Pitutur Pangeran Mekah, Baris Ka Sagala Barudak Sunda


Raden Sadeli bin Pangeran Suria Kusumah Adinata dilahirkan di Sumedang tanggal 11 Januari 1851.  Sebelum menjadi bupati Sumedang Raden Sadeli menjadi Patih Afdeling Sukapura – kolot di Mangunreja.  Pada tanggal 31 Januari 1883 diangkat menjadi bupati memakai gelar Pangeran Aria Suria Atmadja (1883–1919). 

Pangeran Aria Suria Atmadja wafat pada tanggal 1 Juni 1921 dimakamkan di Ma’la Mekkah ketika menunaikan ibadah haji sehingga di kenal sebagai Pangeran Mekkah. 

Untuk menghormati jasa-jasanya pada tanggal 25 April 1922 didirikan sebuah monumen berbentuk Lingga di tengah alun-alun kota Sumedang, yang diresmikan Gubernur Jenderal D. Fock serta dihadiri para bupati, residen sepriangan serta pejabat-pejabat Belanda dan pribumi. 

Pangeran Aria Suria Atmadja memiliki jasa dalam pembangunan Sumedang di beberapa bidang, antara lain : 

Bidang Perekonomian 

Pada tahun 1901 membangun “Bank Prijaji” dan pada tahun 1910 menjadi “Soemedangsche Afdeeling Bank”. Pada tahun 1915 mendirikan Bank Desa untuk menolong rakyat desa. 

Bidang Pendidikan 
Pada tahun 1914 mendirikan Sekolah Pertanian di Tanjungsari dan wajib belajar diterapkan pertama kalinya di Sumedang. Pada tahun 1915 di Kota Sumedang telah ada Hollandsch Inlandsche School, mendirikan sekolah rakyat di berbagai tempat Sumedang dan membangun kantor telepon. 

Bidang Politik 
Pada tahun 1916 mengusulkan kepada pemerintah kolonial agar rakyat diberi pelajaran bela negara/mempergunakan senjata agar dapat membantu pertahanan nasional. Ide ini dituangkan dalam buku ‘Indie Weerbaar”atau Ketahanan Indonesia, tapi usul ini ditolak pemerintah Belanda. Pangeran Aria Suria Atmadja tidak mengurangi cita-citanya, disusunlah sebuah buku yang berjudul ‘ Ditiung Memeh Hujan” dalam buku itu dikemukakan lebih jauh lagi agar Belanda kelak perlu mempertimbangkan dan mengusahakan kemerdekaan bagi rakyat Indonesia. 

Pemerintah kerajaan Belanda memberi reaksi hingga dibuat benteng di kota Sumedang, benteng gunung kunci dan Palasari. Membangun rumah untuk para kepala Onderdistrik, dibangunnya balai pengobatan gratis, dan menjaga keamanan diadakan siskamling. Masih banyak jasa lainnya dan atas segala jasanya dalam membangun Sumedang, baik itu pembangunan sarana fisik tetapi juga pembangunan manusianya. 

Pangeran Aria Suria Atmadja mendapat berbagai penghargaan atau tanda jasa dari pemerintah kolonial Belanda salah satunya tanda jasa Groot Gouden Ster (1891) dan dianugerahi beberapa bintang jasa tahun 1901, 1903, 1918, Payung Song-song Kuning tahun 1905, Gelar Adipati 1898, Gelar Aria 1906 dan Gelar Pangeran 1910. 

Pada masa pemerintahan Pangeran Aria Suria Atmadja mendapatkan warisan pusaka-pusaka peninggalan leluhur dari ayahnya Pangeran Aria Suria Kusumah Adinata, Pangeran Aria Suria Atmadja mempunyai maksud untuk mengamankan, melestarikan dan menjaga keutuhan pusaka. Selain itu agar pusaka merupakan alat pengikat kekeluargaan, kesatuan dan persatuan wargi Sumedang, maka diambil langkah sesuai agama Islam Pangeran Aria Suria Atmadja mewakafkan pusaka ia namakan sebagai “barang-barang banda”, “kaoela pitoein”, “poesaka ti sepuh”, dan “asal pusaka ti sepuh-sepuh” kepada Tumenggung Kusumadilaga pada tanggal 22 September 1912, barang yang diwakafkannya itu tidak boleh diwariskan, tidak boleh digugat oleh siapa pun juga, tidak boleh dijual, tidak boleh dirobah-robah, tidak boleh ditukar dan diganti. 

Dengan demikian keutuhan, kebulatan dan kelengkapan barang pusaka terjamin. Wakaf mulai berlaku jika Pangeran Aria Suria Atmadja berhenti sebagai bupati Sumedang atau wafat. Pada tahun 1919 Pangeran Aria Suria Atmadja berhenti sebagai bupati Sumedang dengan mendapat pensiun. 


Ieu mangrupikeun pitutur atanapi piwejang Pangeran Mekah, anu sok aya dinu tulisan kolot baheula atawa tutulisan aki jeung uyut, anu rajin nuliskeun deui dinu cutatanna. Pitutur Pangeran Aria Suria Atdmaja ieu kantos dibukukeun dinu buku "Ditiung Memeh Hujan"


Aing Neneda ka Gusti Nu Maha Kawasa muga-muga ati maraneh dibukakeun kana panemu (elmu); lamun maraneh ngadenge papatah nu hade supaya tereh ngaharti sumawonna kana papatah-papatah nu geus sababaraha taun dipapatahkeun supaya diimankeun wanti-wanti pisan.

Paneda aing ka Gusti Allah supaya maraneh pinaringan kabungahan jeung rejeki di dunia ieu tapi kana poe bungsuna (ajal), sarta muga dijauhkeun tina bahla jeung pinaringan umur panjang, kitu deui masing runtut rukun jeung baraya maraneh, muga ulah aya saurang oge maraneh nu eureun mikaheman sakabehna nu maparin ganjaran ka maraneh.

Cekel papatah aing ieu, supaya ulah aya saurang oge tina antara maraneh nu boga ati bingung lamun mata manggih bahaya nu kasebut didieu, karana papatah aing ieu nyaeta buktina nu dipaparinkeun ka urang sarerea. Sarta lamun aing nerangkeun ka maraneh buktina tea, nyaeta saestu-estuna mah didatangkeunnana ku Nu Maha Kawasa. Puguh maraneh dikawasakeun pikeun bisa narima isarat nu didatangkeun ku Gusti Allah ka maraneh.

Maraneh bisa maksa ngeureunkeun kalakuan nu goreng, karana Gusti Allah Nu Kawasa nuduhkeun kana jalan nu mulus ka maraneh dipilampah didunia ieu.

