Situs dan Makam Yang Ada di Wilayah Pegunungan Cakrabuana


Gunung Cakrabuana Malangbong, puncak tertingginya memiliki ketinggian 1721 meter diatas permukaan laut. Gunung ini memiliki sejarah penting dalam perjalanan leluhur orang Sunda. 

Pada masa lalu merupakan tapal batas antara Kerajaan Galuh dan Kerajaan Pakuan Pajajaran, ini terlihat pada situs tugu batu jejer yang berada di Puncak Gunung ini.

Dulunya, gunung ini hanya dikenal sebagai Gunung Cangak. Namun demikian, sudah sejak dulu gunung ini suka dipakai tempat tinggal orang-orang berilmu, baik ilmu kewiraan mau pun ilmu kebatinan, orang Sunda menganggap Gunung Cangak sebagai tempat keramat sebab di sana orang mendalami agama karuhun. 


Di sebelah utara Gunung Cakrabuana ada daerah yang di sebut Dusun Cakrwati di Lemah Putih adalah desa di kecamatan Lemah sugih, Kabupaten Majalengka yang berbatasan dengan Wilayah Kabupaten Sumedang. 

Dusun Cakrawati 3 sebuah dusun yang terletak di kawasan Desa Lemah Putih Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majelengka, adalah salah satu dusun terakhir untuk memulai pendakian ke Gunung Cakrabuana 1700 Mdpl. 

Di wilayah Lemahputih ada bekas tempat persemayaman tokoh amat terkenal dengan julukan Ki Jago. Di lereng Timur ada Candi Batulawang, bekas para ahli agama hindu bersemayam. Semakin ke atas, juga didapat petilasan bernama Situs Batu Cakra.

Situs Batu Cakra ini punya riwayatnya, menurut cerita Pangeran Walangsungsang, putra Sang Prabu Siliwangi dari Pajajaran, mengembara mencari ilmu kehidupan. Beliau pun tiba pula di wilayah Gunung Cangak. Di sana lama mempelajari ilmu spiritual. 



Konon disinilah ketika Pangeran Walangsungsang dinobatkan menjadi Sunan Cakrabuana.

Menurut babad, Syeikh Mursyahadatillah yang nama asli ketika mudanya Pangeran Walangsungsang adalah putra  Prabu Siliwangi Jaya Dewata (Rd. Pamanah Rasa) dari Nay Subang larang.

"Situs Petilasan ketika Pangeran Walangsungsang Cirebon (Mbah Kuwu Sangkan) putra Prabu Rd. Pamanah Rasa / Prabu Sri Baduga Siliwangi dari Istri Ratu Subang Larang yang dinobatkan menjadi Sunan Cakrabuana di Lemah Putih Majalengka", menurut salah satu sejarawan Nonoman karaton Cerbon Dedy Syah ketika saya bersama menyelesuri petilasan mbah kuwu Sangkan (Pangeran Walangsungsang) Cirebon.

Secara geografis letak Lemah Putih suatu kawasan dataran pebukitan yang terletak termasuk Kabupaten Majalengka yang berbatasan dengan kabupaten Sumedang.

Baca Juga :

1 komentar:

  1. Saya tinggal di pedesaan kecil yang bernama desa Sukajadi yang terletak dibawah gunung cakrabuana

    BalasHapus