Aji Kamedangan Yang Ditelaah Dari Buku Waruga Jagat


Aji kamedangan sebagai cikal bakal elmu Kasumedangan yaitu,  produk perjalanan spiritual Sayidina Sis AS, Nabi Nuh AS, yang dikembangkan oleh Pangeran Cinde Kancana Wulung menunjukkan adanya konsep pemikiran tentang Tuhan, alam, manusia dansegala macam makhluk pengisi alam jagat raya (jagat pramudita) bahwa : 
“manusa hirup manunggaling jeung Gustina, manusa manunggaling jeung alamna, manusa manunggaling jeung manusa, kuring manunggaling jeung kurungna”. 
Pemahaman tersebut memberikan pemaknaan bahwa semua unsur-unsur tersebut dalam dunia nyata ini tidak dapat dipisahkandari hal-hal gaib.

Pemajemukan unsur-unsur tersebut menjadikan terminologi  keyakinan yang kuat atas adanya kakuatan-kekuatan energi dan aura tertentu.Kisah mitos sebagai media syiar agama  merupakan imaji religius yang diungkapkan melalui cerita lisan seperti diyakini hidup dalam jiwa seluruh bangsa di dunia. 

Substansi keyakinan berkaitan dengan esensi ketuhanan (teologi), alam semesta (nature) dan esensi kemanusiaan, disosialisasikan secara dogmatis bahwa ruh-ruh tersebut dapat membawa bencana alam,penyakit, nasib buruk,  apabila amanat dan peninggalannya tidak dijaga dengan baik.

Stadium religi teologis yang diturunkan oleh para leluhur Rasul (Nabi) banyak menerangkan tentang segala sesuatu berdasarkan kajian supranatural yang bersifat imajiner. Tuhan dan yang serba ketuhanan dipandang hanya bentukan imajiner manusia, setelah itu berlanjut ada. Naturalis religius penumbuhan kesadaran optimal adanya hubungan perjalanan spiritual dari wujud lahir maupun batin sebagai perwujudan kualitas keimanan menuju ke alam ghaib yaitu adanya konsentrat-konsentrat alam ruh dan ghaibul-ghaib, sehingga kesadaran di dalam diri manusia mengalir menuju ke satu titik akhir (pamungkas) dengan melupakan titik awal (pamiangan). Oleh karenanya meyakini bahwa semua leluhur yang dimukimkan demikian banyak jumlahnya disosialisasikan secara dogmatis bahwa ruh-ruh tersebut dapat membawa bencana alam,penyakit, nasib buruk, manakala amanatnya tidak dilaksanakan dengan baik.


Kudu Wawuh Jeung Diri
“Sir indung sir bapa gumulung di kenya puri, sabulan ngaherang, dua bulan kumambang, tilu bulan gumulung, opat bulan mangrupa, lima bulan sangga raja, genep bulan ratu mungkala, dalapan bulan kamarullah, dalapan bulan Nur-Allah, salapan bulan medal ka dunya. Satetes banyu Bak nyungkring kancana raden mas pangeran ganda raja ratu wisesa nyusup kalbuna, nyelap manahna, welas asihnya Gusti.

Dulur nu teu ngawujud jadi manusa kawas dulurna sakabeh, nyakitu deui Naga Kancana oge sarua. Dulur nu teu ngawujud aya opat perkara, dulur nu ngawujud aya opat jumlah sakabeh dalapan perkara.Dulur batin anu opat kakang kawah, tali ari-ari, antamaya, antasari (ngaran malaikat), papat kalima pancer guru mursid sukma sajatining manusa nu ngusik malikeun sarangka waruga.

Diaping ku nu suci diraksa ku kawasa, nu ngaping manusa aya opat jenengan malaikat Zabariyah, Ariyah, Syiriah, jeung Mariyah. Arinyana Nyaksi  tekad hade gorengna, ucap, lampah paripolah. Dulur wujud anu opat nu nyicingan pulau nyawa raga awak manusa nyaeta Sanghyang Sirah, Sanghyang Puseur, Sanghyang Dampal, jeung Sanghyang Raga Awak.

Sanghyang Sirah cicingna dina otak Ajna jeung otak cakra mahkota, Sanghyang Puseur cicingna dina gumpalan getih hideung, Sanghyang Dampal cicingna dina sumsum balung, Sanghyang raga awak cicingna dina sakujur awak. Nu ngusikeun raga awak sakujur nyaeta  sukma (malaikat rohani), raga (roh jasmani), jeung nyawa (napas). Parabotna elmu syareat, torekat, marifat, jeung hakekat. 

