaan Sunda, khususnya keturunan Prabu Siliwangi.

Ada kisah menarik. Konon, Raja pertama Banten, Pangeran Sabakingkin atau Maulana Hasanudin, pada usia sekitar 9 tahun dilantik di atas batu itu oleh buyutnya, Sri Baduga Prabu Siliwangi [?]. Disaksikan oleh Panembahan Cakrabuana, keluarga besar dan Bares Kolot Kerajaan Sunda, serta 35 Ulama Islam yang ikut dalam rombongan Sinuwun Rd. Syarif Hidayatullah. Dapat dipastikan waktu itu pada masa kepemimpinan Prabu Surawisesa

Pangeran Sabakingkin dibawa dari Cirebon oleh ayahnya ke Pakuan melalui jalur sungai sebelum menuju ke Banten. Itulah pertama kali Pangeran Sabakingkin berkunjung pada buyut dan dikenalkan pada saudara dan kerabatnya di Pakuan, sebelum akhirnya di bawa ke Banten.

Acara itu adalah rangkaian perjalanan Pangeran Sabakingkin yang konon akhirnya belajar dan berguru ke Para Ajar selama tujuh tahun di Pulosari. 35 ulama tersebut konon ditugaskan untuk menyebarkan ajaran Islam di Banten yang berpusat di sekeliling Gunung Pulosari Pandeglang

Kembali ke Watu Gilang di Banten, untuk melaksanakan amanat kakeknya, Panembahan menugaskan khusus kepada seseorang yang paling ia percayai untuk menjaga dan merawat Watu itu. Sang Penjaga adalah orang yang sama yang memimpin pemindahan Watu Gilang dari Pakuan ke Banten.

Tak tanggung, jabatan sang Penjaga disejajarkan dengan Panglima dan bergelar Panglima. Ia mempunyai pasukan khusus untuk menjaga Watu Gilang itu.

Setahun setelah Watu Gilang disimpan di Banten, Panembahan Maulana Yusuf wafat pada tahun 1580. Sejak itu Watu Gilang dipakai untuk melantik Sultan Banten hingga Sultan Abul Fath Abul Fathi atau Sultan Ageng Tirtayasa.

Awal fungsinya Watu Gilang bukan sekedar untuk melantik para Raja, namun tempat bertafakur Sultan Banten ketika hendak mengambil keputusan tentang negara dan rakyatnya.

Pada waktu kepemimpinan Sultan Ageng tahun 1596, fungsi Watu Gilang itu berkurang. Sang Sultan tidak lagi menggunakan batu itu sebagai tempat bertafakur untuk mengambil keputusan. Walau demikian batu itu tetap disakralkan dan dijaga oleh Sang Penjaga.

Batu itu memang tak pernah bergeser namun terjadi pergeseran nilai. Sang Sultan beserta Penasihat Istana memilih bermusyawarah di Darpragi yang berada tak jauh dari Watugilang setiap akan mengambil keputusan dan kebijakannya, tidak lagi di Watu Gilang.

Tak lama dari masa itu Banten diterpa banyak masalah kenegaraan, mulai dari ancaman Belanda hingga perebutan kekuasaan yang dilakukan oleh putranya, Sultan Haji Abu Nashr, yang berhasil di pengaruhi oleh Belanda dan berkuasa 1583 - 1587 Masehi. Setelah itu Banten dibawah kekuasaan Belanda.

Itulah barangkali makna simbolik "Bila digeser maka Banten akan runtuh". Secara fisik Watu itu memang tak pernah digeser, namun secara fungsi telah bergeser.



