Hartina CIPAKU

Cipaku

Jika dilihat dari namanya ci yang berarti air / sungai dan paku yang berarti pedoman, maka berarti sungai yang menjadi tulang punggung kehidupan. Dilihat dari bahasa yang digunakan, penamaan Cipaku merujuk pada penamaan dari daerah sunda. 



Dalam arti filosofis Cipaku berasal dari dua suku kata yaitu Ci dan Paku, Ci artinya adalah Chi, energi cahaya, dan Paku artinya Lingga atau Linggih atau Tempat Bersemayam yang merupakan Tanda atau Simbol atau Tempat Linggih / Hadirnya Tuhan Yang Maha Esa di dalam ruh manusia. Jadi Cipaku adalah Cahaya Tuhan atau secara Islam dapat dikatakan sebagai Cahaya Illahi, tempat linggihnya Cahaya Tuhan di dalam diri manusia yang mengajarkan manusia Jalan Tuhan, Jalan Keselamatan, Kedamaian, dan Kebaikan. Sebagai Simbol Hadirnya atau Linggihnya Tuhan di tempat-tempat dahulu para leluhur berkontemplasi mendekatkan diri dengan Tuhan maka diberi tanda Lingga/ Palinggihan berupa Batu Tunggal / Tetengger Hiji / Dat Alif Satunggal  Simbol Tuhan Yang Maha Esa. Dalam sejarahnya Prabu Tajimalela yang dikenal juga dengan sebutan Batara Tungtang Buana, Prabu Cinde Wulung, Haji Darmaraja, atau Aji Saka ketika berkontemplasi di Kabuyutan Cipaku beliau melihat cahaya terang benderang dan itulah CiPaku ~ Chi Paku ~ Cahaya Illahi yang menerangi hatinya dan mendapatkan pencerahan, lalu kemudian beliau berucap “Insun Medal Madangan”, Aku Lahir Menerangi Dunia. Masyarakat Kabuyutan Cipaku Darmaraja Sumedang menyakini bahwa Cipaku adalah Wiwitan atau Permulaan merupakan Awal dari semua peradaban manusia di alam semesta ini. 


Masyarakat Kabuyutan Cipaku secara turun-temurun dalam tradisi lisan diajarkan oleh para leluhur tentang Buku Pakuning Alam yang merupakan Buku Sejarah Alam Semesta dari mulai awal penciptaan sampai Akhir. Proses penciptaan alam semesta yang diyakini oleh masyarakat Kabuyutan Cipaku disebut sebagai Wawacan Endog Sapatalang, Cerita tentang Telur Serangkaian, dimana ketika alam semesta masih kosong / hampa / masih awang-uwung / ghaib, maka kemudian Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan tiga bibit manusia yang merupakan Nur / Cahaya / Aci / Sukma yang masih ghaib belum memiliki wujud manusia seperti saat ini, semuanya masih dalam Kahyangan atau Kalanggengan. Ketiga Bibit Manusia itu masing- masing berwarna merah, putih, dan hitam, atau disebut dengan Nu Tilu, Hyang Tiga, Yang Tiga.

Yang Tiga tersebut adalah manifestasi atau Ciptaan Hyang Agung Tuhan Yang Maha Kuasa yang tidak bisa dipisahkan sebagai satu kesatuan, disebutnya Patutunggalan, Tri Tunggal dan Tri Tangtu. Masyarakat Kabuyutan Cipaku meyakini bahwa Nu Tilu medal pertama kali di Cipeueut Kabuyutan Cipaku. 

Lalu kemudian Nu Tilu melanglang buana berganti rupa dan berganti nama berkelana ke seluruh penjuru dunia berganti-ganti kedok atau topeng / jasad / tubuh manusia untuk menyebarkan ajaran Cipaku atau Cahaya Illahi dan membangun tempat-tempat suci yang sampai saat ini masih dikeramatkan di berbagai belahan penjuru dunia. Menurut Buku Pakuning Alam pada akhirnya Nu Tilu  akan kembali ke Cipaku dimana salah satu tandanya adalah Sumedang Ramai dan dibangun Situ di Darmaraja yang kini telah terbangun yaitu Situ Jatigede atau Waduk Jatigede.


 
Tanda-tanda kembalinya Nu Tilu Leluhur Kabuyutan Cipaku dapat kita lihat dari kehadiran simbol-simbol warnanya yaktu Merah, Putih, dan Hitam. Merah putih telah hadir lama di Indonesia menjadi simbol kemerdekaan diabadikan menjadi Bendera Republik Indonesia dan Warna Hitam atau Panji Hitam yang merupakan Warna Baju dari Rawayan Jati Kanekes saat ini semakin digemari oleh masyarakat, Walikota Bandung Kang Ridwan Kamil pun menginisasi Program #ReboNyunda berpakain hitam-hitam dan menyuarakan “lamun teu ku urang, ku saha deui”, kalau bukan oleh kita, oleh siapa lagi. 

Kemenangan Jokowi yang mengusung baju kotak-kotak dengan warna merah, putih, dan hitam menjadi Simbol bahwa Kemenangan Jokowi menjadi Gubernur DKI lalu kemudian Presiden Indonesia merupakan tanda adalah ketetapan dari Yang Maha Kuasa dimana Simbol Warna Leluhur Kabuyutan Cipaku Hyang Tiga hadir menyertai. Presiden Jokowi jugalah yang kemudian memutuskan untuk segera menggenangi Waduk Jatigede agar proses kembalinya Nu Tilu bisa terlaksana sesuai Uga Cipaku. 

Bagimana selanjutnya perkembangan Kabuyutan Cipaku dan Nusantara kita saksikan saja bagaimana kedepan. 