Ngisat awak kudu apal ka diri sorangan, sabenerna aya naon dina diri manusa diantara kuring jeung kurungna. Aya  genep perkara nu asalna ti indung jeung dalapan perkara  nu asal ti bapa, tilu perkara  langsung ti Allah nyaeta cahaya, atma (nyawa) jeung sukma sajati.Parabotna elmu syareat, tarekat, marifat, jeung hakekat. Pangbutuh rohani dzikir, mikir, hiburan. Pangabutuh raga awak dahar jeung nginum nu teu lepas ti cai, angin. Seuneu, jeung taneuh.

Parabot bakti ka diri nyaeta rasa, rumasa, jeung tuarima. Mun geus bisa nelebleun tilu perkara eta dina kalbu tadana manusa geus bisa bakti ka dirina, bakti ka Gustina, jeung bakti ka papada manusa katut mahluk pangeusi alam. Teges  pikeun jalma nu can bisa  nelebkeun rasa, rumasa, tumarima dina kalbuna tandana can bisa ngalaksanakeun sahadat.

Ngagidingan diri  ngaji kitab ulah jauh ti diri, mun jauh tina diri bakal lali ka wiwit bijil sasar mapay sagara, jati ka silih ku junti,  nu enya di lain-lain, nu lain di enya-enya,nu sugan di enyakeun, nu enya disugankeunKuduna mesek cangkang nyokot eusi, sikina dipelakeun cangkangna tong dipiceun Ngaji kudu ngajirim. Panarimaning iman ka Allah nyaeta iman kana dzatna, sifatna, jeung asmana. Pikeun nu geus nagarasa genah iman ka asmana, ulah mopohoeun iman ka dzat jeung sifatna. Jalma nu nareangan dzat jeung sifatna ulah dianggap kufur.

Artinya : Tetesan air mani ibu dan Sang Ayah menyatu dalam rahim, sebulan cairan putih, dua bulan cairan berselaput ke kuning-kuninga, tiga bulan menggumpal, empat bulan berbentuk, lima bulan diberi roh, enam bulan diberi naluri, delapan bulan ditiupkan cahaya Allah (nur), sembilan bulan lahir ke dunia, dengan setetes air dan cahaya cahaya ganda raja ratu wisesa (kekuasaan Allah), mulus kolbunya, mulus tubuhnya, dan baik hatinya.

Ada empat saudara batin manusia tiidak memupunyai wujud seperti  lajimnya manusia, tidak ada tapi ada, ada tapi tidak ada, namanya Kakang Kawah, Tali Ari-Ari, Antamaya, Antasari (nama malaikat) empat ke lima tunggal  sukma sejati. Empat saudara batin yang memiliki wujud yaitu Sanghyang Sirah berupa kepala, Sanghyang Puseur berupa perut, Sanghyang Dampal berupa kaki, dan Sanghyang raga Awak berbentuk tubuh.

Didampingi Gusti Yang Maha Suci, dijaga oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Pendamping manusia ada empat  yaitu malaikat Zabaniyah, Syiriah, Ariyah, dan Mariyah. Mereka mencatan baik buruknya niat, ucapan, perbuatan, dan tindakan. Mensucikan jiwa harus lebih dahulu harus mengenal diri sendiri. Sesungguhnya ada apa dalam diri manusia diantara jasmani dan rohani.

Ada dua belas perkara yang terdapat dalam tubuh manusia, empat perkara berasal dari ibu, lima perkara berasal dari ayah (bapa), dan tiga berkara langsung dari Tuhan (Allah) yaitu cahaya, napas, dan ruh sejati. Sarana utuk mengetahuinya adalah ilmu syareat, tareqat, marifat, dan hakekat. Kebutuhan jasmani adalah tidur (istirahat),  makan, minum yang tidak lepas dari air, angin, api, dan tanah. sedangkan kebutuhan rohani dzikir, berfikir, dan hiburan.

Sarana pengabdian terhadap diri sendiri adalah rasa, kesadaran, dan kesabaran. Apabila tiga perkara tersebut sudah tertanam dalam lubuk hati yang paling dalam, tandanya orang itu sudah mampu berbakti terhadap dirinya dan Tuhan-Nya. Sebaliknya seseorang yang belum mampu menanamkan tiga perkara tersebut dalam hatinya menandakan bahwa orang itu belum mampu berbakti terhadap dirinya dan belum  mampu mengamalkan syahadat.

