Makam Prabu Niskala Wastu Kencana Di Kawasan Situs Astana Gede Kecamatan Kawali Ciamis

Sekilas Sejarah Prabu Niskala Wastu Kencana  
Prabu Wastu Kencana atau Niskala Wastu Kencana adalah putera Prabu Maharaja Lingga Buana dengan putrinya Diah Pitaloka atau Candra Resmi yang gugur di "Palagan Bubat" konpfontasi dengan Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Patih Gajah Mada pada tahun 1357.  Prabu Wastu Kencana atau Prabu Niskala Wastu Kencana adalah satu-satunya ahli waris Prabu Lingga Buana yang masih hidup, karena ke dua saudaranya telah wafat.

Ketika terjadi Palagan Bubat terjadi, usia Prabu Wastu Kencana baru berumur 9 tahun dan ia satu-satunya ahli waris Prabu Lingga Buana yang masih hidup. Setelah pemerintahan di jalankan pamannya yang sekaligus juga mertuanya Prabu Bunisora (Mp. 1357-1371 M), Wastu Kancana dinobatkan menjadi raja Sunda di Kawali pada tahun 1371 dalam usia 23 tahun.

Prabu Niskala Wastu Kancana banyak dibimbing dan diajarkan masalah kenegaraan dan keagaamaan, oleh Sang Bunisora. Ajaran tentang kesejatian hidup yang kemudian dikenal masyarakat sebagai Wasiat (wangsit) Kancana tentunya tidak terlepas dari pengaruh bimbingan Sang Bunisora, yang memang dikenal sebagai rajaresi. Di dalam Carita Parahyangan ia diberi gelar Satmata. Salah satu Wali yang diberi gelar Satmata dalam Babad Tanah Jawi adalah Sunan Giri.

Menurut kropak 630, tingkatan batin manusia dalam keagamaan adalah acara, adigama, gurugama, tuhagama, satmata, suraloka, dan nirawerah. Satmata adalah tingkatan kelima dan tahap tertinggi bagi seseorang yang masih ingin mencampuri urusan duniawi. Setelah mencapai tingkat keenam (suraloka), orang sudah sinis terhadap kehidupan umum. Pada tingkatan ketujuh (nirawerah) padamlah segala hasrat dan nafsu, seluruh hidupnya pasrah kepada Hiyang Batara Tunggal – Tuhan Yang Maha Esa. (Yosef Iskandar : 2005).

Peranan Sang Bunisora tersebut membentuk pribadi Wastu Kancana menjadi orang yang bijak dan religius. Penulis Carita Parahyangan menguraiakan bahwa :

“Sanajan umurna ngora keneh, tingkah lakuna seperti nu geus rea luangna, lantaran ratu eleh ku satmata, nurut ka nu ngasuh, Hiang Bunisora, nu hilang di Gegeromas.” artinya : Sekalipun umurnya masih muda namun perilakunya seperti yang sudah banyak pengalaman, sebab ratu taat kepada Satmata, mentaati pengasuh nya, Hyang Bunisora, yang mendiang di Gegeromas.

Penulis Carita Parahyangan mengisahkan kehidupan Wastu Kancana, dan bagaimana rakyat mencintainya. Uraian tersebut seolah-olah memuji-muji perilakunya, bahkan dapat dijadikan contoh generasi penerusnya. Tulisan dalam Carita Parahyangan tersebut, sebagai berikut :

Aya deui putra Prebu, kasohor ngaranna, nya eta Prebu Niskala Wastu kancana, nu tilem di Nusalarang gunung Wanakusuma. Lawasna jadi ratu saratus opat taun, lantaran hade ngajalankeun agama, nagara gemah ripah. Sanajan umurna ngora keneh, tingkah lakuna seperti nu geus rea luangna, lantaran ratu eleh ku satmata, nurut ka nu ngasuh, Hiang Bunisora, nu hilang di Gegeromas. Batara Guru di Jampang. Sakitu nu diturut ku nu ngereh lemah cai. Batara guru di Jampang teh, nya eta nyieun makuta Sanghiang Pake, waktu nu boga hak diangkat jadi ratu.  Beunang kuru cileuh kentel peujit ngabakti ka dewata. Nu dituladna oge makuta anggoan Sahiang Indra. Sakitu, sugan aya nu dek nurutan. 