SEKILAS KERAJAAN SUMEDANG LARANG MASA PANGERAN SANTRI HINGGA PRABU GEUSAN ULUN

Pangeran Palakaran menikah dengan Nyi Armilah seorang puteri Sindangkasih Majalengka dan hasil pernikahan tersebut pada tanggal 6 bagian gelap bulan jesta tahun 1427 saka (+ 29 Mei 1505) lahirlah seorang putra bernama Rd. Solih atau Ki Gedeng Sumedang alias Pangeran Santri. Kelak Pangeran Santri menikah dengan Ratu Inten Dewata puteri dari Nyi Mas Patuakan. Setelah Nyi Mas Patuakan wafat digantikan oleh puterinya Satyasih atau dikenal sebagai Ratu Inten Dewata (1530 – 1578). Pada masa ini pengaruh Islam bergitu kuat menyebar di Sumedang.

Putra Pangeran Palakaran yaitu Pangeran Santri datang ke Sumedanglarang untuk menyebarkan agama Islam melanjutkan tugas ayahnya.

Pangeran Santri dalam penyebaran Agama Islam mengenalkan Seni Gembyung sebagai media dalam mensyiarkan agama Islam. Pangeran Santri mengembangkan agama Islam dengan menggunakan pendekatan sosial dan budaya sehingga tradisi adat istiadat masyarakat tetap berjalan tanpa menghancurkan nilai-nilai budaya aslinya.

Pangeran Santri menikah dengan Ratu Inten Dewata setelah menikah bergelar Ratu Pucuk Umun (1530 – 1578), yang akhirnya Pangeran Santri menggantikan Ratu Pucuk Umun sebagai penguasa Sumedang, pada tanggal 13 bagian gelap bulan Asuji tahun 1452 saka (+ 21 Oktober 1530) Pangeran Santri dinobatkan sebagai raja Sumedanglarang dengan gelar Pangeran Kusumadinata. Pangeran Santri merupakan murid Sunan Gunung Jati dan Pangeran Santri merupakan penguasa Sumedang pertama yang menganut agama Islam dan berkedudukan di Kutamaya Padasuka sebagai Ibukota Sumedanglarang yang baru, sampai sekarang di sebut situs Kutamaya, yang sebagian masih merupakan tanah sawah wakaf Yayasan Nadzir Wakap Pangeran Sumedang.




PANGERAN ANGKAWIJAYA / PRABU GEUSAN ULUN

Pada tanggal 3 bagian terang bulan srawana tahun 1480 saka (+ 19 Juli 1558) lahirlah Pangeran Angkawijaya yang kelak bergelar Prabu Geusan Ulun putera dari Pangeran Santri dan Ratu Pucuk Umun. Dari pernikahan Ratu Pucuk Umun dengan Pangeran Santri, dikaruniai enam putera, yaitu :
  1. Raden Angkawijaya (Prabu Geusan Ulun)
  2. Kyai Rangga Haji. 
  3. Kyai Demang Watang. di Watang (Dalem Watang perbatasan Indramayu - Sumedang)
  4. Santowan Wirakusumah (Dalem Pagaden – Subang)
  5. Santowan Cikeruh.
  6. Santowan Awi Luar (Pangeran Bungsu).

Pada masa pemerintahan Ratu Pucuk Umun dan Pangeran Santri, pengaruh kekuatan Pajajaran sudah melemah dibeberapa daerah termasuk Sumedang. Melemahnya Pajajaran akibat serangan Banten beberapa daerah dulunya kekuasaan Pajajaran sudah direbut oleh pasukan Surasowan Banten dan kerajaan-kerajaan bawahan Pajajaran sudah tidak terawasi dan secara de facto menjadi merdeka.

Setelah melihat keadaan Pajajaran yang sudah tak menentu Prabu Ragamulya Suryakancana memerintahkan empat Senapati Pajajaran untuk menyelamatan Pusaka Pajajaran sebagai lambang eksistensi kekuasaan Pajajaran di Tatar Sunda ke Sumedang, maka berangkatlah empat Senapati Pajajaran yang menyamar sebagai Kandaga Lante bersama rakyat Pajajaran yang mengungsi, tengah perjalanan rombongan dibagi dua, ronbongan pertama meneruskan perjalanan ke Sumedang dan rombongan lainnya menuju ke arah pantai selatan.