Memperindah diri dengan cara mengaji kitab jangan jauh dari diri, seandainya jauh dari diri akan tersesat. Mengaji harus menghasilkan yang nyata dapat  rasakan, diraba, dilihat, dan dipergunakan. Seharusnya mengupas kulitnya mengabil isinya, benihnya ditanam dan kulitnya jangan dibuang. Mengaji harus  menghasilkan yang nyata dapat dirasakan, diraba, dilihat, diperunakan, dan  bermanfaat bagi orang banyak. Iman terhadap Tuhan (Allah) adalah iman kepada dzat, sifat, dan asma-Nya. Bagi mereka yang telah merasa puas beriman kepada asma-Nya, jangan sampai melupakan iman kepada dzat dan sifat-Nya. Bagi mereka yang mencari dzat dan sifat-Nya jangan dianggap kufur.


Neangan Gusti
Gusti Allah  euweuh tapi aya, aya tapi euweuh babandingannana, Sa-Tunggal Braja, dzat  Sa-Alif Tunggal, jeneng ku Anjeun teu bisa diumpamakeun. Cicingna lain di gunung, di darat, di laut, kulon, wetan, kaler, kidul tapi cicingna dina panta Maha Luhur, di langit aya langit karajaan Illahi tampa wates.

Sanajan cicing dina panta Maha Luhur,  jauh tapi deukeut, deukeut tapi jauh pikeun nu teu iman. Karasa, kacampa, tapi teu katempo. Deukeutna Allah jeung manusa ibarat gula jeung amisna, uyah jeung asinna, seuneu jeung panasna, angin jeung tiisna, cai jeung nyecepna, kembang jeung seungitna sabab dina sajeoreun diri manusa Allah ngancikeun Sirullah, nurullah, dzatullah, sifatullah, asmalullah, af’alullah, kodratullah, wujudullah, nikmatullah, rahmatullah. Allah Maha Ninggal, Maha Uninga, Maha Ngadangu, Maha Ngatur, Maha welas, Maha Asih.

Neangan Allah kudu nyaho getih sorangan, tapi lain sagetih-getihna. Tumanya  aya naon dina diri. Lamun hayang nyaho anu caang kudu cicing di nu poek, lamun hayang nyaho anu poek kudu cicing di nu caang. Hayang apal ka nu teu ngawujud kudu ngaji nu ngawujud. Sagala rupa nu teu ngawujud jeung nu ngawujud dadamelan Gusti Allah. Mun geus wawuh jeung dirina bakal wawuh jeung Gusti-Na.

Marifat ka Gusti kudu ngagunakeun parabot nu nyampak dina diri,  sirnaning rasa, sirnaning cipta, sirnaning karsa, sirnaning karya. Sir budi cipta rasa, sir rasa papan raga, dzat marifat wujud kaula maring Allah, maring malaikat, maring Rasul sangkan hirup hurif maot sampurna.

Maot sampurna mulih ka jati mulang ka asal, nu asalna tina taneuh balik ka taneuh, nu asalna tina seuneu balik ka seuneu, nu asalna tina angin balik ka angin, nu asalna tina cai balik ka cai, nu asalna langsung ti Allah mulang ka Allah. Sorga hak Anjeun-Na, manusa mulang ka sorga sakadar kahayang wungkul.

Jalan ka sorga ngaliwatan alam syareat gawe wujud jeung gawe kolbu. Gawe wujud ngalaksanakeun pakemanna ngajauhkeun larangannana,gawe kolbu mancegkeun kayakinan, sabar tawakal, renghap pasrah sumerah diri kana pangersana, ikslah dina pirang-pirang perkara kahadeaan, jembar manah, iman dina sajeroning kaimanan, ngahijikeun rasa dina sajeroeun rasa, muasakeun panca indra, merenahkeun napsu dina tempatna, samemeh mikir kudu ges nepi, nganyatakeun kasolehan nyembah Allah jeung nganyatakeun kasolehan jeung papada manusa.

Sorga nu jauh di arudag-udag, sorga nu deukeut dipopohoken, indung tunggulna rahayu, bapa tangkalna darajat, pitutur indung matak metu, nasehat bapa matak teurak, nukang nonggong ka indung bapa waruga kabalur ku dosa. Muji ka gusti, munyung ka indung, muja ka bapa, sorga aya dina damapal suku indung jeung bapa. Doraka ka indung bapa tanawuruh mulang ka sorga tapi balik ka naraka jahanam.