Tangtu maraneh jadi conto pikeun piturutan ku sasama maraneh jeung tangtu sakabehna manusa sarukaeun ka maraneh. Sarta beh dituna maraneh ngarasa bagja tepi ka anak-incu.

Maraneh sarerea nu saendengna pada ngarimankeun kana maksud aing tea, aing ngerenkeun eta papatah aing nu panungtungan sakedah polah, karana aing ngarasa geus kolot moal sabaraha deui nya umur.

Ku lantaran tulisan aing ieu supaya mangke dimana urang geus kapisah, muga-muga maraneh jadi jalma pinter, bisa ngaji jeung nginget-ngingetkeun carita ieu; dipikir berang jeung peuting.

Jeung beh dituna muga-muga maraneh bisa nurutan karuhun maraneh muga-muga bisaeun mindahkeun naon kakurangan diri maraneh muga salawasna diraksa.

"Lamun maraneh geus ngarasa kapapatenan dulur cara aing kapapatenan ku karuhun aing", poma maraneh ulah rek poho ngahormat, nulungan jeung nurut nu wajib pikeun maraneh narandakeun jalan kabeneran sanajan ku jalan sejen. Eta panghormatan aing nu panungtungan ka maraneh, samemehna nyawa aing dipundut ku Nu Kagungan.

Kusabab eta nyawa aing di akherat moal era ku bangsa sasama aing, yen aing geus ditakdirkeun ku Gusti Allah dilantarakeun pitulungna Kangjeng Gouvernement dijadikeun urah mapatahan jeung ngajak kamaraneh sarerea.

Sakitu eta pamenta aing ka maraneh sarerea supaya diturut.

PANGERAN ARIA SOERIAATMADJA / PANGERAN MEKAH (1882 – 1919 M)

==============================
Disalin Tinu buku “Ditiung Memeh Hujan”



Ngiring Aub anu sok dilakukeun kunu jadi kolot (ku pun bapa, Aki atawa Nini), "napak tilas/nyukcruk galur" Karuhun Sumedanglarang, dimakam Prabu Lembu Agung. 
 
Lamun maraneh geus ngarasa kapapatenan dulur cara aing kapapatenan ku karuhun aing", poma maraneh ulah rek poho ngahormat.

Tabe pun,

_/|\_ 

Rahayu Salalawasna, Sapapadana 
Rahayu Sagung Dumadi.

Ziarah Ke Makam Eyang Istri Ratu Komalasari, Ibunya Prabu Aji Putih


Dalam suatu transkrip pupuh Cipancar Sumedang diceritakan :
Keturunan Raja Sumedang sedulur Galuh Pakuan asal dari Medang Kamulyan, riwayat yang seketurunan.

Kabuyutan dari Cipancar terkenal Ratu Komara, isterinya Aki Sanepa terkenal di Sumedang, dikenal dengan sebutan Ratu Galuh dikenal Sunan Baeti isterinya Aki Sanepa.

Gunung  Mandala Sakti dahulu Cipancar Girang sekarang  batas Cipancar Hilir keturunan Wretty Kandayun asal Raja Medang Jati adanya di Pasir Astana.

Yang menurunkan putra-putri Raja Galuh dan Sumedang yang penuh dengan ilmu pengetahuan.

Sanghyang Resi Agung  panutan Sunan Baeti sekarang lagi ngadangiang dulu lembur banjar Ciamis yang bernama Balangantrang, mempunyai anak Aji Putih keturunan Medang Kamulyan bercerita Darma Raja.


Kendan Cikal Bakal Galuh
Tokoh Resiguru dalam carita parahiyangan adalah Raja Resiguru Manikmaya suami Dewi Tirtakencana atau menantu Prabu Suryawarman penguasa Tarumanagara ke tujuh antara 515 -535 Masehi

Resi Manikmaya oleh Prabu Suryawarman diberi wilayah Kendan untuk penyebaran ajarannya, setelah pengikutnya banya Resiguru mendirikan Kerajaan Kendan sebagai negara bawahan Tarumanagara. Pada tahun 568 M, Resiguru wafat, sebagai penerus Kerajaan Kendan adalah Sang Baladhika Suraliman. Penobatan Rajaputra Suraliman berlangsung pada tanggal 12 bagean poek bulan asuji tahun 490 Saka atau 5 Oktober 568 Masehi

Dalam perkawinannya dengan Dewi Mutyasari putri Kerajaan Bakulapura (Kutai) keturunan keluaraga Kudungga, memiliki seorang putra dan putri. Yang putra diberi nama Kandiawan sebagai penerus tahta dan Kandiawati. 

Prabu Suraliman menjadi Raja Kendan selama 29 tahun, dari 568-597 Masehi. Selanjutnya tahta Kerajaan Kendan dipegang oleh Kandiawan. Sebelum ayahnya wafat, Kandiawan telah menjadi Raja daerah di Medang Jati, karena itu ia digelari Rahiyangta ri medang jati.

Setelah menjadi Raja, Kandiawan bergelar Rajaresi Dewaraja. Kandiawan menjadi Raja Kendan hanya 15 tahun, yaitu dari 597-612 Masehi. Sang Kandiawan mengundurkan diri dari tahta kerajaan, ia menjadi pertapa di Layungwatang daerah Kuningan. Sebagai penggantinya ia menunjuk putra bungsu yang bernama Wretikandayun yang saat itu sudah menjadi Rajaresi sebagai raja daerah di wilayah Menir.

Praburesi Kandiawan memilih Wretikandayun, oleh penulis Carita Parahyangan dengan selubung halus, menerangkan : Sang Mangukuhan memilih hidup menjadi peladang,  Sang Karungkalah memilih hidup menjadi pemburu, Sang Karungmaralah memilih hidup menjadi penyadap dan Sang Sandanggreba memilih hidup menjadi pedagang.

Peladang, panggerek, panyadap dan padagang merupakan sindiran halus bahwa ke empat kakak Wretikandayun tersebut lebih memilih hidup untuk kepentingan pribadi, daripada kepentingan untuk ketatanegaraan dan ketatawilayahan.

Kerajaan Galuh adalah kerajaan bercorak Hindu di Indonesia, yang wilayahnya terletak antara Sungai Citarum di sebelah barat dan Sungai Cisarayu juga Cipamali (Kali Brebes) di sebelah timur. Kerajaan ini adalah penerus dari kerajaan Kendan, bawahan Tarumanagara.

Sejarah mengenai Kerajaan Galuh ada pada naskah kuno Carita Parahiyangan, suatu naskah berbahasa Sunda yang ditulis pada awal abad ke-16. Dalam naskah tersebut, cerita mengenai Kerajaan Galuh dimulai waktu Rahiyangta ri Medangjati yang menjadi raja resi selama lima belas tahun. Selanjutnya, kekuasaan ini diwariskan kepada putranya di Galuh yaitu Sang Wretikandayun.

