Silsilah Keturunan Kiyai Demang Cipaku

Keturunan Cipaku Darmaraja adalah keturunan dari Kiyai Demang Cipaku (makamnya di Dayeuh luhur berdekatan dengan Prb. Geusan Ulun), salah satu putra Prabu Geusan paling terakhir dari isteri ke tiganya yaitu nyi Mas Pasarean / NR. Halimah (makamnya di Gunung Cupu Pasarean Kec. Sumedang Selatan), putranya Sunan Munding Saringsingan dan Nyi Soriah. Sunan Munding Saringsingan adalah putra dari Anta Wahab dan Nyi Hosiyah asal dari Pajajaran. Sedangkan Nyi Soriah adalah putra dari Mustopa Haer dan Rohatin (Makam Tajur Cipancar Kec. Sumedang Selatan). 1) 

Catatan semula dari data RWS keturunan Kiyai Demang Cipaku putra dari Prabu Geusan Ulun dan Nyimas Pasarean (NR Halimah), berputra :
1. Kiai Arjatiron (tidak terdata keturunan selanjutnya)
2. Kiai Poelangjiwa (tidak terdata keturunan selanjutnya)
3. Dalem Demang Tjipakoe (terdata keturunannya)


SILSILAH KETURUNAN KI DEMANG CIPAKU

SILSILAH SUNAN MUNDING SARINGSINGAN

Anta Wahab beristerikan NM. Hosiyah (asal Pajajaran), berputra : 
Sunan Munding Saringsingan

Rd. Mustopa Haer beristerikan NM. Rohatin, berputra :
NM. Soriah (Sohito)

Sunan Munding Saringsingan menikah NM. Soriah, berputra :
NM. Pasarean (NR. Halimah), isteri ke 3 Prabu Geusan Ulun (Rd. Angka Wijaya)

Baca juga makam Nyimas Pasarean, klik disini 

Lihat Denah Silsilah dibawah ini :


Denah Makamnya :


Kisah Kiyai Demang Cipaku
Kiayi Demang Cipaku mempunyai anak Rd. Aria Tiron (Kiyai Arya Tiron), Rd. Arsamanggala (Kiyai Pulang Jiwa) dan Rd. Arsaparadja (Dalem Demang Cipaku). Kiayi Demang Cipaku adalah salah satu anaknya Prabu Geusn Ulun yang menurunkan keturunannya di Cipaku Darmaraja,

Ketika beliau masih tinggal di Kampung Legok, beliau lalu pindah ke Kampung Karang Pawitan yang disebut negara keling di sebelah selatan astana Gede Cipaku (Makam Prabu Lembu Agung).  

Berdasarkan cerita rakyat setempat beliau adalah seorang Kiyai yang menyebarkan agama Islam di wilayah Darmaraja dan sekitarnya, menyebarkan agama Islam mengunakan seni terebangan, dan juga menggunakan tradisi-tradisi yang sudah dikenal di masyarakat Darmaraja waktu itu. Tujuannya supaya masyarakat penuh keyakinan dalam melaksanakan ajaran Islam dan sunah Rosulnya.

Berdasarkan keterangan tokoh adat Desa Cipaku, Kiyai Demang Cipaku selain ulama juga beliau ahli pangobatan lahir dab batin, dan dikenal juga ahli paraji sunat ahli nyunatan budak).

Sebelum jadi ulama jabatan beliau adalah cutak di Darmaraja, ketika jaman pemrintahan Pangeran Aria Soeriadiwangsa atau Dipati Rangga Gempol (Mp. Kaadipatian Sumedanglarang (1610 - 1625 M). Dan setelah pengsiun dari jabatan cutaknya, beliau menjadi ulama dengan membuka Pesantren di Karang Pawitan, Cikuya (Ciduging) dan sebaginya.

Setelah beliau meninggal, makamnya dikeramatkeun oleh keturunannya oleh sebab ketika beliau masih hidup beliau memberikan sifat-sifat keteladanan dan mewariskan ilmu ajaran agama Islam, ilmu kerohanian dan ajaran kasundaaan dan dimakamkan di Dayeuhluhur Gn. Rengganis berdekatan dengan makam Prabu Geusan Ulun. Selanjutnya jabatan Cutak digantikan oleh putranya yaitu Rd. Arsaparaya (Mbah Dalem Cipaku). 

Menurut keterangan Dalem Demang Tjikaoe (Rd. Arsamanggala) putra ke 3 Dalem Demang Tjipakoe, ketika jaman kesultanan mataram sesudah Sultan Agung atau ketika jamannya antara Adipati Sumedang pada jaman Dipati Rangga Gempol 2 (Rd. Bagus Weruh) atau mungkin pada jaman Pangeran Panembahan (Adipati Rangga Gempol 3) dan Dalem Demang Tjipakoe Rd. Arsapardja ditunjuk sebagai wadana di Kewadanaan Darmaraja. 2)


Generasi ke-1
1. Pangeran Santri / Rd. Sholih  / Ki Gedeng Sumedang (Koesoemahdinata  I) menikah dengan NM. Ratu Inten Dewata atau NM. Ratu Satyasih (Ratu Pucuk Umun Sumedang), berputra :
1.1 Prabu Geusan Ulun (Pangeran Angka Wijaya)
1.2 Demang Rangga Dadji  
1.3 Deman Watang 
1.4 Santoan Wirakusumah
1.5 Santoan Tjikeroeh 
1.6 Santoan Awi Loear 

Generasi ke-2
1.1 Prabu Geusan Ulun / Rd. Angkawijaya  (Koesoemahdinata II) menikah dengan Nyi mas Cukang Gedeng Waru atau Ratu Sari Hatin, putranya Sunan Pada (Rd. Hasata), berputra : 
1.1.1 Pangeran Rangga Gede (Koesoemahdinata IV)
1.1.2 Rd. Aria Wiraradja I, di Lemah Beureum Darmawangi Kecamatan Tomo.
1.1.3 Kiai Kadu Rangga Gede 
1.1.4 Kiai Rangga Patra Kelana, di Tjoendoeklayu Ciamis. 
1.1.5 Kiai Aria Rangga Pati, di Haurkuning Kecamatan Paseh.
1.1.6 Kiai Ngabehi Watang 
1.1.7 Nyi Emas Demang Cipaku
1.1.8 NM. Ngabehi Martayuda , di Cipancar Sumedang Selatan
1.1.9 NM. Rangga Wiratama,  di Cibeureum Sumedang
1.1.10 Rd. Rangga Nitinagara atau Dalem Rangga Nitinagara, di Pagaden Subang. 
1.1.11 Nyi Emas Rangga Pamade, di Hariang Buah Buah Dua. 
1.1.12 Nyi Emas Dipati Oekur, di Oekoer Bandung.

1.1 Pangeran Geusan Ulun / Rd. Angkawijaya (Koesoemahdinata II) menikah dengan Harisbaya puteri asal pajang putra Pangeran Adipati Katawengan keluarga Raja Sampang Madura.
1.1.13 Pangeran Soeriadiwangsa (Rangga Gempol), di Lempunyan Jogjakarta.
1.1.14 Pangeran Tumenggung Tegal Kalong (Rd. Aria Kusumah), di Tegalkalong Sumedang.

1.1 Prabu Geusan Ulun / Pangeran Angkawijaya (Koesoemahdinata II) menikah Nyimas Pasarean (NR. Halimah) putra Sunan Munding Saringsingan (Asal Pajajaran)
1.1.15 Kiai Demang Cipaku, makamnya di Dayeuh luhur.

Generasi ke-3
1.1.15 Kiai Demang Cipaku
1.1.15.1. Kiai Aria Tiron 
1.1.15.2. Kiai Poelangjiwa
1.1.15.3. Dalem Demang Tjipakoe 






Keturunan Ki Demang Cipaku 

1. Dari Kiyai Aria Tiron


2. Dari Kiai Poelangjiwa


3. Dari  Dalem Demang Cipaku (Rd. Arsaparadja)



Sumber :
1. Buku Jati Sampurna Sumedang
2. Buku Layang Darmaraja Ki Wangsa (WD. Darmawan)
3. Pohon Silsilah Pasantren Demang Cipaku.

Baca Juga :

1 komentar: