Identifikasi Makam Ki Anut di Perum Puskopad Kecamatan Tanjung Sari

Pada tanggal 23 bulan Oktober 2019, saya bersilaturahmi pada sesepuh di Tanjungsari yaitu Uyut Jabar Jachya Jayasantika, yang dulu sering berkumpul di Masyarakat Adat Sumedanglarang pimpinan Asep Yudi. Dalam kesempatan tersebut saya manfaatkan pula untuk berziarah ke makamnya Ki Anut yang tak jauh lokasinya dari rumah uyut Jabar Jachya Jayasantika, di Perum Puskopad Desa Gunung Manik, Kec. Tanjungsari, Kab. Sumedang

Makam Ki Anut nampak masih Asri walaupun berada ditengah Perumahan Puskopad Tanjungsari hanya di pinggirnya diberi pager kawat pada tiap tertentu makam ini kerap dijiarahi oleh orang sekitar Tanjungsari. Tak banyak diketahui silsilahnya, karena sejarahnya kehidupannya menjadi usang ditelan jaman.





Ulasan Flokrore (Cerita Rakyat) Tentang Makam Ki Anut 
Menurut floklore Ki Anut yang bernama aslinya Anggadireja Kusumah Adinata, yang saya dengarkan dari Uyut Jabar,  adalah seorang yang ditugaskan oleh kangjeng Dalem Bupati pada masanya, entah jaman siapa? 

Namun praduga saya beliua salah seorang abdi dalem ketika jaman Pangeran Panembahan berkuasa menjadi bupati di Kabupatian Sumedang (16556 - 1706). Beliau ditugaskan oleh kangjeng Dalem untuk melerai, karena ada pertikaian di daerah tersebut, sehingga diberi nama Ki Anut.

Anut dalam basa Sunda bisa berarti orang yang menjadi panutan karena adanya suatu peristiwa, pertikaian dsbnya. (23 Oktober 2019)

Wallahu Ta'Alam Biroomudih
-----------------------------------
#infoKSL
#InfositusdanMakam
#infoKamatrenKSL
#PenguatanBudayadanRitusKSL
#PenguatanKabuyutanSumedanglarang

Baca Juga :

Tidak ada komentar