Terjemahan : Mencari Tuhan terlebih dulu harus mengetahui darah sendiri, tetapi bukanlah darah lajimnya mengalir dalam tubuh manusia. Tanyakan kepada diri sendiri ada apa di dalam diri manusia. Apabila ingin melihat yang gelap diamlah di tempat terang, apabila ingin melihat yang terang diamlah di tempat gelap.

Ingin mengehatui hal-hal yang tidak berwujud harus mempelajari perkara-perkara yang berwujud. Segala macam hal yang tidak berwujud maupun hal-hal yang berwujud adalah ciptaan Tuhan. Apabila telah mengenal diri pasti akan mengenal Tuhan-Nya. Dalam firman Allah:” Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi Perumapaan cahaya-Nya seperti sebuah lubang yang tidak tembus´yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilau yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkah “yaitu pohon zaitun  yang tumbuh tidak di Timur dan di Barat ,”yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, wlaupun tidak disentuh api cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan  bagi amanusia, Dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu”(QS,24:35).

Mengetahui Tuhan  dengan cara menggunakan sarana yang ada dalam diri sendiri. Gerak rasa, cipta, akal budi, gagasan pemikiran, karsa dan karya. Gerak akal, cipta, rasa, jasmaniah dzat untuk wujud diri, ketahuilah Allah, malaikat, dan supaya sejahtera mati sempurna.

Mati sempurna kembali ke asal semula, asal dari tanah kembali ke tanah, asal dari api kembali ke api, asal dari air kembali ke air, asal dari angin kembali ke angin, asal dari Allah kembali ke  Allah. Sorga adalah hak Allah, manusia hanya sekedar keinginan saja.

Jalan menuju sorga melalui alam syareat pekerjaan jasadiyah (fisik), dan melalui pekerjaan kolbu. Pekerjaan fisik mempertahankan hak dan melaksanakan kebaikan-kebaikan yang nyata dengan menjauhkan diri dari larangan Tuhan. Pekerjaan kolbu meneguhkan keyakinan, keimanan, menyatukan rasa, sabar, sadar, berpuasa,  ikhlas dalam segala kebaikan, mengendalikan nafsu dalam menciptakan keshalehan ritual dan keshalehan sosial.

Konsep pemikiran tentang Tuhan, Alam, manusia dansegala macam makhluk pengisi alam jagat raya (jagat pramudita) memperjelas bahwa manusa hirup manunggaling jeung Gustina, manusa manunggaling jeung alamna, manusa manunggaling jeung manusa, kuring manunggaling jeung kurungna. (Bahwa manusia hidup menyatu dengan alam, manusia menyatu dengan manusia, rohani menyatu dengan jasmani). Pandangan tersebut memeberikan pemaknaan bahwa semua unsur-unsur tersebut dalam dunia nyata ini tidak dapat dipisahkan. Pemajemukan unsur-unsur tersebut menjadikan terminologi suatu keyakinan yang kuat terhadap adanya kakuatan-kekuatan energi  untuk berinteraksi dengan Tuhan-Nya.

Keyakinan tunggal itu tidak akan pernah lepas dari peran mitos karena selalu berkaitan dengan religi. Kisah mitos itu sendiri merupakan kebenaran religius yang diungkapkan melalui mantra-mantra atau do’a-do’a yang mengkaitkan  substansi keimanan dengan esensi ketuhanan bahwa Tuhan (Allah) hakikat kesucian.

Stadium religi teologis yang diturunkan oleh para leluhur  terdahulu banyak menerangkan tentang segala sesuatu berdasarkan kajian supranatural yang bersifat imajiner. Tuhan dan yang serba ketuhanan dipandang hanya bentukan imajiner manusia, setelah itu berlanjut ada. Naturalis religius penumbuhan kesadaran optimal adanya hubungan perjalanan spiritual dari wujud lahir maupun batin sebagai perwujudan kualitas keimanan menuju ke alam ghaib yaitu adanya konsentrat-konsentrat alam ruh dan ghaibul-ghaib, sehingga kesadaran di dalam diri manusia mengalir menuju ke satu titik akhir (pamungkas) dengan melupakan titik awal (pamiangan). 

