Harti Jeung Makna Lingga Sumedang

Harti Lambang Sumedang (Sumber Padang)

Simbul  atawa lambang Sumedang teh dijieun ku tim peneliti,ti Dewan Pemerintah Daerah (DPD) nyaeta Suparno, Moh Sulaeman, Sustinea, R.S Sulaeman jeung R. Gumilar Prawiranegara (Nu Nulis). Tim peneliti dijejeran ku R. Mahar Martanegara (Almarhum) hiji ahli simbul, anjeunna netepkeun yen simbul Sumedang teh "LINGGA" insun-medal, Lambang Sumedang teh ngandung palasifah jatidiri manusa, Panghandapna,

Nomer 1 ngalambangkeun sumber tanaga magnetik anu dipiboga ku sakur manusa,
Nomer 2 tangga nu lobana lima, ngagambarkeun pancaindra,
Nomer 3 tihang dalapan siki,kenca-katuhu,ngagambarkeun dimensi alam,
Nomer 4 pasagi 4 ngagambarkeun papat kalima pancer,
Nomer 5 buleudan ngagambarkeun sajatining, nyaeta manusa nu geus ngahontal marifat,nu geus nyaho ka sajatina.

jalma nu milampah palasifah lambang ieu bakal miboga watek satria tandang tanding;ludeung teuneung taya katineung,pertentang taya karingrang;teu gedag kaanginan,moal murag buuk salembar; wisesa lir tiwikrama, bleg nambleg nandingan gunung; janggelek sajatining jisim, nu nyumput jeroning jirim; weruh sadurung winarah, waspada permana tinggal, sampurna pancaindra, huri warasing isun, asal sia asal aing, ucap nyata kalimusada; raga nyawa teu miboga, anging keresaning nu Kawasa,hirup kaula sawawa,nya aing sajatining manusa.
Tulisan dina segi 4 :
"KITA SEKALIAN BERSAMA-SAMA UMATNJA TUHAN LAGI SEASAL DAN SETURUNAN KALAU DIPIMPIN OLEH JANG PALING SEMPURNA JANG BERHATI SUTJI DAN BIDJAKSANA AMAN TENTERAM KEADAAN NEGARA", dina kaayaan nagara urang kawas ayeuna kudu diTAFAKURan...

"urang sadaya sami tunggal kawulanging Allah. saasal satedak keneh. upami dikapalaan ku nu sampurna,wening galih sareng linuhung,ayem tengtrem sadayana"...

Arti dan Makna "LINGGA" lambang kabupaten Sumedang

Menurut ilmu heraldica, yaitu sebuah ilmu yang khusus mempelajari tentang lambang,untuk menciptakan sebuah lambang daerah, kota, organisasi ataupun kesatuan tentara dan lain-lain, hendaknya terlebih dahulu melakukan riset untuk menggambarkan kepribadian dan jiwa dari objek tersebut.riset tersebut bisa berdasarkan latar belakang sejarah, legenda, babad,riwayat atau suatu peristiwa yang khas atau unik.

Lambang Kabupaten Sumedang diciptakan oleh R. Mahar Martanegara.bentuk lambang kabupaten Sumedang berbentuk perisa(tameng) bergaya Gothick, dengan pinggiran atau sisi-sisinya berwarna merah.dasar berwarna hijau,ditengahnya digambarkan sebuah LINGGA berwarna putih perak,yang tampak dari sudut muka terdiri dari wujud benda setengah bola,lehernya berbentuk kubus,plat papan nama,pagar tembok,tangga,kedudukan batu dan kaki LINGGA terdiri dari 19 buah batu.LINGGA tersebut dilingkari oleh sinar matahari terbit berwarna kuning keemasan yang berjumlah 17buah. 

LINGGA berdiri di atas dasar hitam dengan gambar battu cadas berliku-liku berwarna putih.LINGGA tersebut dibingkai dalam sebuah perisai yang didudukan di atas sebuah pita berwarna kuning emas yang bertuliskan huruf latin variant sebuah devies(semboyan) berbunyi:"INSUN MEDAL", secara lengkap arti dan makna lambang Kabupaten Sumedang adalah sebagai berikut :

- Perisai melambangkan jiwa ksatria utama, percaya kepada diri sendiri.
- Sisi merah melambangkan semangat keberanian.

- dasar hijau melambangkan kemakmuran,pertanian.

- Bentuk setengah bola serta kubus pada LINGGA melambangkan bahwa manusia tidak ada yang sempurna.

- Sinar matahari melambangkan semangat rakyat dalam mencapai kemajuan.

- Warna kuning keemasan melambangkan keluhuran budi dan kebesaran jiwa.

- Sinar sebanyak 17 buah melambangkan angka shakti,tanggal proklamasi kemerdekaan REPUBLIK INDONESIA.

- Delapan bentuk daripada LINGGA melambangkan bulan Proklamasi kemerdekaan REPUBLIK INDONESIA.

- Sembilan belas buah batu pada LINGGA,empat buah kaki tembok dan lima buah anak tangga melambangkan tahun Proklamasi kemerdekaan REPUBLIK INDONESIA(1945).

- Tulisan INSUN MEDAL melambangkan kristalisasi daripada jiwa dan kepribadian Rakyat Sumedang.

- Dasar hitam melambangkan keteguhan jiwa Rakyat Sumedang.

- Liku-liku putih melambangkan keberanian seorang Bupati Sumedang,yaitu Pangeran Kornel yang telah menunjukan perlawanan terhadap penjajahan kolonial.

Lambang Kabupaten Sumedang sudah sedemikian bagusnya.jika dimaknai dan diamalkan sudah pasti setiap Sumber Daya Manusia yang mengaku keturunan SUMEDANG akan memiliki karakteristik yang berbeda jika dibanding dengan yang lainnya.

Sumedang memiliki hitoris yang begitu AGUNG,namun kemudian luntur oleh kekuasaan kolonial.

Saatnya sekarang kita merenung, sudahkah kita sebagai keturunan Sumedang memiliki jiwa seperti yang termakna dalam Lambang Kabupaten Sumedang?

Jangan sampai jiwa KASUMEDANGAN kita akan tergerus oleh penjajahan bentuk baru berupa WESTERNISASI dan EFEK NEGATIF GLOBALISASI.

Baca Juga :

Tidak ada komentar