Motif Pedang Islam Pada Pedang Ki Mastak

Sampurasun....

Sewaktu saya bertandang ke Musium Prabu Geusan Ulun, yang saat ini diketua oleh Pak Luki Djohari Soemawilaga, beliau adalah keponakannya Pak Djamhir Soemawilaga (alm) mantan kepala SMP Negeri 2 Sumedang sewaktu saya sekolah dulu dan beliau pernah pula menjabat ketua Yayasan Musium Geusan Ulun Sumedang. 

Kang Luki Djohari mengulas  sedikit tentang pegangan perkakas Prabu Tajimalale yang diserahkan dari ayahnya Prabu Aji Putih sewaktu menjadi Raja Sumedanglarang pertama, pegangan pekakas Raja Sumedang sebenarnya berupa pedang panjang yang mirip dengan pekakas dari Persia (Damaskus).

Awal saya cuma menanyakan gagaman Pusaka Raja-raja Sumedanglarang terdahulu apa??? karena saya mengingat terinspirasi bahwa gegaman pekakas Raja Sumedanglarang adalah sebilah pedang, yang mana dalam layang Darmaraja pedang tersebut digunakan sebagai pembelah kelapa ketika Prabu Tajimalela menguji kedua putranya yaitu Prabu Lembu Agung dan Prabu Gajah Agung, siapa yang paling duluan menjadi  Raja penerus beliau di Gunung Nurmala (Sangkanjaya).

Penjelasan bahwa kerajaan Tembong Agung Prabu Aji Putih, telah muslim seperti yang di ceritakan dalam layang darmaraja begitu juga dalam buku pakuning alam yang telah bernafaskan islam. Hal ini diperkuat dengan kepemilikan Sebilah pedang Ki Mastak kepunyaan Prabu Tajimalela yang diwariskan ke Raja-raja berikutnya. 

Kang Luki D Soemawilaga menjelaskan, dalam bahasa Sunda, 

"Upami ditinggal gagamanan/pakakasna Eyang Prabu Tajimalela, Ki mastak tinu janten Ramana Prabu Aji Putih, katinggal ieu gagaman pakakas Aji sapertos model-model Pedang Persia/Damaskus. Janten nalika jaman Prabu Tembong Agung, Ramana Prabu Aji Putih tos leubeut muslim waktos harita teh", Saur Kang Luki D Soemawilaga dinu obrolan waktos di YPS. 

Beberapa komentar di Facebookpun mengomentarinya sebagai berikut : 

Bayu Kusumah Adinata : Hulu gagangna ki mastak, beuh pedod..weweg bin ampeg, nalika jamasan nyobian (mung beusi na beusi damaskus geuning)? 

Bayu Kusumah Adinata : Beusi / wilahanna beusi Damaskus...khusus Combat Fighter (pedang kangge tarung). Tinggal langkung jelasna Gambar dihandap ieu :


Ra-Hayat Jati : sawanda can tangtu sarua.

Bayu Kusumah Adinata : Sawanda sareng beusi anu ieu mang?
 
 
Rakean Nurjaya : Ki mastak, Gagaduhan Kanjeng Pangeran...

Ra-Hayat Jati : Apal ti mana éta beusi damaskus?
Cag Heula Rampes....

Baca Juga :

Tidak ada komentar