Ratu Inten Dewata mengangkat Gajah Lindu menjadi Patih, Sutra Bandera, Sutra Ngumbar diangkat menjadi panglima perang, Aji Mantri diangkat menjadi Jaksa Agung. Pangeran Santri menerjemahkan ayat-ayat Qur’an kedalam bahasa Sunda, selain itu menerjemahkan sastra-satra padalangan (Jawa-Cirebon) ke dalam bahasa Sunda, sebagai media syiar Islam.

Pada fase ini, Pajajaran runtuh pada tahun 1579 M, akibat diserbu tentara gabungan Banten Cirebon. Kandaga Lante Pajajaran Jayaperkasa, Dipati Wirajaya, Pancarbuana, dan Terongpeot, diperintah Prabu Surya Kancana agar menyerahkan mahkota Binokasih lambang kebesaran Pajajaran kepada Pengagung Sumedang larang. Pasukan berkuda melintasi daerah hutan Bogor, dihadang oleh pasukan Senapati Banten, terjadilah pertarungan seru. Pasukan Jaya Pekasa lolos dari kepungan, singgah di Galuh Limbangan berunding dengan Prabu Wijaya Kusumah yang dipertuakan oleh pengagung Pajajaran.

Ke 4 Kandaga Lante Pajajaran mempertimbangkan rencana penyerahan Mahkota Binokasih, diserahkan kepada Sumedang Larang atau kepada Cirebon. Atas pertimbangan Prabu Wijaya Kusumah, mahkota lambang kebesaran Pajajaran diserahkan kepada Sumedang Larang.

Sebelum menyerahkan Mahkota Prabu Wijaya Kusumah berunding dulu dengan Gajah Lindu, Sutra Bandera, Sutra Ngumbar, dan Aji Mantri yang sedang berada di Cisurat. Kandaga Lante Pajajaran memenuhi nasihat itu, berunding di Cisurat (Wado) untuk menentukan hari peneyerahan Mahkota tersebut. Setelah Kandaga Lante menyerahkan Mahkota Binokasih kepada Ratu Inten Dewata, kemudian diangkat menjadi Senapati memperkuat angkatan perang Sumedang Larang.

Pada tahun 1578 tepatnya pada hari Jum’at legi tanggal 22 April 1578 atau bulan syawal bertepatan dengan Idul Fitri di Keraton Kutamaya Sumedanglarang Ratu Pucuk Umum dan Pangeran Santri menerima empat Kandaga Lante yang dipimpin oleh Sanghyang Hawu atau Jaya Perkosa, Batara Dipati Wiradi Jaya (Nangganan), Sangyang Kondang Hapa, dan Batara Pancar Buana (Terong Peot) membawa pusaka Pajajaran “Mahkota Binokasih” yang dibuat pada masa Prabu Bunisora Suradipati (1357 – 1371).

Mahkota tersebut kemudian di serahkan kepada penguasa Sumedanglarang dan pada masa itu pula Pangeran Angkawijaya dinobatkan sebagai raja Sumedanglarang dengan gelar Prabu Geusan Ulun (1578 – 1601), sebagai Nalendra penerus kerajaan Sunda dan mewarisi daerah bekas wilayah Pajajaran, sebagaimana dikemukakan dalam Pustaka Kertabhumi I/2 (h. 69) yang berbunyi; “Ghesan Ulun nyakrawartti mandala ning Pajajaran kangwus pralaya, ya ta sirna, ing bhumi Parahyangan. Ikang kedatwan ratu Sumedang haneng Kutamaya ri Sumedangmandala” Artinya : "Geusan Ulun memerintah wilayah Pajajaran yang telah runtuh, yaitu sirna, di bumi Parahiyangan".