Dalam Naskah Wangsakerta, Linggawarman adalah raja terakhir Tarumanagara. Linggawarman antara 666-669 masehi mempunyai dua orang puteri, yang sulung bernama Manasih menjadi istri Tarusbawa dan yang kedua bernama Sobakancana menjadi isteri Dapunta Hyang Sri Jayanasa pendiri Kerajaan Sriwijaya. 

Pada tahun 669 masehi, Linggawarman wafat digantikan menantunya, Tarusbawa. Tarusbawa yang berasal dari Kerajaan Sunda Sambawa menggantikan mertuanya menjadi penguasa Tarumanagara yang ke13. Karena pamor Tarumanagara pada zamannya sudah sangat menurun, ia ingin mengembalikan keharuman zaman Purnawarman yang berkedudukan di purasaba (ibu kota) Sundapura. Dalam tahun 670 masehi, Tarusbawa mengganti nama Tarumanagara menjadi Kerajaan Sunda.

Peristiwa ini dijadikan alasan oleh Wretikandayun, cicit Manikmaya, pendiri Kerajaan Galuh, untuk memisahkan negaranya dari kekuasaan Tarusbawa. Prabu Tarusbawa menyetujui permintaan Wretikandayun, dengan daerah kekuasaan wilayah Citarum sebelah Timur. Praburesi Guru Wretikandayun merubah nama Kerajaan Kendan menjadi Kerajaan Galuh.

Wretikandayun, nama masih kanak-kanak sang Amara, Raden Daniswara,  lahir 513 saka atau 619 Masehi, dinobatkan menjadi Raja usia 21-111 tahun.  Rajaresi Wretikandayun memerintah di Galuh antara 640-702 Masehi.

Wretikandayun dinobatkan menjadi raja Kendan pada tanggal 14 Suklapaksa Caitra 534 Saka atau 23 Maret 612 Masehi, dengan gelar Maharaja Suradarma Jayaprakosa. Setelah naik tahta Rajaresi Wretikandayun memindahkan ibukota kerajaan dari Kendan ke tempat yang baru yang diberi nama Galuh. Adapun untuk berbagi wilayah, batas sungai Citarum yang mengapit Kerajaan Sunda sepakat menjadikan sebagai batasnya, dan Cipamali berbatasan dengan Kerajaan Kalingga Utara.

Informasi awal tentang posisi ibukota Kerajaan Galuh, yang berpindah-pindah tempat, hingga kini menjadi polemik. Ada yang berpendapat Kerajan Galuh itu di Rawa Lakbok, ada juga yang berpendapat di Darma Kuningan dan lain-lain. Naskah Buku Cipaku Darmaraja Sumedang, memberikan informasi berbeda tentang keberadaan Ibukota Kerajan Galuh yang didirikan oleh Sang Wretikandayun 14 Suklapaksa Chaitra 534 saka atau 23 Maret 612 masehi, salah satu tempatnya di Ciduging Kecamatan Darmaraja Sumedang, yang lokasi ibukotanya berada dalam batas sungai Cipeles dan sungai Cimanuk. Dan batas kerajaan Galuh sebelah Timur dengan Kerajaan Kalingga diapit oleh sungai Cipamali.

Sang Wretikandayun memiliki permaisuri yang bernama Dewi Manawati atau Candraresmi, dalam Naskah Carita Parahyangan disebut “Pwah Bungatak Mangale-ngale”. Candraresmi adalah puteri dari Resi Makandria seorang pendeta Hindu. Konon, Resi Makandria atau Markandria adalah sosok penyebar agama Hindu juga di Pulau Bali (Goh Nusa). Sebagai permaisuri, Manawati diberi gelar Candraresmi. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai 3 orang anak, yaitu :
- Anak pertama, Sang Jatmika, Rahyang Sempakwaja, Resiguru Galunggung, lahir 542 Saka atau 639 Masehi,
- Anak ke dua, Sang Jantaka, Rahyang Kidul, Rahyang Wanayasa, Resiguru Denuh, lahir 544 Saka atau 641 Masehi, dan 
- Anak bungsu Sang Jalantara, Rahyang Mandiminyak, putra mahkota Galuh, lahir 546 Saka atau 643 Masehi

Untuk menggantikan kekuasaannya, Wretikandayun menunjuk Jalantara alias Amara alias Mandiminyak sebagai putera mahkota, hal ini terjadi karena anak sulungnya, yaitu Sempakwaja tidak dapat mewarisi tahta Galuh karena ompong. Menurut tradisi kerajaan, seorang raja tidak boleh memiliki cacat jasmani, begitu juga dengan anak keduanya, Jantaka yang menderita hernia. Berbeda dengan kedua kakaknya yang menjadi raja resi (taat pada agama), Jalantara atau Amara atau Mandiminyak kurang taat beragama dan cenderung berperilaku liar.

Mandiminyak terlibat skandal asmara dengan Pwahaci Rababu atau Pohaci Rababu yang merupakan kakak iparnya. Pwahaci Rababu adalah istri Sempak Waja, kakaknya Mandiminyak. Akibat skandal Mandiminyak dengan Pwahaci Rababu ini, lahir seorang anak yang bernama Sena atau Bratasenawa. Sementara itu Sempak Waja dan Pwahaci Rababu juga menurunkan anak yang bernama Purbasora.

Untuk menghindari gonjang-ganjing kerajaan, Mandiminyak dinikahkan dengan Dewi Parwati dari Kerajaan Kalingga dan menurunkan anak bernama Sannaha. Kelak, Sena dan Sannaha yang keduanya anak dari Mandiminyak beda Ibu dinikahkan dan menghasilkan anak bernama Sanjaya.

Mandiminyak kemudian menggantikan ayahnya, Wretikandayun, yang wafat tahun 702 masehi, sebagai Raja Galuh. Dengan demikian posisi Mandiminyak semakin kuat. Ia berkuasa atas Kalingga di Jawa Tengah dan Jawa Timur dan Galuh di Jawa Barat.

Dalam posisinya yang kuat itu, tidak berapa lama sekitar pertengahan antara 703-704 masehi, Mandiminyak menjodohkan cucunya, Sanjaya, dengan Sekar Kancana atau Teja Kancana Ayu Purnawangi , cucu Raja Sunda Tarusbawa yang berkedudukan di Kerajaan Sunda Pakuan. Dari perkawinan Sanjaya dan Teja Kancana ini kelak lahir anak laki-laki yang dinamakan Tamperan Barmawijaya,

Oleh karena, Sempakwaja dan Jantaka memiliki cacat tubuh, menurut tradisi keraton saat itu tidak mungkin keduanya menjadi yuwaraja sebagai calon pengganti Rajaresi Wretikandayun.