Enya eta lampah nu hilang ka Nusalarang, daek eleh ku satmata. Mana dina jaman eta mah daek eleh ku nu ngasuh.  Mana sesepuh kampung ngeunah dahar, sang resi tengtrem dina ngajalankeun palaturan karesianana ngamalkeun purbatisti purbajati. Dukun-dukun kalawan tengtrem ngayakeun perjangjian-perjangjian make aturan anu patali jeung kahirupan, ngabagi-bagi leuweung jeung sakurilingna, ku nu leutik boh kunu ngede moal aya karewelanana, para bajo ngarasa aman lalayaran nurutkeun palaturan ratu. Cai, cahaya, angin, langit, taneuh ngarasa senang aya dina genggaman pangayom jagat. Ngukuhan angger-angger raja, ngadeg di sanghiang linggawesi, puasa, muja taya wates wangenna. Sang Wiku kalawan ajen ngajalankeun angger-angger dewa, ngamalkeun sanghiang Watangageung. Ku lantaran kayakinan ngecagkeun kalungguhanana teh.

Pada masa Prabu Wastu Kancana ada peristiwa yang cukup penting, yakni peristiwa Perang Paregreg; masuknya pengaruh Islam ke Tatar Sunda yang dibawa oleh Bratalegawa atau Haji Purwa Galuh, putra Sang Bunisora, dan tibanya Laksmana Ceng Ho di Pelabuhan Cirebon. Didalam rombongan tersebut terdapat Syekh Hasanudian yang kemudian turun di Karawang serta mendirikan Pesantren Quro.

Kabupaten Ciamis banyak memiliki tempat sejarah terutama berkaitan dengan era Kerajaan Galuh. Salahsatunya situs Astana Gede Kawali. Tempat ini bukan hanya sekadar makam, tapi merupakan ibu Kota Kerajaan Galuh sekaligus jejak akhir dari peradaban Kerajaan Sunda Galuh.

Reruntuhan Astana Gede Kawali pertama kali dibukukan oleh Thomas Stamford Rafles (1811-1816) dengan disebut dalam bukunya, History of Java.  Astana Gede Kawali terletak di Dusun Indrayasa, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 40 menit dari pusat perkotaan Ciamis. Astana Gede Kawali kini sebagai tempat wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Ciamis dan ditetapkan sebagai cagar budaya.

Di lokasi ini terdapat beberapa peninggalan Raja Kerajaan Galuh berupa batu prasasti, yang dikenal ada 6 prasasti yang ada di situs tersebut. Prasasti ini memiliki tulisan Sunda kuno, bahkan ada juga cetakan telapak tangan dan kaki salah seorang Raja Galuh yakni Prabu Niskala Wastukencana.

Selain prasasti ada juga batu tempat disemayamkannya abu jasad putri Diah Pitaloka (Dewi Citra Resmi) dan Prabu Lingga Buana, yang gugur pada palagan Bubat sekitar tahun 1357  dan Lara Lisnisng Prameswari Prabu Lingga Buana yaitu Batu Panyandaan. Panyandaan berarti duduk bersandar dengan kaki lurus seperti biasa yang dilakukan seorang ibu usai melahirkan anaknya. Mitos yang dipercaya masyarakat bila belum mempunyai keturunan bisa bersender di batu ini dan akan dikarunia momongan. Batu Panyandaan merupakan Prasasti Kawali IV, Sang Hyang Lingga Bingba.


Menhir Batu Pangeunteungan diyakini sebagai batu ciri makam Putri Citra Resmi atau Dyah Pitaloka. Ngeunteung dalam Bahasa Sunda berarti bersolek.


Selain, Batu Ciri Makam Putri Kerajaan Galuh, terdapat tempat disemayamkannya abu jasad dari Prabu Linggabuana yang gugur di Palagan Bubat. Batu tempat dikuburnya Raja Galuh dikenal dengan Batu Panyandungan. Panyandungan berarti memiliki madu atau beristri dua. Batu ini diinventarisasi sebagai Prasasti Kawali III, Sang Hyang Lingga Hiyang.


Dan makam Prabu Niskala Wastu Kencana atau Prabu Wastu Kencana. 