Di Kutamaya Padasuka sebagai Ibukota Sumedanglarang yang baru, sampai sekarang di sekitar situs Kutamaya dapat dilihat "batu bekas Pondasi Tajug Keraton Kutamaya", atau yang dikenal 'BATU TAJUG", dari beberapa floklore masyarakat dan tulisan Sejarah Sumedanglarang mengungkapkan Batu Tajug atau Batu Pangsujudan Raja di Kutamaya, digunakan ketika putra mahkota dinobatkan menjadi Raja Nalendra penerus estafet Kerajaan Pajajaran dan Kerajaan Sumedang larang. Pada saat penobatannya Pangeran Angkawijaya berusia 22 tahun lebih 4 bulan, sebenarnya Pangeran Angkawijaya terlalu muda untuk menjadi raja sedangkan tradisi yang berlaku bahwa untuk menjadi raja adalah 23 tahun tetapi Pangeran Angkawijaya mendapat dukungan dari empat orang bersaudara bekas Senapati dan pembesar Pajajaran, yang masih putra dan kekuarga Prabu Nusiya Mulya Surya Kencana (Prabu Pucuk Umun Pulosari) (Klik disini)


Salam Santun.

Penulis : Dedi E Kusmayadi Somaatmdaja, Panata KSL Bidang Kamatren Budaya

Sumber :
1. Blog Napak Tilas Kerajaan Sumedang Larang, diakses tanggal 12 desember 2019.
2. Copas tulisan Fb Hadi Kusuma (Ajengan Hadi yang pernah jadi pengurus Yayasan Nadzir Keluarga Banten)
3.  Sejarah Kerajaan Sumedanglarang, dari Medar Buku Waruga Jagat Sumedang 

Bahasan Makam Jamban, Makam Bagus Suren di Kampung Jamban, Desa Girimukti



Naha Bagus Suren nu makamna di Jamban Samoja Sumedang Selatan di tambihan kecap awalan Tu kawas urang Banten wae? numutkeun pun bapa mah kapungkur Bagus Suren mah asli ti Sumedanglarang, sanes ti Banten.


Pun Bapa R. A Sukarsah (alm) kapungkur sering nganteur T. Mulyadi (Ko Akoh) almarhum Panyingkiran caket bumi, ka makam Bagus Suren atanapi Sanggar Waringin, duka kumaha mimitina namina naha ditambihan awal Tu janten Tubagus Suren, da sanes ti Banten upami Bagus Suren mah,  Bagus Suren teh generasi ka opat ti rundayan Prabu Pucuk Bumi Darma Swara Kerajaan Sunda Pakuan  abad ka 795 - 819 Masehi.   Tinggal dihandap silsilahna.

Yuda Prawira migarwa Nyi Oneng Siti Romlah, puputra : Bagus Suren atanapi digelaran Sanggar Waringin, diperkirakeun anjeun nu ngabantos senapati Karaton Sumedanglarang dina jaman Prabu Tirta Kusuma (Sunan Tuakan).

Silsilah Bagus Suren

Generasi ka 1

Prabu Pucuk Bumi Darma Swara Kerajaan Sunda Pakuan  abad ka 795 - 819 Masehi migarwa ka Ratu Alhae Sakti, puputra :
1.  Jaya Sumpena
2.  Marta Dipraja
3. Raden Gedeng Waru (Kuntawisesa), migarwa Sari Rohniati (Sari Anten), putrana Abilah Mustopa sareng Tira Maya 
4. Surya Manggala (Mulya Surimu), migarwa Siti Nurbaeni, putrana Abilah Mustopa sareng Tira Maya.

Generasi ka 2
4. Surya Manggala (Mulya Surimu),  migarwa Siti Nurbaeni, puputra :
4.1. Yuda Prawira
4.2. Jaya Prawira 

Generasi ka  3
4.1 Yuda Prawira migarwa Oneng Siti Romlah, puputra :
4.1.1 Bagus Suren (Sanggar Waringin)


Cag heula.