Sempakwaja kemudian dijadikan Resiguru di daerah Galunggung dan diberi gelar Batara Danghiyang Guru. Ia menikah dengan Pohaci Rababu, ia berputra :
1. Rahiyang Purbasura, lahir 565 Saka atau 670 Masehi
2. Rahiyang Demunawan, Sang Seuweukarma, lahir 568 Saka atau 673 Masehi

Sedangkan Jantaka dijadikan Resiguru di Denuh, terkenal dengan gelarnya Resiguru Wanayasa atau Rahiyang Kidul karena letak Telaga Denuh berada di Daerah Galuh Selatan. Ia menikah dengan Dewi Sawitri dan mempunyai anak yaitu Arya Bimarkarsa. 

Pada sebelumnya diterangkan bahwa Rajaresiguru Wretikandayun memerdekakan kerajaan Kendan dari Tarumanagara, pada tahun 669 masehi dan merubah Kendan menjadi Kerajaan Galuh.
Prabu Resiguru Wretikandayun menjadi Raja Galuh Ke 1 di Kerajaan Galuh, memerintah sampai tahun 702 Masehi dalam usia 111 tahun. Setelah wafat digantikan oleh putranya yang ke tiga bernama Amara atau Mandiminyak. Amara atau Mandiminyak menggantikan kedudukan Wretikandayun sebagai Raja Galuh ke 2.

Prabu Mandiminyak sebelum naik tahta di Kerajaan Galuh sedang berkuasa di Kerajaan Kalingga, yang mewarisi tahta dari isterinya Parwati putrinya Ratu Maharani Sima, yang wafat pada tahun 695 Masehi. 
Sebelum wafat, Ratu Maharani Sima membagi dua Kerajaan Kalingga, yaitu :
1. Parwati, memperoleh bagian Utara yang disebut Bumi Mataram antara 695-716 Masehi.
2. Narayana, memperoleh bagian Selatan dan Timur yang disebut Bumi Sambara, ia bergelar Iswarakesawa Lingga Jagatnata Buwanatala antara 679-742 Masehi.

Dengan permaisuri Parwati, Prabu Mandiminyak memiliki seorang putri bernama Sanaha, sebelum menikah dengan Parwati, Mandiminyak memiliki putra bernama Sena atau Bratasenawa hasil hubungan gelap dengan kakak iparnya yaitu Pohaci Rababu. Setelah kedua putranya dewasa dinikahkan, antara Sena dan Sanaha (saudara lain ibu) atau disebut perkawinan Manu.

Tahun 702 masehi, Prabu Mandiminyak pulang ke Galuh untuk menggantikan tahta ayahnya, sedangkan untuk pemerintahan di Bumi Mataram dijalankan oleh istrinya yaitu Ratu Parwati. Prabu Mandiminyak berkuasa di Kerajaan Galuh dari  702-709 Masehi. Kemudian digantikan oleh putranya bernama Bratasenawa antara 709-716 Masehi Raja Galuh ke 3. Permaisuri Prabu Bratasenawa bernama Ratu Sanaha, dari hasil penikahannya memperoleh putra bernama Sanjaya.

Pada tahun 709 Masehi di Kerajaan Galuh, Rahyang Mandiminyak meninggal. Ia digantikan oleh Senna, anaknya dari Pohaci Rababu. Bratasenawa atau lebih dikenal sebagai Senna, menjadi Raja Galuh ketiga. Ia merupakan anak dari hubungan gelap antara Mandiminyak dan Pohaci Rababu. Bratasenawa memiliki putera yang bernama Sanjaya. Dari pernikahan Sanjaya dengan cucu Tarusbawa, maka Bratasenawa dikenal sebagai sahabat baik dari Tarusbawa.

Sikap yang dimiliki Senna berbeda dengan sikap ayahnya yang masa mudanya terkenal liar. Senna merupakan raja yang taat beragama dan bijaksana. Tapi sikap baiknya itu tetap tidak dapat diterima oleh sebagian pembesar Galuh, mengingat Senna adalah anak hasil dari hubungan gelap. Banyak orang yang membenci keberadaan Senna sebagai raja Galuh, tetapi hanya 2 orang yang sangat membenci Senna. Dua orang tersebut adalah Purbasora dan Demunawan, mereka tak lain adalah putera pasangan Sempakwaja dengan Pohaci Rababu. 

Dengan demikian mereka berdua adalah saudara se-ibu dari Senna. Kedua orang itu sangat membenci Senna dikarenakan mereka merasa lebih berhak untuk meneruskan tahta Galuh dari pada anak hasil skandal ibunya. Karena asal-usul Senna yang kurang baik itulah yang membuat Purbasora menginginkan merebut tahta Galuh. Oleh karena pengangkatan Senna sebagai raja Galuh tersebut tidak diterima oleh Purbasora, anak Sempakwaja dengan Pohaci Rababu. 

Purbasora bersiap melakukan penyerangan namun rencana itu rupanya diketahui oleh Senna. Senna pun lalu mengundang tentara Sunda untuk membantunya menghadapi Purbasora. 

Namun Purbasora mengetahui rencana itu, Dengan dukungan pasukan pimpinan sepupunya yaitu Ki Balagantrang dan dibantu oleh pasukan ayah mertuanya yaitu Prabu Darmahariwangsa Kerajaan Indraprahasta, yang mengerahkan angkatan perang Indraprahasta yang dipimpin oleh putranya yaitu Wiratara adik ipar dari isterinya Citra Kirana, lalu menyerbu istana Galuh sehingga terjadi perang saudara dan Purbasora berhasil merebut istana Galuh. Purbasora dengan cepat menduduki Galuh pada tahun 716 Masehi. 

Dalam situasi yang kalut seperti itu, Senna berhasil meloloskan diri ke Gunung Merapi Jawa Tengah, di mana ibunya, Dewi Parwati menjadi raja di Kalingga Utara Bumi Mataram. Dari perkawinan Manu Sang Senna dengan Sannaha mempunyai anak Rakean Jamri atau Sanjaya.

Setelah Istana Galuh dikuasai Purbasora menjadi pemangku kerajaan kemudian mengangkat Aria Bimaraksa menjadi Patih dan menikah dengan Dewi Komalasari dan hasil pernikahannya, melahirkan : Aji Putih, Darma Kusuma, Asta Jiwa, Usoro, Siti Putih dan  Sekar Kencana atau Lenggang Kencana, yang kelak dinikahi oleh Wijaya Kusuma putranya Prabu Purbasora.