Jana Dipradja, Juru kunci Situs Astana Gede Kawali, mengatakan, Prabu Kencana merupakan pemimpin kerajaan Galuh. Kerajaan Galuh adalah suatu kerajaan Sunda di pulau Jawa, yang pusat pemerintahannya berada di Situs Astana Gede Kawali.

Jana menyebutkan, raja-raja yang pernah bertahta di Tatar Galuh, diantaranya Prabu Ajiguna Linggawisesa, yang dikenal dengan sebutan Sanglumahing Kiding, Prabu Ragamulya atau Aki Kolot, Prabu Linggabuana yang gugur pada peristiwa Bubat, Rahyang Niskala Wastukencana yang meninggalkan beberapa prasasti di Astana Gede (Situs Kawali) dan Dewa Niskala anak dari Rahyang Wastukencana.

Untuk lebih jelasnya lihat sislilah Raja-Raja Galuh Galuh Kawali yang bertahta di Ciamis, dibawah ini :







Wasiat Wastu Kancana
Keberadaan Wastu Kancana di Kawali ditegaskan dalam dua buah prasasti. Hal ini sekaligus juga menunjukan adanya eksistensi kerajaan Sunda di Kawali. Prasasti di Astana Gede dimaksud memuat, sebagai berikut :

Prasasti Kawali I
Prasasti Kawali I berbentuk menyerupai bidang trapesium, karena panjang tiap sisinya tidak sama yakni masing-masing 125 cm x 124 cm x 120 cm. Isi prasasti Kawali I terdiri dari 10 baris tulisan yang didahului dengan tanda pembuka. Tulisan di prasasti ini adalah yang paling baik dan rapih diantara keempat prasasti Kawali lainnya. Semua prasasti Kawali beraksara dan berbahasa Sunda Kuna.

Di bawah ini adalah alih aksara dan bahasa prasasti Kawali 1A oleh Saleh Danasasmita :
Alih aksara:
θθ nihan tanpa kawa-li nu siya mulia tanpa bha-gya parebu raja wastu manadeg du kuta kawa-li nu mahayu na kadatuan surawisesa nu marigi sakuliling dayeuh nu najur sagala desa aya ma nu pa(n) deuri pakena gawe rahhayu pakeun heubeul ja-ya dina buana θθ
Terjemahan :
yang bertapa di kawali adalah yang mulia pertapa yang berbahagia Prabu Raja Wastu yang bertahta di kota Kawali, yang memperindah keraton Surawisesa, yang membuat parit pertahanan sekeliling ibukota, yang menyejahterakan (memajukan pertanian) seluruh negeri. Semoga ada (mereka) yang kemudian membiasakan diri berbuat kebajikan agar lama berjaya di dunia (Danasasmita,1983/84:34).
Hasil pembacaan yang dilakukan oleh Saleh Danasasmita tidak jauh berbeda dengan pembacaan yang dilakukan oleh Hasan Djafar. 

Alih aksara dan bahasa prasasti Kawali IA dan IB oleh Hasan Djafar (1991: 6-7) :
nihan tapak walar nu siya mulia tapa (k/) i ña parbu raja wastu maÅ‹adÄ•g di kuta kawali nu mahayu na kadatuan surawisesa nu marigi sa kulillin dayÅ‘h nu najur sakala desa aya ma nu pa(n) dÅ‘ri pakenagawe rahhayu pakÅ‘n hÅ‘bÅ‘l jaya dina buana hayu a daponah ponah hayu a dicawuh cawuh ia neker iña ageriña ni(n)cak iña rÄ•(m)pag
Terjemahan :
inilah tanda bekas beliau yang mulia Prabu Raja Wastu (yang) berkuasa di kota Kawali, yang memperindah kedaton surawisesa, yang memariti sekeliling ibukota, yang memakmurkan seluruh pedesaan, semoga ada penerus yang melaksanakan berbuat kebajikan agar lama jaya di dunia. IB janganlah dirintangi janganlah diganggu yang memotong akan tersungkur yang menginjak akan roboh
Pada transkripsi terdapat beberapa perbedaan pengalihaksaraan pada kalimat pembuka yaitu kata tapak-tanpa, iña-baghya, dan sakakala-sagala. Pembacaan yang dilakukan oleh Hasan Djafar adalah yang benar, karena pada kalimat pertama huruf yang terbaca adalah yang dibaca sebagai tapak walar. Tapak walar berarti tanda bekas. Apabila ditranskripsi memiliki perbedaan, maka di bagian terjemahannya pun akan berbeda. Pada kalimat pertama hasil terjemahan Danasasmita menunjukan keterangan bahwa Prabu Raja Wastu melakukan pertapaan di Kawali. 