Dua Raja Pajaran Nu Ngaruhan Katurunan Sumedang Larang


Raja-raja Pakuan Pajajaran 
1. Susuk Tunggal, 1475 – 1478
2. Jaya Dewata, 1478 – 1521
3. Sura Wisesa, 1521 – 1535
4. Dewata Buana, 1535 – 1543
5. Ratu Sakti, 1543 – 1551
6. Nikalendra, 1551 – 1567
7. Raya Mulya, 1567 – 1579

Dua Raja Pakuan Pajajaran nu Ngaruhunan ka Katurunan Sumedang Larang Dina 2 Pajamanan dina abad ka 14 - 17 Masehi, nyaeta :

I. KATURUNAN PRABU SRI BADUGA JAYA DEWATA (PRABU SILIWANGI)
Raja Pakuan Pajaran ka ka 2 Sribaduga Jaya Dewata (Mp 1478 - 1521) anu migarwa Ratu Raja Mantri (garwa ka 4) Ratu Sumedang nu ngagentos ramana Prabu Tirta Kusuma (Sunan Tuakan), Mp. 1462 - 1530 M.

Raja Mantri (Ratnawati aya oge nu yutat Ratnasih), putra ka-1 Prabu Tirta Kusuma, teu lami janten Ratu Sumedang kabujeng ditikah / dicandak ka Sunda Pakuan, ti garwana Ratu Raja Mantri puputra :
2.1 Nyimas Siti Aminah dipigarwa ku Rd. Sariyasa asal Kawali.
2.2 Rd. Tenget (Saryoni Hadi Subrata) migarwa Nyimas Marifat asal ti Kawali.
2.3 Rd. Hamza Imam (Sanghyang Purba), ngarundaykeun ka daerah sakitar Gn. Tangkuban Parahu Subang
2.3 Rd. Wangsa Hita Hadista (Sunan Jagat Nyata), ngarundaykeu ka  Banjar Ciamis.
2.4 Nyimas Hatimah Hosita ka Sindang Barang, Cianjur.
2.5 Rd. Meumeut / Rd. Cameut, nu migarwa Nyimas Mala Rokaya (Buyud Milah) putrana Anta Wahabu sareng Nyimas Holi, asal ti Anjatan Indramyu.

Rd. Meumeut migarwa Nyimas Mala Rokaya (Buyud Milah), puputra :
2.5.1. Rd. Hasata (Sunan Pada / Dung Wangi), nu migarwa Nyimas Aisyah putrana Saripudin sareng Sari Asih, apuputra :
2.5.1.1 Ratu Cukang Gedeng Waru (Nyimas Sari Hatin), anu dipigarwa ku Prabu Geusan Ulun.

2.5.2 Absoha, migarwa 2 istri nyaeta Nyimas Solimah sareng Nyimas Sitiningrum, asal Raja Galuh. (Katerangan  : rupina ieu anu sok disebat Nyimas Gedeng Tomo sareng Nyimas Gedeng Lor).

2.5.3 Nyimas Romlah Karomah, dipigarwa Ku Hosto Husma, asal Talaga puputra :
2.5.3.1 NM Sari (Buyud Sedet), makamna di kampung Legok Kec, Paseh, dipigarwa ku Santowan Cikeruh, putra ka-4 Pangeran Santri sareng Ratu Inten Dewata, puputra :
2.5.3.1 Arasuda migarwa ngabehi Mertayuda (putrana Prabu Geusan Ulun sareng Ratu Cukang Gedeng Waru), puputra :
2.5.3.1.1 NM Romlah dipigarwa ku Pangeran Rangga Gede putra ka-1, Prabu Geusan Ulun ti Ratu Cukang Gedeng Waru, apuputra :
2.5.3.1.1.1 NM. Nalawangsa, dipigarwa ku Duhiman (Iwan Tohidi), Lurah Desa Cipancar ngawitan, puputra :: 
2.5.3.1.1.1.1. Manggala
2.5.3.1.1.1.2. Nata
2.5.3.1.1.1.3. Wirya
2.5.3.1.1.1.4. Wijaya