Kitab Waruga Jagat menggambarkan pula  tentang eksistensi manusia dengan segala resikonya dalam mengembangkan  ilmu pengetahuan tentang Ketuhhanan (teologi), alam, manusia, dan mahluk penghuni alam semesta. Diterangkan dalam bentuk kisah-kisah mitos sebagai sarana penyebarluasan pemahaman keagamaan dan peradaban Nabi Sis AS, Nuh AS, para pemimpin umat  menurunkan tokoh-tokoh agama, dan para pemimpin di Nusantara,i ditandai munculnya Kerajaan Medang Kamulyan sebagai cikal bakal kerajaan-kerajaan di dunia, dalam proses perkembangannya melahirkan Kerajaan Medang Larangan di tatar Jawa Dipa.

Peradaban produk jaman ini, berbasis keagamaan lebih mengutamakan kepada pencarian nilai-nilai ketuhanan dan kemanusian. Konsep pemikiran tokoh-tokoh 12.000.000 tahun abad silam yang telah melahirkan beragam ilmu pengetahuan secara berangsur-angsur dikumpulkan dan disusun menjadi beragam  ilmu pengetahuan.

Terminologi Aji Kamedangan adalah  ajaran yang diwariskan oleh Sayidina Sys AS, diikembangkan oleh anak cucunya sebagai cikal bakal yang menurunkan raja-raja di  dunia.Aji Kamedangan terdiri dari 33 pasal yang mengandung nilai yang sangat tinggi bagi membentuk watak dan sifat (karakter) manusia yang menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran, kesatria mengamalkan kebaikan-kebaikan sejati yang sangat berguna bagi orang banyak. Margana Kancana Sumirat (Nuh) mengembangkan Aji Kamedangan  mengutamakan kepada pencarian nilai-nilai  ketuhanan untuk menemukan kesucian. Sedangkan Pangeran Cinde Kancana Wulung  meangatualitaskan Aji Kamedangan mengutamakan pada aspek material (fisik) disebut Elmu Kasakten. 
“Aji Kamedangan/Kasumedangan  mangrupa hiji kakuatan mujijatna puseur sagala elmu di Alam Buana Panca Tengah, nu matak Sumedang disebutna gudang elmu, ku alatan kakuatan Pangeran Cinde Kancana Wulung ngawatek aji kasumedangan di tempat asalna, watekna Di Karajaan Medang Larangan ngarasakeun ayana peuting salila saminggu" (Hal: 166)
Artinya : Aji Kamedangan cikal bakal elmu kasumedangan merupakan salah satu kekuatan pusatnya mujijat dari segala ilmu yang ada di muka bumi, oleh karena itu Sumedang disebut gudang ilmu, disebabkan oleh kekuatan ilmu Pangeran Cinde Kancana Wulung di tempat  kelahirannya, sehingga di wilayah kerajaan Medang Larangan mengamali gelap (malam) selama seminggu.
“Pangeran Cinde Kancana Wulung salaku turunan tapel Adam & Siti Hawa geus bisa mesek eusining rusiah sajati raga awakna 33 perkara sajatining  rasa raga sajatine rasa sampurna rasa, sampura raga sajatining rasa sajatining raga Sang Murbeng Alam maring alam buana kalih kang andene maring raga awak manusa lanang lan wadon sajatining rasa sampurna raga,sajatining raga sampurna rasa Sang Murbawisesa ngan dirina Pangeran Cinde Kancana Wulung (Hal:166-167)

Terjemahan : Pangeran Cinde Kancana Wulung  keturunan Na Sys AS,   telah mampu menggali isi rahasiah jiwa raga manusia 33 perkara  jiwa, raga, rasa sejati sempurna rasa sejati  Tuhan Sang Maha Pencipta Alam berada di alam semesta dan berada dalam jiwa raga manusia laki-laki maupun perempuan sejati sempurna jiwa raganya.


Aji Medang Cahaya Sumirat
Aji artinya ilmu Medang maknanya asal sinar, cahaya wujud dari sinar, sumirat  adalah tenaga gerak sinar yang diberikan Tuhan (Allah) kepada manusia. Ruh manusia (sukma sajati) berasal dari cahaya akan kembali ke cahaya pula bila kematian telah merengutnya.