Menurut Hasan Djafar, kalimat pertama memberikan keterangan tentang prasasti ini adalah tanda kekuasaan raja Wastu yang pernah berkuasa di Kawali. keduanya jelas berbeda, hasil pembacaan Danasasmita jelas mengisyaratkan bahwa Prabu Raja Wastu ialah seorang pertapa. Jadi, pembacaan yang benar adalah hasil terjemahan Hasan Djafar yang menyatakan bahwa Prabu Raja Wastu bukan atau belum tentu seorang pertapa.

Menurut buku Peninggalan Bersejarah di Indonesia karya Sri Hastuti, salah satu peninggalan Kerajaan di Tanah Sunda ini adalah Prasasti Kawali. Prasasti Kawali disebut juga Prasasti Astana Gede, ini ditemukan di daerah Ciamis, Jawa Barat. Isi prasasti Kawali adalah tentang dipindahkannya pusat kerajaan dari Pakuan Pajajaran ke Kawali. Diperkirakan dibuat pada abad ke-14, prasasti ini dijadikan tugu peringatan untuk mengenang kejayaan Prabu Niskala Wastu Kancana.

Perang Bubat terjadi akibat perselisihan antara Mahapatih Gajah Mada dari Majapahit dengan Prabu Maharaja Linggabuana dari Kerajaan Sunda. Perang terjadi di Pesanggrahan Bubat, yang mengakibatkan tewasnya seluruh rombongan Sunda.

Perang Bubat ini bisa diketahui dari Serat Pararaton serta Kidung Sunda dan Kidung Sundayana yang berasal dari Bali. Perang Bubat diawali dari niat Prabu Hayam Wuruk yang ingin memperistri putri Mayang Sari dari Negeri Sunda.

Konon ketertarikan Hayam  Wuruk pada Putri Sunda itu karena melihat kecantikan sang putri dari lukisannya di Majapahit. Niat pernikahan itu juga dimaksudkna untuk mempererat tali persaudaraan yang telah lama putus antara Majapahit dan Sunda.

Karena, Raden Wijaya, sang pendiri kerajaan Majapahit, dianggap sebagai keturunan Sunda dari Dyah Lembu Tal dan suaminya Rakeyan Jayadarma, raja Kerajaan Sunda.

Atas restu dari keluarga kerajaan Majapahit, Hayam Wuruk kemudian mengirimkan surat kehormatan kepada Maharaja Linggabuana untuk melamar Citraresmi atau Dyah Pitaloka. Dan upacara pernikahan rencananya akan dilangsungkan di Majapahit, meski pihak dewan kerajaan Negeri Sunda keberatan. Namun, Linggabuana memutuskan untuk tetap berangkat ke Majapahit, karena rasa persaudaraan yang sudah ada dari garis leluhur dua kerajaan tersebut. Linggabuana berangkat bersama rombongan Sunda ke Majapahit dan diterima serta ditempatkan di Pesanggrahan Bubat.

Namun, Gajah Mada menyarankan agar Hayam Wuruk tidak melanjutkan rencana pernikahan, yang membuat Kerajaan Sunda merasa dipermalukan, hingga memilih berperang melawan Majapahit demi menjaga kehormatan.

Menurut Kidung Sundayana, timbul niat Mahapatih Gajah Mada untuk menguasai Kerajaan Sunda, karena ingin memenuhi Sumpah Palapa yang dibuatnya sebelum Hayam Wuruk naik takhta.

Karena hanya tinggal Kerajaan Sunda ini yang belum dikuasai, sementara kerajaan lain di Nusantara telah ditaklukkan Majapahit. Maka Gajah Mada membuat alasan dan menganggap bahwa kedagangan rombongan Sunda di Pesanggrahan Bubat adalah bentuk penyerahan diri Kerajaan Sunda kepada Majapahit.

Hayam Wuruk yang masih bimbang dan belum memberikan keputusan, namun Gajah Mada yang memiliki ambisi tinggi segera menerahkan pasukan Bhayangkara ke Pesanggrahan Bubat dan mengancam Linggabuana untuk mengakui superioritas Majapahit.