2.5.3.2 Nyimas Huspita, Kalijati Subang.

2.5.3. Nyimas Huspita (Ipah Saripah)

II.  KATALIAN KATURUNAN TALAGA MANGUNG
Prabu Sribaduga Jaya Dewata, migarwa Ratu Hapsari (garwa ka 10), puputra :
- Nyimas Haini
- Pangeran Rusmana atanapi Prabu Liman Senjaya - Limbangan.
- Jaka Puspa (Guru Gantangan / Munding Sari Ageung), anu migarwa Mayang Karuna, putrna Bagawan Garasiang, puputra :
1. Pangeran Sonda Senjaya (Sunan Corendra), anu migarwa Nyimas Sintawati (Dewi Rendra Kasih) atanapi digelaran Sunan Patuakan Raja Sumedang ka-8 (Mp. 1462- 1530), putrana Prabu Tirta Kusuma no.2.

Ratu Sintawati (Sunan Patuakan) ti carogena Sunan Corendra, puputra :
1.1. Ratu Inten Dewata (Satyasih / Satyawati), anu dipigarwa ku Pangeran Santri (Rd. Solih)
1.2. Simadu, makamna Lembur Simadu kampung Kiara Payung Desa Cisitu - Corendra, Kecamatan Cisitu.
1.3. Paneleum
1.4. Rd. Tanurja

2. Raden Rangga Mantri (Prabu Pucuk Umum Talaga) anu migarwa Ratu Parung (Ratu Sunia Larang)

III. KATURUNAN PRABU RAGA MULYA SURYA KENCANA 

A. DARI GARWA PADMI NYIMAS RATNA GUMILANG
7. Prabu Nusiya Mulya / Panembahan Pulosari (1567 - 1579) migarwa Nyimas Ratna Gumilang, puputra :
7.1. Raden Aji Mantri, migarwa Nyimas Angkong Larangan, puputra :
7.1.1. Santowan Kadang Serang, migarwa Ayu Ajeng Jawista, puputra :
7.1.1.1 Tanduran Sawita (Kyai Perlaya),
7.1.1.2 Kyai Singa Manggala.
7.1.1.3 Kyai Tanu Jiwa / Ki Mas Tanu (Bupati Bogor Ka 1), puputra ;
7.1,1.3.1. Raden Mertakara

7.1.2. Santowan Sawana Buana, menikah dengan NM. Ayu Ajeng Wanisah, apuputra :
7.1.2.1 Tanduran Mataram, apuputra :
7.1.2.1.1 Kiriya Manggala Sakawayana, apuputra :
7.1.2.1.1.1 Darma Manggala, apuputra :
7.1.2.1.1.1.1 Antamanggala, apuputra :
7.1.2.1.1.1.1.1 Wangsamanggala, apuputra :
7.1.2.1.1.1.1.1.1 Akmal Sutamanggala. apuputra :
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1. Rd. Dipa Wangsa (pupus nalika ngabantosan Kyai Bagus Rangin merangan ngalawan pasukan gabungan kumpeni sareng Cirebon dina Perang Bantarjati), apuputra : 
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.1 Wangsadinata (kepala Desa Serang mimiti,  tahun 1870 - 1885).
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.2 NM. Oneng
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.3 Haji Sa’id
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.4 Engkung / Ajib, apuputra :
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.4.1  NM. Enden Ningsih nikah sareng  “Pangeran Sugih” (Bupati Sumedang tahun 1832-1889), puputra : 
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.4.1.1  NR Domas,  puputra :
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.4.1.1.1  Rd. Aom Bajaji
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.4.1.1.2 Rd. Sule 
7.1.2.1.1.1.1.1.1.1.4.1.1.3 NR. Emek (nurunkeun katurunan di Bandung).

