Walahir,`Situs Makam Para Leluhur Kerajaan Galunggung Di Tasikmalaya

Sampurasun....

Semoga anda baik-baik saja dan Rahayu selalu.

Gunung Galunggung yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat, mungkin sudah sering terdengar di telinga kalian. Bahkan mungkin, beberapa dari kalian sudah pernah mengunjunginya. Namun, sesekali coba datang juga ke situs makam leluhur Kerajaan Galunggung. Lokasinya tidak jauh dari wisata Gunung Galunggung

Adalah situs makam walahir yang terletak di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Komplek makam walahir yang luasnya sekitar 2 hektar ini berada di sebuah perbukitan. Areanya dipenuhi pepohonan besar, rimbun, dan sejuk, yang diperkirakan sudah tumbuh ratusan tahun. Pepohonan itu seakan menandakan bahwa situs makam ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Tidak jauh dari sana, terdapat situs geger hanjuang yang menurut bukti sejarah sudah ada sebelum tahun 1111 Masehi. Selain itu, ada pula batu mahpar yang masih berkaitan dengan sejarah leluhur Kerajaan Galunggung.

Menurut kuncen setempat, Dodoh Kodariah, situs makam ini dikeramatkan oleh masyarakat sejak dahulu dan dipercayai merupakan makam leluhur kerajaan Galunggung. 

Itulah sekilas komplek situs makam walahir yang terletak di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Salam Santun

Shema Pun Nihawah


Baca Juga :

Tidak ada komentar