Petilasan Mbah Kisab di Desa Cibuluh Kecamatan Ujung Jaya

Makam eyang Kisab lokasinya berada di Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya berdekatan dengan lokasi Bendungan Cipanas  dan lokasi ini termasuk dalam kewilayahan Kesatuan Pengelolaan Hutan atau KPH Banas Banten wilayah Conggeang

Tidak banyak diketahui kisah atau sejarahnya Eyang Kisab atau Mbah Kisab ini. Menurut keterangan masyarakat Adat Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya, Eyang Kisab adalah seorang tokoh di daerah Cibuluh yang sejaman dengan Demang Rangga Haji salah seorang putranya Pangeran Santri atau Raden Sholih dan Ratu Pucuk Umun Sumedang atau Ratu Inten Dewata.

Demang Rangga Haji, Eyang Kisab, Eyang Suta Braja, Eyang Sangiang dan Demang Watang Walakung adalah para petinggi Sumedanglarang di wilayah Ujungjaya dan sebagian wilayah Indramayu.

Masyarakat adat atau lembaga adat Desa Cibuluh Kecamatan Ujung Jaya sangat mempertahankan situs makam eyang Kisab, karena takut lokasi makamnya akan terkena gusuran proyek pembuatan Bendungan Sangiang.

Kurang lebih 2 km dari lokasi makam Eyang Kisab, ada juga makam Demang Rangga Haji adiknya paling dekat dengan Prabu Geusan Ulun atau Pangeran Angkawijaya, putra-putranya Pangeran Santri dan Ratu Pucuk Umun Sumedanglarang. Adapun lokasi makam Demang Rangga Haji masih berlokasi di Desa Cibuluh Kecamatan Ujung Jaya, namun makom Ranggga Haji ada juga di Kampung Campaka Desa Sundamekar Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang.

Saya tidak mengetahui lebih rinci tentang kisah atau cerita Eyang Kisab ini, karena acuan sejarahnya tidak tercatat di buku sejarah.

Salam Santun
















Baca Juga :

Tidak ada komentar