7.1.2.2. Rd. Sawita migarwa Sawijah (janda ti Mas Ngabehi Jiwaparana IV, asal Wado Sumedang), apuputra :
7.2.2 2.1 Jibah.

7.1.2.3. Rd. Kasjan (Bapa Olot), nurunkeun anak-incu di Dusun Serang sareng Desa Narimbang Kecamatan Conggeang Sumedang.

7.3. Santowan Pergong Jaya (di Nangtung Sumedang) migarwa  Nyimas Ayu Ajeng Larasati ngalahirkeun  katurunan di Tasikmalaya dan Ciamis.

7.4. Santowan Jagabaya (di Nangtung Sumedang), migarwa NM. Ayu Ajeng Alisah, 
puputra :
7.4.1. Embah Bage (di Panjalu).

7.4.2Raden Singa Kerta atawa Singa Nurun, nurunkeun katurunan di Nangtung Sumedang.

7.4.3Rd. Nayamanggala (Rd. Nayapenggalamigrwa NM Tanduran Saka, puputra :
7.3.3,1. Rd. Inayapatra, migarwa mbah Putri (asal Bogor), puputra :
7.3.3.1.1. Rd. Arjawayang (Antareja), apuputra :
7.3.3.1.1.1. Rd. Aris Surakarta, apuputra :
7.3.3.1.1.1.1.. Rd. Kyai Lukman Candrawisuta, apuputra :
7.3.3.1.1.1.1.1. Rd. Kanduruan Cakrayuda, apuputra :
7.3.3.1.1.1.1.1.1. Rd. Bahinan (Camat Ciawi Bogor), apuputra ::
7.3.3.1.1.1.1.1.1.1. Rd. Antahan (Camat Cimande Bogor), apuputra :
7.3.3.1.1.1.1.1.1.1.1.. Rd. Entang, apuputra :
7.3.3.1.1.1.1.1.1.1.1.1. Rd. Muhtar, apuputra :
7.3.3.1.1.1.1.1.1.1.1.1.1. NM. Mariah, apupura :
7.3.3.1.1.1.1.1.1.1.1.1,1.1. NR. Susi Lestari, ngarundaykeun katurunan di Bogor.
7.3.3.2. NM. Unggeng, apuputra :
7.3.3,2 1. Rd. Naya, nu janten  “Jagasatru” di Sumedang.

7.4.4. Pananjung dipigarwa ku  Susuhunan Amangkurat, apuputra :
7.4.4.1.  Rd. Doberes.

7.5. Nyias Ayu Ratna Ayu (di Sumedang)

7.6. Nyimas Jili / NM. Jilitahunyu (di Sumedang)



B. DARI GARWA PADMI NYI OO IMAHU
Prabu Nusiya Mulya / Panembahan Pulosari (1567 - 1579) menikah dengan Nyimas Oo Imahu, puputra :
7.1. Nyimas Harim Hotimah, makamnya di Bogor.
7.2. Nyimas Sari Atuhu (Buyut Eres) - makamna di Parugpug Paseh Legok. 
Nyimas Sari Atuhu ditikah ku Pangeran Bungsu (Santowan Awiluar) putra bungsu Pangeran Santri sareng Ratu Inten Dewata
7.3. Sastra Pura Kusumah (Sutra Bandera) - makamna di Tajur desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan.
7.4. Istihilah Kusumah (Sutra Umbar) atawa nu sering disebut mbah Ucing, makamna di Tajur desa Cipancar Sumedang Selatan.
7.5 NM. Kokom Ruhada (Nyimas Roro / Buyut Lidah) - makamna di Kampung Cijambe, Legok Paseh, Sumedang. dipigarwa nu ka 3 ku Pangeran Rangga Gede (1625–1633).
7.6 NM. Suniasih (Eusi Suntana - makamna di Tajur desa Cipancar, Kecamatan  Sumedang Selatan.

