Kondisi Situs Cipeueut dan Situs Dalem Santanapura Mulai Tergenang Air Jatigede

Berita, Cipaku - Darmaraja, Dari informasi drs. Wisahya, saat-saat mulai tenggelamnya keberadaan Sumedang Purwa Carita kerajaan Tembong Agung Sumedang di Cipaku air dari proyek waduk Jatigede telah masuk menenggelamkan Trah Pendiri Sumedanglarang Resi Aji Putih (Patih Aria Bimaraksa Galuh) Prabu Aji Putih, Nawang Inten (Situs Cipeueut Cipaku) dan juga Makam Dalem Santapura (Situs Tanjungsari). (16/12/2015)

Cipeueut, Ciwangi Anu Kiwari
Cai Leuwi Kanyenyeuri
Caina Kiruh Ngandung Ciri
Ciri Nukeur Neangan Hakekat Diri 

Shomadan pikeun deukeutkeun kanu Maha Suci
 Laa ilaaha illaallooh wahdahu laa syariikalah 
lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir.



1. Situs Cipeuet Cipaku



Kondisi terakhir dari situs Cipeueut Aji Putin jalur menuju ke makam Situs Cipeuet kini mulai terhalang oleh air waduk Jatigede.

"Nembe mulih ti cipeueut jalur jalan ka prabu guru aji putih tos ka peugat ku cai ti leubak," Kata drs Wisahya dari PLB Darmaraja Sumedang dalam bahasa sunda.



"Begitu juga arah dari arah Cibogo menuju makam sudah terhalang air waduk jatigede" Kata Asep Enang Hasanudin. 

"Karamat cipeueut, tos kakepung cai arah ti Cibogo," Kata Asep Enang Hasanudin. 


2. Makam Dalem Santapura (Situs Tanjungsari)



Kondisi makam dalem Santapura mulai tergenang oleh air waduk Jatigede berdasarkan pantauan tim gabungan penggiat dan masyarakat sekitar Cipaku.  



Meskipun Tukuh Kacipakuan "Cicingkeun ~ Kukuhkeun  - Pageuhkeun" , namun karena  air mulai/telah  mengenangi Situs Tanjungsari/Ciwangi Darmaraja (mbah Dalem Santapura) terpaksa melakukan ritual pemindahan,  sebab air telah menggenangi Situs oleh penduduk sekitar. Menurut informasi dari Ciwangi proses pengalihan makam, dipindahkan/dimakamkan kembali di Batu Nunggul  kampung Cibogo.

Di hari yang sama tim gabungan penggiat dan masyarakat sekitar Darmaraja, berhasil menggagalkan Jati Buhun Ratusan tahun yang ada di Situs Tanjungsari.

"Menginggat kemarin telah terjadi "penjualan Kayu Jati Buhun di Cipaku" oleh pihak yang mencari keuntungan dalam kesempitan. Menurut informasi yang diperoleh telah 3 hari adanya penebangan/pengambilan Kayu Jati Buhun di Sekitar Cipaku Jatigede," Kata Fajar Faturahman Kurnia. (dedismd/16/12/2015)

Baca Juga :

Tidak ada komentar