Makam Demang Watang di Dusun Walakung Desa Cikawung Kec. Terisi Kabupaten Indramayu

Demang Watang dimakamkan di Dusun Walakung, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.

Menurut cerita Demang Watang di Walakung adalah yang membantu Pangeran Panembahan atau Dipati Rangga Gempol, ketika melarikan diri ke daerah Indramayu, pasca penyerangan mesjid Tegalkalong yang dikepalai oleh Tjilik Widara atau Ngabehi Satjaparana yang dibantu  Tjakrayoeda atau Gagak Pranala serta pasukan sewaan kesultanan Banten, kejadian ini terjadi sekitar bulan antara Nopember sampai Desember tahun 1678.

Pangeran Santri atau Raden Sholih atau Ki Gedeng Sumedang mempersuntinng Nyimas Satyasih atau  Ratu Inten Dewata yang digelari Ratu Pucuk Umun Sumedang, mempunyai anak, yaitu : anak ke 1 Pangeran Angkawijaya atau Prabu Geusan Ulun, anak ke 2 Demang Rangga Hadji, anak ke 3 Demang Watang di Walakung Indramayu, anak ke 4 Santowan Wirakusumah di Pagaden, anak ke 5 Santowan Cikeruh di Cikeruh dan anak ke 6 Santowan Awi Luar atau Pangeran Bungsu.

Di jaman Ratu Inten Dewata atau Ratu Pucuk Umun Sumedanglarang dan Pangeran Santri memerintah Kerajaan Sumedanglarang di Ibukota Kutamaya antara 1530 – 1579, adik-adiknya Prabu Geusan Ulun ditugaskan menjadi santowan atau kepala pamerintahan setempat kerajaan Sumedanglarang. Jabatan Santowan dan Demang ini hampir setingkat dengan wedana pada jaman keadipatian di bawah pengaruh kesultanan Mataram pasca Prabu Geusan Ulun berkuasa.

- Ke arah Selatan Sumedanglarang menugaskan Santowan Cikeruh, meliputi wilayah Tanjungsari dan Cikeruh.
- Ke arah Utara Sumedanglarang menugaskan Demang Watang di Walakung Surian dan perbatasan Indramayu. Sedangkan Demang Rangga Haji ditugaskan ke wilayah Conggeang, Narimbang, Tanjungkerta, Ujungjaya dan Buah Dua.
- Ke arah Barat Sumedanglarang menugaskan Santowan Wirakusumah meliputi Pagaden dan Pamanukan.
- Ke arah Selatan Sumedanglarang yang tidak jauh dari Ibukota  kerajaannya di Kutamaya menugaskan Pangeran Bungsu atau Santowan Awiluar, meliputi wilayah Cimalaka, Legok dan Paseh.
 
Selain menjadi Demang atau Santowan, putra-putranya Pangeran Santri diperintahkan untuk menyebarkan ajaran agama Islam untuk rakyat Sumedanglarang di tiap daerah kewilayahannya.

Itulah sekilas Demang Watang, yang makamnya berada di Dusun Walakung, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu.

Salam Santun







-------------------------------
- Photo-photo Survai Lokasi Makam Demang Watang dan sekitarnya di Dusun Walakung, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu diphoto  ku Candakanagara  KSL Asep Sulaiman Fadil Adiwinata, tanggal 23 Desember 2019.
 
- Ditulis ku Dedi E Kusmayadi Soerialaga Kamatren Budaya KSL.

Baca Juga :

Tidak ada komentar