Jatigede Digenangi Akan Mengaktifkan Sunda Mega Thrust Aktif?

Kearifan Leluhur Sunda Kabuyutan Cipaku Darmaraja Sumedang Resi Aji Putih dalam menerawang potensi bencana yang akan terjadi dalam kalimat “Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunya”, Apabila Kabuyutan Cipaku Diganggu Bencana Bagi Dunia. Mengapa Kabuyutan Cipaku yang merupakan daerah yang sangat kecil dan merupakan daerah genangan Bendungan Jatigede bisa menimbulkan Bencana Untuk Dunia?


Beginilah Isi daripada Uga tersebut:

Lemah Sagandu Diganggu Balai Sadunya
Cipelang Cikamayangan
Cimanuk Marigi Deui
Bandung Heurin Ku Tangtung
Sumedang Ngarangrangan
Kadipaten Kapapatenan
Cirebon Kabongbodasan
Tomo Totolomoan
Ujung Jaya Ujung Kajayaan
Warung Peti Tempat Mayit
Galunggung Ngadeg Tumenggung
Sukapura Ngadaun Ngora
Cipaku Jadi Nagara


Lalu apa hubungannya dengan Bendungan Jatigede dan Kabuyutan Cipaku? Kabuyutan Cipaku menurut para Kasepuhan disebut sebagai Lemah Sagandu (lemah : tanah, sagandu: gula segandu) merupakan tempat dimana cikal bakal manusia dan alam semesta diciptakan disana, tepatnya di Leuweung Larangan Situs Cipeueut Aji Putih, nilai-nilai kepercayaan ini sama dengan yang di anut Kabuyutan Kanekes Baduy tentang Leuweung Sasaka Domas. Lalu apa yang disampaikan oleh Para Leluhur Kabuyutan Cipaku? Leluhur Kabuyutan Cipaku menyampaikan tentang Uga Jatigede dan Uga Keuyeup Bodas, dimana Uga artinya Ramalan. Isi dari Uga Jatigede dan Keuyeup Bodas adalah apabila Bendungan Jatigede digenangi maka akan membangunkan Kepiting Putih yang akan menjebol bendungan. Leluhur Kabuyutan Cipaku juga menyampaikan bahwa “lemah sagandu diganggu balai sadunya”, apabila Kabuyutan Cipaku diganggu maka bencana bagi dunia.

Uga atau Ramalan Kabuyutan Cipaku mungkin bisa dianggap remeh karena masyarakat modern sekarang sudah tidak lagi menghargai Kearifan Local, kering akan spiritualitas sehingga muncul kalimat-2 Beragama tapi Tak Bertuhan, Bangsa Bedebah, Negeri Para Makelar, dll yang dikarenakan lemahnya Moralitas Bangsa Indonesia. Lemahnya moral bangsa ini karena kehilangan kepercayaan diri / kehilangan jatidiri, “jati kasilih ku junti”, Kabuyutan yang merupakan Ancient Local Wisdom/ Kearifan Local tergantikan oleh nilai-2 baru yang kemudian menjadikan Bangsa Indonesia lebih pragmatis dan mengukur segala sesuatunya dengan uang. Kekuatan Spiritual, Emosinal, dan Budaya Bangsa yang dulu telah menjadikan leluhur bangsa ini disegani oleh masyarakat dunia telah pudar.

Yang perlu diwaspadai adalah bagaimana apabila Uga Ramalan Kabuyutan Cipaku yaitu Uga Keuyeup Bodas itu benar-2 terjadi? Bagaimana kalau Sesar Baribis, Lembang, dan Cimandiri aktif sedemikian sehingga kemudian mengaktifkan SUNDA MEGA THRUST, apa yang akan terjadi?