Tahun 716 masehi, Prabu Purbasora naik tahta di Kerajaan Galuh dalam usia 73-80 tahun atau 716-723 Masehi sebagai Raja Galuh ke 4, bersama permaisuri yang bernama Citra Kirana, dengan gelar Prabu Purbasura Jayasakti Mandraguna. Di awal kekuasaanya Purbasora mengikis habis pengikut Bratasenawa.

Setelah Prabu Tarusbawa wafat, digantikan oleh Sanjaya menjadi raja Sunda. Sanjaya putra Prabu Bratasenawa dan Sanaha menaruh dendam kepada Purbasora, karena dulu telah merebut tahta Galuh dan mengusir Sena, ayahnya Sanjaya. Dendam ini diwujudkan dengan merencanakan perebutan Galuh kembali dengan membunuh Purbasura. 

Mula-mula Sanjaya pergi ke Denuh (sekarang di Tasikmalaya Selatan) untuk menemui Rajaresi Wanayasa Rahyang Kidul. Maksudnya ialah agar Wanayasa bersedia membantu menggulingkan Purbasura dan diganti oleh Aria Bimaraksa atau Balangantrang, putra sulung Resiguru Wanayasa. Tapi ia menolak. Ia memilih bersikap netral. 

Lalu Sanjaya berangkat ke Rabuyut Sawal dengan maksud yang sama. Setelah mendapat ijin, maka gunung Sawal dijadikan markas tentara untuk menyerang Galuh. Dengan angkatan bersenjata yang terlatih, maka pada tengah malam, angkatan bersenjata Sanjaya berhasil masuk ke keraton Galuh dan membunuh Prabu Purbasura pada tahun 645 Saka atau 747 Masehi. 

Sementara versi babon Cipancar Hilir Sumedang, ketika penyerangan ke istana kerajaan Galuh, Prabu Purbasora tidak gugur tapi dapat meloloskan diri dari kepungan pasukan punggawa Sanjaya, begitu juga menantunya yaitu Patih Aria Bimaraksa dan istrinya Dewi Komalasari, Wiradi Kusuma dan Wijaya Kusuma putra-putrinya Purbasora dari permaisurinya Citrakirana,  berhasil meloloskan diri masuk ke dalam hutan belantara sehingga pasukan Sanjaya kehilangan jejaknya, lalu mereka berempat sampai di daerah Seger Manik atau Sagara Manik dan mendirikan Padukuhan di Sagara Manik Cipancar Hilir dan Padukuhan tersebut yang sekarang menjadi makam Cipancar di Kecamatan Sumedang Selatan.


Historis Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan
Cipancar berdiri sekitar abad ke 7-8 Masehi. Salah satu kampung buhun atau kampung tua yang ada di Sumedang karena Cipancar berdiri lebih dulu dari Kota Sumedang.

Pada saat itu Kerajaan Galuh Pakuan dimana sang Raja Purbasora hendak menurunkan tahta kepada anaknya Wijaya Kusuma, terjadilah perebutan kekuasaan oleh Sanjaya

Dari kudeta itu terjadi perang bersaudara yang membuat Purbasora terdesak. Akhirnya Purbasora bersama ketiga putranya yang masing-masing bernama Prabu Wijaya Kusuma, Wiradi Kusuma atau Sunan Pamret dan Ratu Komalasari atau Sunan Pancer atau Sunan Baeti disertai Jaksa Wiragati harus lari meninggalkan Galuh yang tengah kacau.

Mereka berlari tanpa tahu tujuan. Yang mereka pikirkan hanya bagaimana mereka bisa selamat dari kekacauan yang terjadi di kerajaan. Hingga sampailah mereka di daerah yang kini bernama Cipancar.

Pada saat itu di Cipancar memang sudah ada sedikit penghuni namun daerahnya belum memiliki nama. Secara kebetulan pada saat pertama kali Prabu Purbasora menjejakkan kaki di daerah itu, muncul mata air yang entah dari mana mengalir deras. Dengan spontan Purbasora berkata, "Cipancar,... Cipancar...,Cipancar," yang berarti air memancar.

Sebutan itulah yang sampai saat ini menjadi nama bagi Desa Cipancar. Prabu Purbasora dan ketiga anaknya menanami Cipancar dengan benih padi yang dibawa dari Galuh Pakuan. Hasil panen itu dibagikan kepada masyarakat. Tempat pembagiannya dikenal dengan sebutan Baginda.

Maka dari itu kita mengetahui bahwa terbentuknya Desa Cipancar sangat erat kaitannya dengan kudeta yang terjadi di Galuh Pakuan. Nama Cipancar sendiri diambil dari perkataan Purbasora yang berarti air yang memancar.  Mata air itu masih ada hingga sekarang di dekat lingkungan makam Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan, yang disebut  Cikajayaan, Cipanyipuhan dan Cimedang.

Nama Cipancar juga mengandung arti yaitu Ci artinya air, pancar artinya Pusat atau Induk atau asal mula, jadi kata Cipancar berarti penyebaran dalam arti pusat - induk - asal muasal, karena Cipancar Girang Limbangan dan Cipancar Hilir Sumedang satu pertalian saudara kakak adik, yaitu : Prabu Wijaya Kusuma di Cipancar Limbangan, Wiradi Kusuma atau Sunan Pamret dan Dewi Komalasari di  Cipancar Hilir Sumedang jaman Galuh Medang Kamulyan. 


Selain putra-putrinya Prabu Purbasora yaitu, Wiradi Kusuma atau Sunan Pamret dan Dewi Komalasari atau Ratu Komara di Kompleks makam umum Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang ada situs dan makam :
1. Situs makam Prabu Purbasora, Raja Galuh ke 4,  masa keprabuan selama 7 tahun,  613 - 620 Caka (716 -723 M)
2. Situs makam Citra Kirana, putrinya Prabu Resi guru Padmahariwangsa Raja Indraprahasta ka 13 masa keprabuan selama 12 tahun,  629 – 641 Caka (732 – 744 Masehi) dan permausurinya Prabu Purbasora.
3. Situs makam Prabu Resi Guru Demunawan atau Raden Hindi, Raja Saunggalah ke 1 masa keprabuan selama 51 tahun, 645 – 696 Caka (748 – 797 M).
4. Situs makam Prabu Tambak Wesi atau Ki Anjali, putra ke-2  Resi Guru Demunawan, Raja  Saunggalah ke 2, masa keprabuan selama s 51 tahun,  696 – 747 Caka (797 – 847 Masehi) dan makam permaisurinya Sari Arum atau Nur Aijanah.
5. Situs makam Jagat Jaya Nata ( Jaksa Wiragati), adiknya Arya Bimaraksa putra-putranya Resi Jantaka (Resi Guru di Denuh) atau Resiguru Wanayasa atau Rahyang Kidul dari isterinya  Sawitri.  
6. Situs makam Sari Banon Kencana putra pertama Prabu Resi Guru Demunawan, yang juga isterinya Jagat Jaya Nata (Jaksa Wiragati) dan ibunya Ratu Nawang Wulan Inten Dewata, istrinya Prabu Aji Putih Raja Tembong Agung.


7.  Situs makam Kencana Wangi perrmaisurinya Prabu Ciung Wanara atau Jaka Suratama atau Buyud Maja, Raja Galuh ke-8 masa keprabuan antara 739-783 M, yang situs makamnya di Puncak Damar, Desa Paku Alam, Kecamatan Darmaraja.



8. Situs makam Nawang Sasih (Mulya Asih), putri ke 2 Prabu Ciung Wanara atau Jaka Suratama atau Buyud Maja dari permaisurinya Kencana Wangi 

9. Makam Guru Minda atawa Prabu Dharma Sakti Yeswara atawa Sang Manistri atau Prabu Lutung Kasarung


10. Makam Gandara Kusuma atau Balung Tunggal suaminya Nawang Sasih (Mulya Asih), Balung Tunggal putranya Usoro dari isterinya Suhasanah.




10. Makam Nyi Rohatin isterinya Mustopa Haer, makam Nyi Husmaeni isterinya Dipati Terong Peot atau Dipati Opit, makam Agus Kulha putranya Dipati Jaya Perkasa, makam Nyimas Ngabehi Mertajoeda salah seorang putrinya Prabu Geusan Ulun yang ditikah oleh Arasuda yang makamnya ada di Makam Tajur Desa Cipancar.









DENAH MAKAM UMUM DESA CIPANCAR KECAMATAN SUMEDANG SELATAN

























Situs Ibunya Prabu Aji Putih Ada di Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan



1. Historis Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan
Cipancar berdiri sekitar abad ke 7-8 Masehi. Salah satu kampung buhun atau kampung tua yang ada di Sumedang karena Cipancar berdiri lebih dulu dari Kota Sumedang.

Pada saat itu Kerajaan Galuh Pakuan dimana sang Raja Purbasora hendak menurunkan tahta kepada anaknya Wijaya Kusuma, terjadilah perebutan kekuasaan oleh Sanjaya

Dari kudeta itu terjadi perang bersaudara yang membuat Purbasora terdesak. Akhirnya Purbasora bersama ketiga putranya yang masing-masing bernama Prabu Wijaya Kusuma, Wiradi Kusuma atau Sunan Pamret dan Ratu Komalasari atau Sunan Pancer atau Sunan Baeti disertai Jaksa Wiragati harus lari meninggalkan Galuh yang tengah kacau.








Mereka berlari tanpa tahu tujuan. Yang mereka pikirkan hanya bagaimana mereka bisa selamat dari kekacauan yang terjadi di kerajaan. Hingga sampailah mereka di daerah yang kini bernama Cipancar.

Pada saat itu di Cipancar memang sudah ada sedikit penghuni namun daerahnya belum memiliki nama. Secara kebetulan pada saat pertama kali Prabu Purbasora menjejakkan kaki di daerah itu, muncul mata air yang entah dari mana mengalir deras. Dengan spontan Purbasora berkata, "Cipancar,... Cipancar...,Cipancar," yang berarti air memancar.

Sebutan itulah yang sampai saat ini menjadi nama bagi Desa Cipancar. Prabu Purbasora dan ketiga anaknya menanami Cipancar dengan benih padi yang dibawa dari Galuh Pakuan. Hasil panen itu dibagikan kepada masyarakat. Tempat pembagiannya dikenal dengan sebutan Baginda.

Maka dari itu kita mengetahui bahwa terbentuknya Desa Cipancar sangat erat kaitannya dengan kudeta yang terjadi di Galuh Pakuan. Nama Cipancar sendiri diambil dari perkataan Purbasora yang berarti air yang memancar.  Mata air itu masih ada hingga sekarang di dekat lingkungan makam Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan, yang disebut  Cikajayaan, Cipanyipuhan dan Cimedang.

Nama Cipancar juga mengandung arti yaitu Ci artinya air, pancar artinya Pusat atau Induk atau asal mula, jadi kata Cipancar berarti penyebaran dalam arti pusat - induk - asal muasal, karena Cipancar Girang Limbangan dan Cipancar Hilir Sumedang satu pertalian saudara kakak adik, yaitu : Prabu Wijaya Kusuma di Cipancar Limbangan, Wiradi Kusuma atau Sunan Pamret dan Dewi Komalasari di  Cipancar Hilir Sumedang jaman Galuh Medang Kamulyan. 


2. Sunan Pancer atau Ratu Dewi Komalasari, Ibunya Prabu Aji Putih
Dewi Komalasari atau Sunan Pancer atau Sunan Baeti adalah Ibunya Prabu Aji Putih yang menurunkan trah-treuh Kerajaan Tembong Agung dan Sumedang Larang. Untuk mengupas sejarahnya sedikit historis sejarahnya di masa kerajaan Galuh jaman dahulu.

Berdasarkan sumber historiografi tradisional cikal bakal berdirinya kerajaan Sumedanglarang berawal dari kerajaan Tembong Agung (Tembong artinya nampak dan Agung artinya luhur).

Berdirinya kerajaan Tembong Agung sangat erat kaitannya dengan kerajaan Galuh Pakuan yang didirikan oleh Wretikandayun.

Prabu Wertikendayun penguasa kerajaan Galuh Purwa mempersunting Ratu Candraresmi melahirkan tiga putra yang bernama :
1. Sempak waja, yang menjadi penguasa Saunggalah Kuningan
2. Jantaka, penguasa Denuh
3. Mandiminyak yang menjadi penerus Galuh

Mandiminyak mempunyai kesempurnaan dibandingkan saudaranya Sempakwaja dan Jantaka yang lahir dalam keadaan cacat fisik, Mandimiyak pemuda yang tampan rupawan, cerdas dan memiliki bakat kepemimpinan sehingga timbul kecemburuan saudara-saudaranya setelah Mandiminyak menikah dengan putri cantik rupawan.

Untuk mengobati kecemburuan Sempakwaja dan Jantaka maka Prabu Wretikendayun menikahkan Sempakwaja dengan Pwah Rababu persembahan dari kerajaan Saunggalah dan setelah menikah sempakwaja bermukim di Galunggung dan melahirkan putra Purbasora.
 