Titik cahaya disimpan dalam rasa  atau nurani  yang artinya Nur adalah cahaya, Rani artinya ratu (ratunya cahaya) yang memiliki kekuatan yang hebat. Apabila  kekuatan cahaya ini disalurkan kepada otak  (pikiran) dipusatkan ke satu objek yang dimaksud akan berinteraksi sesuai dengan tujuan yang di maksud.

Aji Medang Cahaya Sumirat sering dipergunakan oleh para leluhur untuk menembus sesuatu yang  tersembunyi di dalam sebuah objek. Seandainya manusia menjadi objeknya gerak rasa, pikiran, akal budi, sifat dan watak, baik buruknya niat, perbuatan, dan tindakan akan mudah dibaca. Apabila kekuatan cahaya tersebut diarahkan kepada alam gaib maka pintu dimensi gaib akan terbuka dan akan mengetahui gambaran-gambaran mahluk dalam ruang terbatas. Setingkat Rasul atau nabi mampu berinteraksi dengan malaikat, setingkat walyullah mampu berinteraksi dengan mahluk gaib, setingkat di bawah para rasul dan waliyullah hanya dapat menembus dimensi gaib rupa wujud yang dibentuk oleh imajinasi sehingga wujud itu menjadi tampak  dan dilihat adanya. Inti dari ilmu ini adalah kekuatan cahaya yang ada dalam diri manusia (Nurullah) diolah sesuai dengan aturan disalurkan sesuai dengan ukuran sehingga menjadi daya kekuatan  memprotek  jiwa raga manusia dari gangguan sifat-sifat buruk.


Braja Laksa Bayu
Braja Laksa artinya sebuah kekuatan dasyat, Bayu adalah angin. Ilmu ini menggunakan kekuatan angin yang terdapat dalam tubuh manusia. Nafas merupakan inti dari pengolahan kekuatan angin melalui proses yang  memerlukan cukup waktu. Kekuatan napas yang telah disimpan dan disatukan dengan kekuatan rasa dan fikiran membentuk kekuatan dasyat menciptaan tenaga dalam.

Nafas (roh jasad) merupakan kesatuan dari ruh-ruh bagian organ tubuh manusia. Darah merah,darah putih, sumsum, balung, jantung, paru-paru, kulit, otak, dan lain-lain mempunyai sumber gerak (ruh) menyatu dalam tubuh manusia menjadi Roh Jasad atau nyawa. Sumber-sumber gerak ini diolah secara sempurna menjadi sebuah kekuatan yang hebat dan digunakan dalam memperjuangkan kebaikan-kebaikan.


Braja Laksa Geni
Ilmu kekuatan menggunakan  sumber panas   bagian dari energi prana sebagai pembangkit  sinar api yang memiliki sumber kekuatan yang hebat, diolah teratur dapat melindungi tubuh manusia dan sebagai sumber tenaga kekuatan sinar api, sifat dari api membuat seseorang berani, dan kekuatan sinar api itu dapat menghancurkan benda-benda keras dan melindungi tubuh dari serangan benda-benda keras.

Braja Laksa Banyu
Ilmu kekuatan yang menggunakan sumber air yang terdapat dalam tubuh manusia dan di bumi. Sumber air memiliki otensi energi yang hebat untuk menghancurkan serangan napsu yang sangat dasyat menyerang jiwa manusia. Sumber tenaga air itu diolah berdasarkan sistim keilmuan menciptakan kekuatan yang luar biasa. Imu ini dapat menghancurkan serangan nafsu marah yang timbul dalam diri sendiri maupun yang timbul dari jiwa orang lain, sekaligus dapat memusnahkan niat buruk yang menghancurkan dirinya maupun orang lain.


Braja Laksa Surya
Ilmu ini menggunakan tenaga sinar surya yang terdapat dalam indra mata. Tajamnya sirna mata yang disatukan dengan daya pikiran yang kuaat mampu menembus  lorong dan ruang gelap menjadi terang, dan mampu menebus tabir penghalang. Penguasaan ilmu ini dalam prosesnya memanfaatkan sinar matahari pada saat terbit.

Tenaga sinar surya yang telah diserap secara matang disalurkan ke seluruh tubuh dan disimpan di ruang hati, mempertajam mata hati sehingga mampu membaca perkara-peraka yang tidak dapan disentuh oleh indra penglihat. Apabila sumber tenaga surya itu disalukan ke dalam otak , fikiran menjadi tajam, cerdas, mudah menangkap, dan membaca gerak dan simbol-simbol dalam gelembung rahasia yang tidak terfikirkan sebelumnya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar