Makna dan Arti Cipaku

Barangkali kita bertanya-tanya apakah itu Cipaku, mengapa namanya Cipaku? Cipaku terdiri dari dua kata yaitu Ci dan Paku, Ci artinya Energi Ci atau Energi Cahaya dan Paku artinya Lingga atau Linggih atau Palinggihan, yang merupakan tempat linggih atau hadirnya Tuhan Yang Maha Kuasa di dalam ruh manusia, secara simbolis ditandai dengan Batu Tunggal atau Dat Alif Satunggal atau tetenger hiji. Jadi Cipaku adalah cahaya Tuhan atau cahaya Illahi yang memancarkan kedamaian dan kebaikan di hati manusia. 

Dalam kepercayaan Kabuyutan Cipaku, manusia itu terbagi menjadi dua katagori yaitu Manusa dan Jelema, disebut manusia kalau jasadnya manusia dan ruh nya manusia, disebut jelema kalau jasadnya manusia namun ruhnya bukan manusia tapi berupa jelmaan-jelmaan bisa diisi oleh Hewan, Tumbuhan, Setan, Jin, Siluman, Dedemit dan Iblis. 

Manusia atau Manusa Sejati adalah yang memiliki jasad manusia dan ruhnya mendapatkan cahaya Illahi atau Cahaya Tuhan atau Cipaku, oleh karenanya Leluhur Cipaku yaitu Eyang Prabu Tajimalela mengatakan "Insun Medal Madangan", Aku Lahir Menerangi Dunia, Menerangi Kegelapan Hati yang sebelumnya tidak mendapatkan Cahaya Illahi menjadi Terang Benderang setelah mendapatkan atau melihat Cahaya Illahi. Tempat-tempat dimana Para Leluhur berkontemplasi untuk mendapatkan Cahaya Illahi ditandai dengan Batu Tunggal, Situs Lingga Cipaku.

#Cipaku
#KabuyutanCipaku
#LinggaCipaku
#CakraBuana
#BatuTunggal
#TetengerHiji
#DatAlifSatunggal
#AjiPutih



Baca Juga :

Tidak ada komentar