Sedangkan Jantaka dinikahkan dengan Dewi Sawitri, setelah menikah Jantaka serta Dewi Sawitri mengikuti Sempakwaja bermukim di Galunggung karena merasa tidak layak tinggal di istana dipindahkan ke Denuh dan melahirkan Bima Raksa / Buna Raksa / Aki Balagantrang nama yang termashur ditatar sunda.

Prabu Mandiminyak lengser keprabon kemudian menobatkan Brata Senawa (Sang Sena) menjadi pemangku kerajaan Galuh, penobatan tersebut mendapat reaksi dari kalangan pengagung, karena Bratasenawa lahir tidak melalui perkawinan yang syah, tetapi hasil perselingkuhan Prabu Mandiminyak dengan Pwah Rababu istri Sempakwaja yang tidak lain kakak iparnya Prabu mandiminyak sendiri.

Arya Bimaraksa dan Purbasora menyusun pasukan dengan merekrut rakyat limbangan dan Sumedang  bergabung dengan pasukan Purbasora lalu menyerbu istana Galuh.

Sehingga terjadi perang saudara dan Purbasora berhasil merebut istana Galuh, namun Brata Senawa berhasil meloloskan diri ke Gunung Merapi sehingga selamat dari gempuran pasukan Purbasora.

Setelah Istana Galuh dikuasai Purbasora menjadi pemangku kerajaan kemudian mengangkat Arya Bimaraksa  menjadi Patih dan menikah dengan Dewi Komalasari dan hasil pernikahannya melahirkan :
1. Aji Putih.
2. Usoro.
3. Siti Putih.
4. Sekar Kencana.

Di awal kekuasaanya Purbasora mengikis habis pengikut Bratasenawa. Sementara Bratasenawa mendapat bantuan politik dari penguasa Kerajaan Kalingga utara, kemudian Candraresmi menobatkan Brata Senawa menjadi Pemangku kerajaan Kalingga Utara, kemudian menikah dengan Sanaha melahirkan Raden Sanjaya. Kehadiran Sanjaya di Kalingga Utara membuat kekhawatiran Prabu Purbasora bahwa Sanjaya akan membalas dendam kekalahan ayahnya Brata Senawa sebagai penguasa sah Galuh.

Dugaan tersebut menjadi kenyataan Istana Galuh diserang oleh pasukan Sanjaya didalam pertempuran Prabu Purbasora diusia tuanya gugur ditangan Sandjaya.

Sedangkan Patih Bimaraksa dan istrinya Ratu Komalasari, Wiradi Kusuma Wijaya Kusuma serta keluarganya  berhasil meloloskan diri kedalam hutan belantara dan pasukan Sanjaya kehilangan jejaknya, dari penelusuran sampai di Daerah Seger Manik (Sagara Manik daerah di Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan sekarang). Semasa kecil Prabu Aji Putih tinggal bersama keluarganya di Daerah Seger Manik ini.

Kemudian Patih Bimaraksa melakukan perjalanan yang sangat jauh kearah utara melintasi hutan lebat sampai Citembong Agung Girang, Gunung Penuh, Mandalasakti, Gunung Sangkan Jaya (Gunung Nurmala) dan berakhir dikampung Muhara Leuwi Hideung Darmarajadi sanalah Bimaraksa mendirikan Padepokan Tembong Agung sekaligus mendidik putranya Aji putih yang dipersiapkan sebagai pemimpin yang tangguh.

Berdirinyanya kerajaan Tembong Agung menarik simpati para Resi di tatar Galuh agar bisa mengatasi ambisi Prabu Sanjaya merebut dan menaklukan kerajaan-kerajaan berpengaruh di tatar Galuh.

Prabu Sanjaya berhasil menggabungkan kerajaan MedangJati, kerajaan Indraprahasta dengan kerajaan Galuh. Kemudian mengangkat patih Saunggalah (Kuningan) yaitu Wijaya kusuma, putra Purbasora menjadi pemangku kerajaan GaluhKemudian Sanjaya pergi ke arah timur (Bumi Mataram) dan mendirikan kerajaan (Wangsa Sanjaya).

Namun tidak berlangsung lama berkuasa kemudian Wijaya Kusumah digantikan oleh Prabu Permana Dikusuma (Permana Ajar Padang). Di awal kekuasaannya memindahkan kerajaan Galuh ke daerah Bojong Galuh Karang Kamulyan (Ciamis), kemudian mengangkat patih Agung Arya Bimaraksa dan mengangkat Tamperan Barmawijaya (putra Prabu Sandjaya) menjadi mentri muda kedudukanya sebagai Strategis Tempur/Perang.

Hubungan Prabu Permadi Kusuma (Ajar Padang)  dengan Patih Arya Bimaraksa bertambah dekat dan harmonis setelah Prabu Permana Dikusuma  menikah dengan Dewi Naganingrum putrinya Patih Arya Bimaraksa untuk mengikis perseteruan saudara dimasa lalu.

Kehadiran Bimaraksa di istana Galuh punya peranan cukup besar dalam perkembangan kerajaan Galuh yang semakin besar besar pengaruh dan disegani kerajaan-kerajaan ditatar Sunda.

Namun terjadi pergantian kekuasaan oleh Prabu Tamperan Barmawijaya (Arya Kebonan) putra Sanjaya. Pasukan Sunda ingin menghilangkan sisa-sisa orang Galuh yang berpengaruh akibatnya terjadi pertempuran.

Ki Balagantrang (Arya Bimaraksa) berhasil meloloskan diri dari pasukan Sunda pada malam pembinasaan Prabu Purbasora oleh Rakai Sanjaya kemudian tinggal di Geger Sunten (sekarang kampung Sodong Desa Tambaksari Kecamatan Rancah, Ciamis).

Ki Balagantrang  berserta pengikutnya berupaya menghimpun kekuatan untuk merebut kembali Galuh dari tangan Keturunan Sanjaya. Sebagai patih kawakan dan cucu Prabu Wretikandayun, Balagantrang mudah memperoleh pengikut dan pendukung, akhirnya Ki Balangantrang berhasil mendekati cicitnya Sang Manarah (Ciung Wanara) melalui tangan Sang Manarah ini Ki Balagantrang berhasil merebut Galuh kembali, serangan dilakukan ketika diadakan acara sabung ayam (panyawungan) kerajaan (antara Ciung Wanara dan Tamperan Barmawijaya) putra Sanjaya.  

Versi Darmaraja ketika dilakukan penyerangan ke Galuh adalah pada jaman Prabu Tajimalela yang dibantu Wadya balad Limbangan Garut.

