Sejarah Lingga dan Simbul Logo Pemkab Sumedang


1. Monumen Lingga, Landmark Kota Sumedang

Setiap daerah selalu memiliki ciri khasnya tersendiri, mulai dari kulinernya, budayanya, hingga bahasanya. Beberapa bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda. Salah satunya bangunan yang telah menjadi saksi sejarah pada zaman Belanda adalah monumen Lingga atau ada juga yang menyebutnya dengan Tugu Lingga.

Monumen yang berada tepat di tengah alun-alun kota Sumedang ini dibangun sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa Bupati Sumedang kala itu, yakni Pangeran Aria Suria Atmadja. Karena beliau dianggap sangat berjasa dalam mengembangkan kota Sumedang di berbagai bidang, seperti pertanian, perikanan, kehutanan, peternakan, kesehatan, pendidikan dan banyak bidang lainnya. Beliau memerintah di kota Sumedang dari tahun 1883 sampai 1919. Beliau wafat di Mekah ketika sedang melaksanakan ibadah haji pada 1 Juni 1921.

Monumen ini diciptakan oleh R Martanegara, putra bupati dari Bupati Bandung Rd. Aria Dipati Martanegara yang masih Keturunan Sumedang.
 
Monumen Lingga sendiri dibangun oleh Pangeran Siching dari Belanda pada tahun 1922 yang kemudian diresmikan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu Mr. Dirk Fock, yaitu pada 22 Juli 1922. 


Pada saat peresmian monumen ini ikut hadir bupati Sumedang yang menggantikan Pangeran Aria Suria Atmadja, yakni Tumenggung Kusumah Dilaga dan beberapa pejabat Hindia Belanda dan tentunya orang-orang pribumi. 

Monumen yang menjadi landmark Kota Sumedang ini merupakan bangunan permanen. Bagian dasar bangunan ini berbentuk bujur sangkar dan dilengkapi dengan sejumlah anak tangga serta pagar disetiap sisinya. Sedangkan bangunan utamanya berupa kubus yang sedikit melengkung disetiap sudut bagian atasnya. Pada bagian ini terdapat sebuah pintu yang dulu digunakan untuk memasukan barang, karena pada zaman dulu monumen ini digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang peninggalan bupati terdahulu.

Namun, sekarang semua barang yang tadinya disimpan di dalam monumen ini sudah dipindahkan ke Museum Prabu Geusan Ulun. Sedangkan dibagian paling atas monumen ini terdapat bangunan setengah lingkaran yang mirip dengan kubah masjid. Menurut beberapa sumber, ternyata kubah ini merupakan tempat pengambilan barang-barang dari dalam Monumen Lingga, karena sebenarnya kubah ini memiliki kunci dan bisa dibuka.

Monumen Lingga merupakan bangunan unik yang dibangun pada zamannya, karena pada saat itu seorang penguasa lebih sering membangun Tugu atau Prasasti untuk mengenang suatu hal. Karena keunikan dan sejarahnya, tak heran jika monumen ini dijadikan sebagai lambang resmi Kabupaten Sumedang.

Sebagai peninggalan sejarah masa silam dan landmark kebanggaan masyarakat Sumedang, sudah selayaknya Monumen Lingga ini selalu dijaga oleh kita semua, terutama oleh warga Sumedang. Jangan sampai monumen ini terabaikan hingga hancur seperti monumen lainnya. Karena setiap monumen mampu mengingatkan kita akan sejarah masa lalu yang bisa kita petik pelajaran di dalamnya. 


Landmark Tempo Dulu Kota Sumedang, Sebelum Ada Tugu Lingga

Peresmian monumen ‘Lingga’, oleh Gubernur Jenderal Mr Fock untuk Bupati Sumedang Pangeran Aria Soeria Atmadja, 25 April 1922.



2. Simbul Logo Pemkab Sumedang

Simbul atawa lambang Sumedang teh dijieun ku tim peneliti, ti Dewan Pemerintah Daerah (DPD) nyaeta Suparno, Moh. Sulaeman, Sutisnea, R.S. Sulaeman jeung R. Gumilar Prawiranegara  (penulis).

Tim peneliti dijejeran ku R. Mahar Martanegara (alm) hiji ahli simbul, anjeunna netepkeun yen simbul Sumedang teh "LINGGA" insun-medal.  




- Lambang Sumedang teh ngandung palsifah jati diri manusa, panghandapna (mimiti lahir ka alam buana).

Nomer hijina, ngalambangkeun sumber tanaga magnetik anu dipiboga ku sakur manusa, nu aya dinu tangtungan manusa.

- Nomer duana, tangga nu lobana lima, ngagambarkeun pancaindra (pangucap, pangrasa, paninggal, pangambeu jeung parunggu).

- Nomer tiluna, tihang dalapan siki, kenca-katuhu, ngagambarkeun dimensi alam.

- Nomer opatna, pasagi 4 ngagambarkeun Opat Kalima Pancer, atawa Sunda nu lima atawa Pancaniti.

- Nomer limana, buleudan ngagambarkeun sajatining, nyaeta manusa nu geus ngahontal mari'fat, nu geus nyaho ka sajatianna.

Jalma nu milampah palasifah lambang ieu bakal miboga watek satria tandang tanding; ludeung teuneung taya katineung, pertentang taya karingrang; teu gedag kaanginan, moal murag buuk salembar; wisesa lir tiwikrama, bleg nambleg nandingan gunung; janggelek sajatining jisim, nu nyumput jeroning jirim; weruh sadurung winarah, waspada permana tinggal, sampurna pancaindra, hurip warasing isun, asal sia asal aing, ucap nyata kalimusada; raga nyawa teu miboga, anging keresaning nu Kawasa, hirup kaula sawawa, nya AING (Nu Maha Kawasa) sajatining manusa.

Tulisan dina segi 4 : "KITA SEKALIAN BERSAMA-SAMA UMATNJA TUHAN LAGI SEASAL DAN SETURUNAN KALAU DIPIMPIN OLEH JANG PALING SEMPURNA YANG BERHATI SUTJI DAN BIDJAKSANA AMAN TENTERAM KEADAAN NEGARA", dina kaayaan nagara urang kawas ayeuna kudu di Tafakuran

"Urang sadaya sami tunggal kawulanging Allah, saasal satedak keneh. Upami dikapalaan ku nu sampurna, wening galih sareng linuhung, ayem tengtrem sadayana".

Baca Juga :

Tidak ada komentar