Dalam Wangsit Siliwangi selengkapnya dapat dibaca di : https://sundanologi.wordpress.com/2014/10/13/uga-wangsit-siliwangi/#more-50

Dia nu di beulah kulon! Papay ku dia lacak Ki Santang! Sabab engkéna, turunan dia jadi panggeuing ka dulur jeung ka batur. Ka batur urut salembur, ka dulur anu nyorang saayunan ka sakabéh nu rancagé di haténa. Engké jaga, mun tengah peuting, ti gunung Halimun kadéngé sora tutunggulan, tah éta tandana; saturunan dia disambat ku nu dék kawin di Lebak Cawéné. Ulah sina talangké, sabab talaga bakal bedah! Jig geura narindak! Tapi ulah ngalieuk ka tukang!

Nu garelut laju rareureuh; laju kakara arengeuh; kabéh gé taya nu meunang bagian. Sabab warisan sakabéh béak, béakna ku nu nyarekel gadéan. Buta-buta laju nyarusup, nu garelut jadi kareueung, sarieuneun ditempuhkeun leungitna nagara. Laju naréangan budak angon, nu saungna di birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateup ku handeuleum ditihangan ku hanjuang. Naréanganana budak tumbal. sejana dék marénta tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, geus narindak babarengan jeung budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak Cawéné!

Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak dina tutunggul. Daréngékeun! Jaman bakal ganti deui. tapi engké, lamun Gunung Gedé anggeus bitu, disusul ku tujuh gunung. Génjlong deui sajajagat. Urang Sunda disarambat; urang Sunda ngahampura. Hadé deui sakabéhanana. Sanagara sahiji deui. Nusa Jaya, jaya deui; sabab ngadeg ratu adil; ratu adil nu sajati.

Tapi ratu saha? Ti mana asalna éta ratu? Engké ogé dia nyaraho. Ayeuna mah, siar ku dia éta budak angon!

Jig geura narindak! Tapi, ulah ngalieuk ka tukang!

Arti dari Wangsit Siliwangi di atas adalah bahwa ketika keadaan Bangsa semakin kacau dan ada yang akan menikah di Lebak Cawene, maka Gunung Halimun akan bergelora lalu kemudian disusul Telaga Jebol, dan Meletus 7 Gunung. Lalu apa hubungannya dengan Bendungan Jatigede, sebelumnya telah di Bahas di https://kabuyutancipaku.wordpress.com/ bahwa Jatigede adalah Sasakala Sangkuriang Kabeurangan, dimana Jatigede dibangun sebagai syarat pernikahan antara Sangkuriang dan Dahyang Sumbi. Jadi telaga yang akan jebol menurut beberapa Kasepuhan seluruh telaga yang berada di sesar aktif yaitu Jatigede, Jatiluhur, Saguling, dan juga Cirata. Apabila kemudian Disusul oleh 7 gunung meletus juga Mega Thrust Aktif menimbulkan Tsunami- Tsunami sekelas Tsunami Aceh maka tentusaja bisa dikatakan BALAI SADUNYA/ Bencana Bagi Dunia!

Potensi Bencana sekelas Dunia atau Balai Sadunya seperti yang disampaikan oleh Para Leluhur Kabuyutan Cipaku berarti bukanlah Omong Kosong belaka, hal tersebut sangat mungkin terjadi ketika Keseimbangan Alam Diganggu dengan dibangunnya Bendungan Yang Takabur dengan luas genangan 4800Ha dan Volume Air 1 Milyar M3, menebang 1389Ha Hutan Perhutani, 2000 Ha sawah Subur, Puluhan Situs Cagar Budaya, dan Kampung Buhun tentu akan merubah Ekosistem dan bentang alam/ keseimbangan alam. Apabila keseimbangan alam berubah maka tentu saja akan menimbulkan perubahan-2 alam lainnya dan itulah yang dapat memicu atau mengaktifkan yang selama ini menunggu untuk Aktif, Sunda Mega Thrust!

Wallohualam bishawab…

Pun sapun kaluluhuran.

Baca Juga :

Tidak ada komentar