Setelah berhasil merebut Galuh, tahta kerajaan diserahkan kepada Sang Manarah dan Ki Balagantrang / Aria Bimaraksa pensiun sebagai patih Galuh. Dan menjadi Resi Batara Agung.

Ki Balagantrang mempunyai beberapa orang anak yang salah satunya Guru Aji Putih dan Prabu Guru Aji Putih merupakan putra dari Ratu Komara atau Nini Balagantrang (Dewi Komalasari)

Prabu Guru Aji Putih awalnya mendirikan padepokan di Citembong Agung Girang Kecamatan Ganeas Sumedang kemudian pindah ke kampung Muhara Desa Leuwi Hideung Kecamatan Darmaraja kemudian mendirikan kerajaan Tembong Agung.

Prabu Guru Aji Putih dari hasil pernikahan dengan Dewi Nawang Wulan (Ratna Inten) memiliki empat orang putra : yang sulung bernama Batara Kusuma atau Batara Tuntang Buana yang dikenal juga sebagai Prabu Tajimalela, yang kedua Sakawayana alias Aji Saka, yang ketiga Haris Darma dan yang terakhir Jagat Buana yang dikenal Langlang Buana.

Kemunculan kerajaan Tembong Agung mulai diperhitungkan oleh kerajaan lain, Tembong Agung mendapat pengakuan dan dukungan penuh dari Galuh, sebab Dewi Nawang Wulan adalah keponakan dari Prabu Purbasora selain kedudukan Aria Bimaraksa sebagai Maha Patih mempunyai peranan penting di Galuh sehingga memberikan pengaruh yang besar kepada Tembong Agung, selain itu pengakuan diberikan pula Prabu Resi Demunawan penguasa kerajaan Saung Galah, Resi Demunawan merupakan putera dari Prabu Batara Sempakwaja. Serta penguasa Galuh (Hariang Banga dan Sang Manarah)

Setelah menyerahkan kerajaan Tembong Agung kepada putranya Prabu Tajimalela, Prabu Guru Aji Putih menjadi mahaguru.  Sebelumnya Prabu Guru Aji Putih menganut ajaran Sunda Wiwitan / Agama Sunda (Sunda = Suci) yang mengakui Sang Pencipta itu Tunggal. Agama Sunda sudah dianut oleh masyarakat Sunda kuna sebelum ajaran agama Hindu menyebar di tatar Sunda dan sudah ada sebelum Dewarman bertahta di Salakanagara (130 – 168 M). 

Dalam Babad Darmaraja diceritakan setelah mengetahui adanya agama baru (Islam) dari Syekh Rukmantara, yang hampir mirip dengan agama Wiwitan Sunda, maka Prabu Aji Putih berangkat menuju Mekah untuk menpendalam agama Islam, sehingga Prabu Aji Putih dikenal juga sebagai Prabu Guru Haji Aji Putih atau Haji Purwa Sumedang yang berarti orang Sumedang pertama berangkat Haji. Prabu Guru Haji Aji Putih adalah orang jawa yang masuk Islam dan berdakwah di wilayah bawahan kerajaan Sunda Galuh.

Prabu Guru Haji Aji Putih menciptakan beberapa karya sastra yang bernafaskan Islam salah satunya Ilmu Kacipakuan, diantaranya : 

1. "Ashadu sahadat bawa ngajadi, sahadat batin manusa, malaikat dat maring Allah, medal ti Adam, metuna ti Ratu Galuh, metuna ti kuncung Agung, medal cahyaning Allah, tina Sir acining putih, jasad sukma rohing nyawa'

2. "Sir Budi Cipta Rasa, Sir Rasa Papan Raga, Dzat Marifat Wujud Kula, Maring Allah, Maring Malaikat, Maring Purbawisesa, Terahwisesa, Ratu Galuh…..(Getaran jiwa adalah untuk menciptakan perasaan, perasaan untuk menghidupkan jasmani. Dzat untuk mengetahui diri sendiri, untuk mendekatkan diri dengan Tuhan pencipta alam semesta, untuk mengetahui sifat-sifat Tuhan dan mengetahui hati nurani, Cahaya Hati / Nurani….). 

Setelah wafat Prabu Guru Haji Aji Putih dimakamkan di Situs Astana Cipeueut terletak di Kampung Cipeueut Desa Cipaku Kecamatan Darmaraja Sumedang. Makam Prabu Guru Haji Putih terletak tak jauh dari makam ayahnya Sanghyang Resi Agung (Arya Bimaraksa) dan Dewi Nawang Wulan istrinya.

Berdasarkan sejarah Cipancar Ratu Komalasari bin Purbasora bin Sempakwaja bin Wretikendanyun (Eyang Istri Sunan Pancer), istrinya Aria bunaraksa atau Aria Bimaraks (Resi Agung),  yang menjadi Ibunya Raja Tembong Agung pertama yaitu Prabu Aji Putih, yang menurunkan keturunan kerajaan Sumedanglarang.

Berdasarkan buku ceritaan yang turun-temurun di Pak Toto (Kuncen), menjelaskan Prabu Aji Putih semasa kecilnya di Seger Manik dahulu (Cipancar) bersama orang tuanya yaitu Ratu Komalasari dan Aria Bimaraksa, cuma sewaktu mau berdirinya kerajaan Tembong Agung, lalu Aria Bimaraksa / Resi Agung bersama putranya meninggalkan Cipancar, mulai mendirikan padepokan di Citembong Girang Kecamatan Ganeas, lalu mendirikan Bagala Asih Panyipuhan di Kampung Muhara Desa Leuwi Hideung Kecamatan Darmaraja yang merekrut bala tentara dan para resi ditatar sunda, yang akhirnya mulai berdirinya Kerajaan Tembong Agung, sedangkan Ibunya Prabu Aji Putih (Ratu Komalasari) dan Uwaknya Wiradikusuma tetap mengurus padedokan di Cipancar, tidak ikut campur dalam urusan kerajaan di masa Tembong Agung di Darmaraja.

Di sebelah kanan, kiri dan di atas makam Ibu Ratu Sunan Pancer Buana atau Ratu Komalasari putranya Prabu Purbasora, ada pula makam kakak Dewi Komalasari yaitu Wiradi Kusuma, dan para pengawalnya cuma nama-namanya tidak diketahui dengan jelas.

Menurut ceritaan turun temurun Desa Cipancar yang sekarang menjadi Komplek Pemakaman Umum Desa Cipancar Kecamatan Sumedang Selatan, pada jamannya merupakan tempat Paguron (Perguruan) atau Padepokan untuk melatih ilmu kanuragan, sebab ada beberapa batu tatapakan kaki yang berada di tempat pemakaman umum Desa Cipancar.  

Salam Santun