Ziarah Ke Makam Embah Geulis Di Desa Cisurat Kecamatan Wado


Sampurasun
Situs Embah Geulis berlokasi di Babakan, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang. Adapun makam-makam yang ada dilokasi ini adalah makam Embah Jago alias Dalem Uang Sadipa alias Agus Hidayat Mulya, makam Jayakarta dan makam Embah Geulis alias Nining Widaningsih
Dan apabila kita berziarah tentunya kita akan bertanya ke juru kuncinya makam -makam tersebut. Dari buku Jati Sampurna Sumedanglarang di dapat keterangannya, baik saya akan uraikan satu persatu.

1. Makam Embah Jago Generasi Ke 1 Prabu Jaya Prakosa Mandaleswara Salakabuana alias Prabu Ciung Wanara alias Jaka Suratama alias Buyut Maja Raja Galuh Pakuan antara 739-783 Masehi memperisteri Kencana Wangi putrinya Kertanagara alias Sang Kretamanggala raja ke-3 Kerajaan Saunggalah. Mulai berkuasa pada tahun 847 Masehi dan Dewita Kancana, mempunyai 2 orang anak, yaitu : - Anak kesatu, Purbasari Ratu Galuh Pakuan diperisteri oleh Sang Manistri alias Guru Minda alias Lutung Kasarung yang kemudian dinobatkan menjadi Raja Galuh Pakuan antara 783-789 Masehi - Anak kedua, Mulya Asih alias Nawang Sasih, yang diperisteri oleh Balung Tunggal alias Jabang Tutuka alias Ki Buyut Ireng, putranya Usoro dan Suhasanah. Usoro adalah salah seorang putranya Sanghiang Resi Agung dan Dewi Komalasari alias Sunan Baeti. Generasi Ke 2 Mulya Asih alias Nawang Sasih, yang diperisteri oleh Balung Tunggal alias Jabang Tutuka alias Ki Buyut Ireng, melahirkan tiga orang anak, yaitu : Anak kesatu, Nono Martadinata, ke Galuh Pajajaran. Anak kedua, Sukarasa alias Arfian Soma Somantri Anak ketiga, Agus Hidayat Mulya alias Dalem Uang Sadipa alias Embah Jago. Generasi Ke 3 Sukarasa alias Arfian Soma Somantri merperisteri Husnita, mempunyai anak Anita Sari yang dipeisteri oleh paman sendirinya yaitu Dalem Uang Sadipa alias Agus Hidayat Mulya alias Embah Jago, mempunyai anak : Anak kesatu, Iswara Anak kedua, Hidayat Ibrahim Anak ketiga, Hustana Dipraja alias Embah Yoda yang dimakamkan di Cipeuteuy Desa Sangkan Jaya Kecamatan Darmaraja. Anak keempat, Wilwana Yuningsih 2. Makam Jayakarta dan Embah Geulis Sudar Hasan Basri alias Muhamad Jaya Karta memperisteri Nurhaeni alias Mariah, asal Pajajaran, mempunyai seorang anak yaitu Jayakarta alias Jafar Sidik, memperisteri Nining Widaningsih alias Embah Geulis alias Embah Geulung putrinya Suta Jayapura alias Huden dan Siti Ningrum Sari alias Ule Asmara yang berasal dari Talaga. Salam Santun Sumber :
1. Buku Manuskrip Jati Sampurna Cipancar Sumedang

Baca Juga :

Tidak ada komentar