#JatigedeJatidiri 
#JatigedeJatidiriBangsa 
#JatigedeJatiTujuh 
#JatigedeSirunganDeui 
#TukuhCipakuMoalGeruh 
#CimanukMarigiDeui 
#JatigedeNgadaunNgora 
#GalunggungNgadegTumenggung. 

Namun tentu saja dalam prosesnya setiap adanya kenaikan level atau tingkatan kemampuan maka secara alami akan mengalami proses penyesuaian, ibarat tubuh bayi yang masih polos, ketika akan mulai belajar memiliki kepandaian atau kemampuan maka biasanya ditandai dengan demam atau mencret, secara alami Indonesia atau Nusantara akan menuju kepada Kejayaannya kembali, namun tentu saja pada prosesnya akan mengalami sedikit meriang dan ataupun mencret.

Pun Sapun Ka Hyang Agung, Nu Ngersakeun, Nu Maha Murbeng Alam.
#CipelangCikamayangan
#CimanukMarigiDeui
#JatigedeNgadaunNgora
#GalunggungNgadegTumenggung
#TukuhCipakuMoalGeruh

 
 
Pa Dha Dja ja Nya, tegesna, naon bae atawa saha bae moal bisa hirup nyorangan, sabab bakal ngarandapan hirup-hurip babarengan, sakumaha kudrat-IrodatNa, dina kahirupan manusa sok silih pangaruhan, malah aya oge nu boga sifat ngandelkeun kanu lian.

Raga manusa moal bisa hirup sewang-sewangan, tegesna nyawa pamohalan bisa hirup upama euweuh raga. Pon kitu deui raga moal bisa hirup upama teu aya nyawa/nafas. Lamun anggota badan lengkep kabeh, karek disebut sampurna.

Kakuatan hirup manusa bakal kumereb dina pribadina, nyaeta Nur- Sir - Roh - Nafsu / Akal jeung Kolbu / Budhi.

Maujud dina rupa, wujud, kaasup sakabeh tingkah-paripolahna. Kabeh anu hirup jeung ngawujud pasti bakal aya pakuat-pakait (tarik-menarik/saling bersinergi), nepika ngagelarkeun kakuatan jeung robahna alam, kabehna muter silih genti (cakra manggilingan).

Manusa, sasatoan, katut tutuwuhan moal bisa hirup-hurip upama teu aya alam, sakumaha dilambangkeun ku bandera beureum jeung bodas(bubur beureum-bubur bodas mun di tatar sunda mah).

Beureum perlambang getih, bodas perlambang geutah. Getih ayana di sato jeung di manusa, geutah ayana di tutuwuhan. Getih moal hirup upama teu aya geutah, tegesna manusa jeung sasatoan moal hirup upama teu aya tutuwuhan, lantaran tutuwuhan mangrupa sumber dahareun pikeun manusa jeung sasatoan. Tutumbuhan moal aya atawa moal jadi upama alamna di ruksak.

Tegesna hirup-huripna manusa katut alam sabudeureunana, kabeh oge geus kumereb gumantung aya di diri jeung badan manusana sorangan. Bisa dicindekeun obahna atawa ruksakna jagat/alam, oge bakal sarua jeung kumaha obahna pikir, patekadan, ucapan katut paripolahna manusa.

Upama pikir, tekad, ucap katut paripolah manusa angkara murka / zhalim, sarakah, teu nolih ka sasama makhluk, ngaruksak jeung sajabana, jagat / alam oge aya dina ancaman balai, upamana; banjir, lahar gunung bitu, taneuh urug / longsor, kahuruan, peperangan, kakacowan, loba balai / cilaka / musibah jsbna.

Ayeuna, CIPAKU tegesna “Alam Tempat Ngamulyakeun Gusti Nu Maha Suci”,  nu dicirian ku tetengger “Batu” (Lingga).  Nu ngajadi CIcingkeun - PAgeuhkeun - KUkuhkeun. Ieu Alam geus aya ti jaman baheulana anu dijieunna kunu Maha Tunggal, diwujudkeun ku sanghyang Esis (nabi SIS a.s), ieu tempat mangrupakeun pangeling-ngeling sanggeus caina orot tina cai sagara sagara nya didinya loba tangkal Paku baheulana.



Dina cai-paku papat ka lima pancer nu aya di tatar parahyangan, salah sahijina nu dipernahkeun ku aji putih, dina makrifat anu bodas tur wening hatena, pikeun ka anak incuna pituin Galuh Sumedang. Lingga nyaeta hiji “batu” nandakeun “pusat” kabuyutan, geus mimiti diruksak, nyatana dikeueum ku waduk Jatigede.

Pan ceuk agama ge : "AWALUDIN MA’RIFATULLAH" – “Awal-awalna agama teh, kenal ka Allah heula”.

Intina atawa puseur penyebaran elmu kamarifatan ka Nu Maha Tunggal aya dina perlambang 'Tutunggul Tunggal', jeung inti atawa peuseur penyebaran manusa, nu matak aya nu disebut lemah ciut, ayeuna disebut blok ciut buruan Lemah Sagandu.

Masing sidik kana simbol 'Tutunggul Sahiji', ngandung makna katunggalan ka-ESA-an, ngandung makna saturunan sarundayan, oge miharti ngandung makna sajaran katunggalan kamarifatan. Jig salusur kamana kamendi lamun di kuburan manggih tutunggul sahiji, tandana eta sarundayan cipaku,..ngan jalma beh dieu loba anu can nyahoeun.

Tah bakal aya kajadian naon? Heug urang bandungan wae, da ari kila-kilana mah geus sing pucunghul di saantero jagat.

Baca Juga :

Tidak ada komentar