7. 3. Sastra Pura Kusumah (Sutra Bandera) migarwa Nyimas Hatimah, puputra :
7.3.1. Sutrra Mulut, makamna di Tajur, desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan.
7.3.2. Mara Suda
7.3.3. Rohim
7.3.4. Nyimas Asidah dipigarwa janten istri ke 2,  Pangeran Rangga Gede,  apuputra :
7.3.4.1 Raden Bagus Weruh anu digelaran Rangga Gempol 2 (1633 - 1656), nu ngarundaykeun katurunan Sumedang sareng kebupatian Sumedanglarang generasi salajengna.


C. SILSILAH 4 KANDAGA LENTE
Sarsilah Sayang Hawu / Jaya Perkasa
Nyimas Saripah (raina Prabu Raga Mulya Surya Kancana)  ditikah ku  Abdul Karim (Batara Kusumah), puputra :
1.  Sayang Hawu / Jaya Perkasa (makamnna di Tajur, desa Cipamcar- Kecamatan Sumedang Selatan, migarwa NM Suniasih,  putra no 6 Prabu Nusiya Mulya Kencana ti garwana Ratu Euis Oo Imahu, puputra :
1.1. NM Rangsana
1.2. Agus (Agus Kulha) 
2.  Sari Nyata (Pajajaran)

Sarsilah Sanghiang Kondang Hapa
Jagat Laya (Suhaiti), migarwa (Siti Komalasari), asal ti Pajajaran, puputra :
- Nyimas Istihi (Lenggana Sari)
- Opit (Kondang Hapa)

Sarsilah Terong Peot sareng Nangganan
Kusnaedi Kusumah (Hosobi) migarwa Nyimas Harsari, asal Pajajaran, puputra :
- Terong Peot (Batara Pancar Buana), migarwa NM. Hukmah (NM. Husmaeni), putrana Kyai Demang Cipaku ti garwana NM. Demang Cipaku, puputra :
1. NM. Omi Osidah, dipigarwa ku Kondang Hapa (Opit), puputra :
1.1. Usada (Bewak Samolo),  Senapati Sumedanglarang jaman Pangeran Soeriadiwangsa (Rangga Gempol 1)
1.2. NM. Rohimah

- Nangganan (Dipati Wiradi Jaya).
- Nyimas Hatimah.

Mung upami nu naroskeun katurunan 4 Kandaga Lente saterusna, kirang apal margi teu kacutat sadayana dina babonna.

Catatan : 
  • Dina Jaman Ratu Inten Dewata sareng Pangeran Santri (Mp. 1530 – 1579 M), ngangkat Gajah Lindu janten Patih, Sutra Bandera, Sutra Umbar ngangkat janten Panglima Perang, Aji Mantri diangkat janten Jaksa Agung,  patinggi  nu sateuacana masih aktif. 
  • Dina jaman Prabu Geusan Ulun (Mp. 1579-1601 M), ngangkat Jaya Perkasa (Sanghyang Hawu) janten Patih, Terong Peot (Batara Pancar Buana), Nangganan (Batara Dipati Wiradi Jaya) sareng Kondang Hapa janten Panglima Perang (Senapati).
  • Dina Jaman Pangeran Suriadiwangsa / Rangga Gempol I sareng Pangeran Rangga Gede, Mp. 1625-1633 M, putrana Rd. Ajimantri nyaeta : Santowan Kadang Serang, Santowan Sawana Buana, Santowan Jagabaya sareng Santowan Pergong Jaya diangkat janten Santowan (kapala wilayah satingkat Camat mun kiwari mah).

Ditulis ku Panata KSL Dedie Kusmayadi Somaatmadja, dumasar sumber :
1. Sejarah Pajajaran.
2. Buku Sarsilah Jati Sampurna Sumedang.
3. Lontar Ki Sakawana.