Untuk mempertahankan kehormatannya sebagai ksatria Sunda, Linggabuana menolak tekanan itu, dan terjadilah Perang Bubat yang tidak seimbang antara Gajah Mada melawan Linggabuana.

Raja Sunda beserta rombongannya tewas, dan putri Citraresmi alias Dyah Pitaloka melakukan bunuh diri untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.

Kembali ke Prasasti Kawali 1, dalam prasasti tersebut tersebut berisi keterangan seperti berikut ini.

Teks di bagian muka dengan bahasa Sunda Kuno :

Nihan tapak walar nu sang hyang mulia tapa(k) i-nya parĕbu raja wastu mangadĕg di kuta kawali nu mahayu na kadatuan surawisesa nu marigi sakuliling dayĕh nu najur sakala desa aya ma nu pa(n)deuri pakĕna gawe rahayu pakĕn hebel ja ya dina buana.

Terjemahan :

Inilah jejak di Kawali dari Yang Mulia Prabu Raja Wastu yang bertahta di Kawali, yang telah memperindah Kedaton Surawisesa, yang membuat parit pertahanan di sekeliling wilayah kerajaan, yang memakmurkan seluruh pemukiman. Kepada yang akan datang, hendaknya menerapkan keselamatan sebagai landasan kemenangan hidup di dunia.

Sementara, teks di bagian tepi  tebal dengan bahasa Sunda Kuno :

Hayua diponah-ponah. Hayua dicawuh-cawuh. Ia neker inya angger.Inya nin(n)cak inya re(m)pag

Terjemahan :

Jangan dimusnahkan! Jangan semena-mena! Ia dihormati, ia tetap. Ia menginjak, ia roboh.

Beberapa sejarawan berpendapat, bahwa ada indikasi Prabu Niskala Wastu Kencana ini ingin membangun parit pertahanan, khawatir akan ancaman Majapahit pasca Perang Bubat. Maka, bisa dikatakan bahwa Prasasti Kawali 1 ini disebut sebagai ‘potongan puzzle’ yang memperkuat kebenaran tentang Perang bubat. Tentunya, masih butuh lebih banyak bukti untuk menemukan kebenaran tentang insiden tersebut.

Prasasti Kawali 1 tentu tidak bisa dipisahkan dari Prasasti Kawali Ke 2, intinya menjelaskan sebagai berikut :

Prasasti Kawali II 
Prasasti Kawali II bentuknya agak meninggi dengan bagian atasnya mengerucut. Panjang masing-masing sisinya pun tidak beraturan yakni berukuran tinggi 115 cm dari permukaan tanah, lebar bagian atas 80 cm dan bagian bawah 68 cm. Prasasti Kawali II ini terdiri dari 7 baris tulisan dengan huruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf pada prasasti Kawali I. Dilihat dari isi prasasti Kawali II merupakan kelanjutan dari prasasti Kawali I yang berisi tentang himbauan dari Prabu Wastu kancana pada rakyatnya.

Pengalihaksaraan dan penerjemahan yang dilakukan oleh Saleh Danasasmita sebagai berikut :
Alih aksara :
aya manu ngeusi bha- gya kawali ba- ri pakena kere-ta bener pakeun na(n)jeur na juritan
Terjemahan :
Semoga ada (mereka) yang kemudian mengisi (negeri) Kawali ini dengan kebahagiaan sambil membiasakan diri berbuat kesejahteraan sejati agar tetap unggul dalam perang (Danasasmita, 1983/84: 39).
Pengalihaksaraan dan terjemahan oleh Hasan Djafar sebagai berikut : 
Alih aksara : 
aya ma nu ŋősi i ña kawali i ni pakena kĕ rta bĕnĕr pakőna na(n)jőrna juritan
Terjemahan :
semogalah ada yang menghuni di Kawali ini yang melaksanakan kemakmuran dan keadilan agar unggul dalam peperangan (Djafar, 1991:6-7)

Pada pembacaan prasasti Kawali II, tidak banyak ditemukan perbedaan pembacaan antara Djafar dan Danasasmita, hanya pada kata sambung saja yaitu bhagya-iña. Pada keseluruhan makna kalimat tetap sama yakni mengharapkan pemimpin berikutnya adalah orang yang memakmurkan atau menyejahterakan serta berlaku adil.

