Situs Inten Desa Nangorak Kecamatan Sumedang Selatan Kab. Sumedang.

Barangkali belum yang memgetahui mengenai Floklore mengenai "Situs Inten" di Desa Nangorak Kecamatan Sumedang Selatan. Situs apakah Situs Inten tersebut? Bagaimana sejarahnya?





Berdasarkan keterangan "Situs Inten" merupakeun area tempat berkumpulnya karuhun (Dalam Bahasa Sunda Bale Sawala dialam terbuka), pada jamannya, yaitu: Buyut Rengganis, Buyut Koleberes, Buyut Gelung di area tersebut dan di Cikahuripan yang ada dinamakan atau dikenal dengan nama Curug Inten - Cibalok, berdasarkan keterangan warga Nangorak Kecamatan Sumedang Selatan.

Lantas siapakah yang dimaksud Buyut Rengganis, Buyut Koleberes dan Buyut Gelung tersebut. 

Berdasarkan buku saya baca silsilahnya dapat diuraikan sebagai berikut :
Prabu Lingga Hyang (Dalem Haji Kusuma) asal dari galuh pakuan (Sunda Galuh dan Limbangan), putranya Ratu Purbasari dan Sang Manistri/Lutung Kasarung (Ratu Purbasari makamnya di Desa Cipancar Sunedang Selatan kembali ke asalnya dari Galuh Kawali / Galuh Bondan Ciamis setelah lenggser dari keraton Galuh Pakuan Karang Kamulyan, makamnya berdampingan dengan Ratu Komalasari Ibunya Prabu Aji Putih).  

Prabu Linggahyang (Dalem Haji Kusuma) dan Dalem Isteri (Amah Suryamah), situsnya "Lingga Wastu" di Ciherang, Gunung Panoknok, Leuweung Dukuh Sumedang Selatan atau dikenal Kramat Pangukusan.

Prabu Linggahyang (Dalem Haji Kusuma) dari istrinya Nyimas Amah Suryamah (Dalem Istri),  berputra :
1. Siti Wulung  dinikah oleh  Prabu Barosngora, makam Kramat Pangukusan Kecamatan Sumedang Selatan
2. Mutiasari (Eyang Haji Purbakawasa) diperistri oleh Sunan Guling (Merrtalaya / Hajj Rara Mukti) , berputra :
2.1. Sunan Tuakan (Prb. Tirta Kusuma) yang beristri Ratu Nurcahya, Raja Sumedanglarang ke 6 (1237-1462),  makam keramat Heubel Isuk.
2.2. Jaya Dinata (Sumedang Larang)
2.3. Kusuma Jaya Diningrat (Pandita Sakti)


Buyut Rengganis dan Buyut Gelung
Berdasarkan katerangan dari Buku Jati Sampurna Sumedang, Jayadinata (putra Sunan Guling Raja Sumedang ke-5,  1114–1237), beristri Ratna Sari, berputra :
1. Nata Dipraja (Eyang Mesir), makamna di Pasarean Gede Sumedang.
2. Sari Anita Ningrum atau Dewi Sakti Langlang Buana, sering disebut juga Buyut Rengganis, Situs Petilasanya ada ada di Gunung Gelung Kec. Sumedang Selatan.
3. Sari Nursinah.

Kalau yang dibawahnya Gunung Gelung yang dinamakan "Buyut Gelung" apakah makam Jaya Manggala (Eyang Jalu / Eyang Pameget)? yang sama makamnya di Citengah Kec. Sumedang Selatan, dan beristrikan  Sari Yanah, berputra :
1. Suryana (Eyang Sosokan), makamnya di Sumedang Selatan.
2. Srimulyani diperistri oleh Surya Kusuma.

Ataukah makamna suaminya Sari Anita Ningrum (Dewi Sakti Langlang Buana)? atau yang diatas (ada di Gunung Gelung Kec. Sumedang Selatan) dan dibawah yang disebut buyut Gelung adalah makam Sari Anita Ningrum (Dewi Sakti Langlang Buana).


Buyut Koloberes
Nata Dipraja (Eyang Mesir) memperistri Nyimas Nirmala putranya Suryana (Eyang Sosokan - Citengah), berputra :
1. Pandita Suhada, makamnya di Babakan Cisurat Wado, sebelahnya makam Pandita Sakti (Kusumah Jaya Diningrat atau Dalem Sura Prana, putranya Sunan Guling)
2. Nyimas Rangsana atau Dewi Ratna Rengganis yang disebut Buyut Koloberes, Makamnya di Kolaberes Desa Margamekar Kac. Sumedang Selatan.
"Ditandean surat tangan, ditutupan apan bihari ku mandepun diteundeun di sisi jalan, dibuka di sisi jalan, kunu weruh disemuna, kunu rancage macana, dibuka pating haleuang,  menta dicaritakeun".
Salam Santun.

Baca Juga :

Tidak ada komentar