Penjelasan Tentang GeoSunda/ Tanah Sunda/Sunda Land

Sunda saat ini dikenal sebagai sebutan untuk salah satu Suku Bangsa Indonesia yang menetap di sebagian besar Provinsi Jawa Barat dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Hal tersebut tidaklah salah namun juga ada banyak para ahli yang mengidentifikasikan Sunda lebih dari sekedar salah satu Suku Bangsa Indonesia tetapi sebagai suatu Paparan/Tanah/ Benua yang dahulu kala meliputi Indonesia saat ini dan Asia Tenggara, dimana dulu merupakan suatu hamparan benua sebelum kemudian sebagian dataran rendahnya tenggelam karena mencairnya es di kutub utara dan selatan bumi sehingga tinggi permukaan laut semakin meningkat. Sampai saat ini pun tinggi permukaan laut semakin meningkat naik sekitar 2cm per dekade yang dipicu oleh pemanasan global.

Ada juga para ahli sejarah yang menyebutkan Sunda berasal dari kata Sundapura yang merupakan Ibukota Kerajaan Taruma Nagara pada Masa Pemerintahan Maharaja Purnawarman Abad ke-4. Selain itu juga ada yang mengambil dari nama Kerajaan Sunda yang merupakan pecahan dari kerajaan Taruma Nagara yang berakhir Abad ke-7 dan digantikan oleh Kerajaan Sunda dan Galuh, dimana Raja Sunda pertama adalah Raja Tarusbawa yang lokasi Ibukotanya di Pakuan Bogor. 

Sunda juga menurut para ahli berasal dari kata Sudha, bahasa Sangsakerta, yang berarti terang benderang/putih bersih.

Berikut ini adalah Pemaparan Tentang GeoSunda/Tanah Sunda/Sunda Land yang diolah dari Bahan Presentasi Bapak H. Abdurrohman M. Sastra, ME dari Milis Kisunda dan Anggota Komunitas Kabuyutan :












Baca Juga :

Tidak ada komentar