Isi dari prasasti kedua ditafsirkan para ahli sejarah Sunda sebagai Wangsit (Wasiat) Wastu Kencana, ditujukan kepada generasi sesudahnya. Wasiat ini berisi tentang wasiat agar selalu berbuat kebajikan (pakena gawe rahayu) dan kesejahteraan yang sejati (pakena kereta bener), konon perbuatan ini jika dilaksanakan dapat menjadikan sumber kejayaan dan kesentausaan segenap manusia. Wasiat di dalam prasasti yang kedua memiliki makna yang universal. Mungkin jika diterapkan dalam teori kepemimpinan dapat memberikan arah yang jelas bagi perilaku pemimpin dalam melaksanakan amanah sehingga dapat dicintai rakyatnya.

Pokok–pokok ajaran kesejahteraan sejati diuraikan didalam kropak 632 dan 630, dikenal dengan sebutan naskah Siksa Kanda Ng Karesyan. Naskah tersebut sama dengan ajaran tentang tetekon hirup yang dikenal dalam yang dianut Batari Hyang – pembuat parit Galunggung, bahkan masih dijadikan ajarannya resmi pada jaman Prabu Siliwangi (1482-1521 M) yang bertahta di Pakuan Pajajaran.

Salah satu kunci ke arah kesejahteraan sejati itu dalam kropak 630 lembar 26 dan 27 diuraikan sebagai berikut :

Teguhkeun, pageuhkeun sahinga ning tuhu, pepet byakta warta manah, mana kreta na bwana, mana hayu ikang jagat kena twah ning janma kapahayu. Kitu keh, sang pandita pageuh kapanditaanna, kreta ; sang wiku pageuh di kawikuanna, kreta; sang ameng pageuh di kaamenganna, kreta; sang wasi pageuh dikawalkaanna, kreta; sang wong tani pageuh di katanianna, kreta; sang euwah pageuh di kaeuwahanna, kreta; sang gusti pageuh di kagustianna, kreta; sang mantri pageuh di kamantrianna, kreta; sang masang pageuh di kamasanganna, kreta; sang tarahan pageuh di katarahanna, kreta; sang disi pageuh di kadisianna, kreta; sang rama pageuh di karamaanna, kreta; sang prebu pageuh di kaprebuanna, kreta. Ngun sang pandita kalawan sang dewarata pageuh ngretakeun ing bwana, nya mana kreta lor kidul wetan sakasangga dening pretiwi sakakurung dening akasa, pahi manghurip ikang sarwo janma kabeh.
Artinya : 
Teguhkan, kukuhkan batas-batas kebenaran, penuhi kenyataan niat baik dalam jiwa, maka sejahteralah dunia, maka sentosalah jagat ini sebab perbuatan manusia yang penuh kebajikan. Demikianlah hendaknya. Bila pendeta teguh dalam tugas nya sebagai pendeta, akan sejahtera; Bila wiku teguh dalam tugasnya sebagai wiku akan sejahtera; Bila manguyu teguh dalam tugasnya sebagai akhli gamelan, akan sejahtera; Bila paliken teguh dalam tugasnya sebagai akhli seni rupa, akan sejahtera; Bila ameng teguh dalam tugasnya sebagai pelayan biara, akan sejahtera; Bila pendeta teguh dalam tugasnya sebagai pendeta, akan sejahtera; Bila wasi teguh dalam tugasnya sebagai santi, akan sejahtera; Bila ebon teguh dalam tugasnya sebagai biarawati, akan sejahtera; Bila pendeta teguh dalam tugasnya sebagai pendeta, akan sejahtera; Demikian pula bila walka teguh dalam tugasnya sebagai pertapa yang berpakaian kulit kayu, akan sejahtera; Bila petani teguh dalam tugasnya sebagai petani, akan sejahtera; Bila pendeta teguh dalam tugasnya sebagai pendeta, akan sejahtera; Bila euwah teguh dalam tugasnya sebagai penunggu ladang, akan sejahtera; Bila gusti teguh dalam tugasnya sebagai pemilik tanah, akan sejahtera; Bila menteri teguh dalam tugasnya sebagai menteri, akan sejahtera; Bila masang teguh dalam tugasnya sebagai pemasang jerat, akan sejaktera; Bila bujangga teguh dalam tugasnya sebagai ahli pustaka, akan sejahtera; Bila tarahan teguh dalam tugasnya sebagai penambang penyebrangan, akan sejahtera; Bila disi teguh dalam tugasnya sebagai ahli obat dan tukang peramal, akan sejahtera; Bila rama teguh dalam tugasnya sebagai pengasuh rakyat, akan sejahtera; Bila raja (prabu) teguh dalam tugasnya sebagai raja, akan sejahtera.

Demikian seharusnya pendeta dan raja harus teguh membina kesejahteraan didunia, maka akan sejahteralah di utara barat dan timur, diseluruh hamparan bumi dan seluruh naungan langit, sempurnalah kehidupan seluruh umat manusia). [Jilid Ketiga, hal 39]

Inti ajaran Siksa Kanda Ng Karesyian sebagaimana yang dimuat di dalam kropak 630 memberikan arti bahwa Jika setiap manusia berpegang teguh kepada kebenaran dan menjalankan kewajiban sesuai dengan tugasnya masing-masing maka akan mencapai kesejahteraan sejati. Kesejahteraan sejati dimaksud meliputi kejehteraan batin dan kesejahteraan lahir. Kesejahteraan batin jika manusia tidak mengingkari kebenaran, sedangkan kesejahteraan lahir dapat diperoleh jika dalam menjalankan tugasnya dilakukan dengan cara yang jujur dan bersungguh-sungguh. Itulah yang di wasiatkan Wastu Kancana kepada generasi sesudahnya.

Wasiat tentang kesejahteraan lahir mengandung pula konsep tentang bagaimana manusia harus teguh dan memiliki dedikasi dibidang keahliannya. Konsep dan visi Wastu Kancana menurut hemat saya lebih maju dari praktek kenegaraan sekarang. Saat ini banyak orang yang bukan negarawan mengurusi masalah negara, para ahli agama banyak yang terjun menjadi politikus, banyak politikus jadi pedagang, banyak kaum pedagang jadi penentu kebijakan negara. Semuanya menyebabkan kerancuan dan menjauhkan bangsa dari kesentosaan.

Mungkin perlu direnungkan kembali tentang nilai-nilai luhur yang dinasehatkan Wastu Kancana. Nilai-nilai tersebut pernah menjadi jati diri urang Sunda. Hal nya sama dengan Naskah Darma Pitutur yang dimuat dalam korpak 630. Intinya mengajarkan, bahwa bertanyalah kepada ahlinya, serta serahkanlah suatu persoalan kepada ahlinya masing-masing. Tentang masalah keagamaan maka tanyakanlah kepada ahli agama – masalah perniagaan bertanyalah kepada ahli niaga – masalah kenegaraan bertanyaan kepada negarawan. Janganlah ahli agama turut campur memaksakan kehendak untuk mengurus negara – tukang dagang ikut-ikutan menentukan kebijakan politik, karena semua itu bukan bidangnya.

Demikian seharusnya ahli agama dan raja harus teguh membina kesejahteraan didunia, maka akan sejahteralah di utara – barat dan timur, diseluruh hamparan bumi dan seluruh naungan langit, sempurnalah kehidupan seluruh umat manusia.

Terakhir marilah kita renungkan Wasiat tersebut sebagai kearifan masa lalu. Karena : ada dahulu ada sekarang, karena ada masa silam maka ada masa kini. Bila tidak ada masa silam maka tiada masa kini. Ada tonggak tentu ada batang. Bila tak ada tonggak tentu tidak ada batang. Bila ada tunggulnya tentu ada catangnya.

Hana nguni hana mangke, Tan hana nguni tan hana mangke, aya na baheula hanteu teu ayeuna. Henteu ma baheula henteu teu ayeuna, Hana tunggak hana watang, Hana ma tunggulna aya tu catangna.

Prasasti Kawali V
Prasasti ini disebut juga dengan Batu Tapak/Kolenjer. Terdapat empat puluh lima kotak beserta puluhan titik-titik lobang berfungsi sebagai media palintangan (kalender panata mangsa). Telapak kaki dan tangan milik Maha Prabu Niskala Wastu Kancana.



Salam Santun

Baca Juga :

Tidak ada komentar